Pengertian Youtube, Fitur, Manfaat, Kekurangan dan Kelebihannya

Diposting pada

Pengertian Youtube, Fitur, Manfaat, Kekurangan dan Kelebihannya – Kembali lagi kita akan membicarakan salah satu aset raksasa Google yakni Youtube. Hampir semua orang dibelahan dunia manapun menggunakannya, dengan fitur-fitur yang ditawarkannya selalu dapat memanjakan penggunanya. Kita bisa mengunggah video dan ditonton oleh jutaan orang diseluruh dunia.

Sekarang banyak sekali orang yang menggunakan Youtube untuk kepentingan pribadinya. Mulai untuk berbagi kegiatan tau biasa kita sebut Vlog, ada yang menggunakannya untuk berniaga seperti promosi, me-review sebuah barang bahkan fitur Youtube yang terbaru sangat digemari penggunanya yakni Live Streaming. Disana anda bisa menyiarkan kegiatan langsung anda dan dapat langsung berinteraksi dengan orang yang menontonnya.

Tidak hanya untuk mereka yang suka mengunggah videonya di Youtube, kita sebagai penonton juga tentunya akan diuntungkan. Banyak orang mencari informasi audio visualnya di Youtube, seperti mencari hiburan, tutorial sesuatu atau lihat review sebuah barang sebelum membeli seperti handphone misalnya. Disini Galerinfo.com akan membahas detail tentang Youtube, apa saja manfaatnya, fitur-fiturnya serta kelebihan dan kekurangannya.

Baca juga: Pengertian Email, Jenis, Fungsi, dan Macamnya Terlengkap

Pengertian Youtube, Fitur, Manfaat, Kekurangan dan Kelebihannya

Seperti yang dikatakan diatas, disini kita akan membahas detail tentang Youtube.

Pengertian Youtube

Pada dasarnya Youtube adalah sebuah website untuk berbagi video ataupun menonton video yang dibagikan oleh berbagai pihak. Banyak sekali yang bisa kita temukan di Youtube, mulai dari Vlog keseharian, tutorial, hiburan, trailer film, video klip musik dan masih banyak lagi.

Youtube pertama kali didirikan pada bulan Februari tahun 2005 silam yang bermarkas di San Bruno, California, Amerika Serikat. Foundernya terdiri dari 3 orang cerdas mantan karyawan Paypal yaitu Chad hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Google membeli Youtube dengan harga US$ 1,65 miliar, WOW.

Fitur-fitur Youtube

Dalam video Youtube, selain kita bisa menontonnya, ada bebrapa fitur-fitur yang bisa kita gunakan untuk kepentingan tontonan kita. Apa sajakah itu? Simak ulasannya disini.

Baca Juga:  Cara Mudah Daftar Facebook Dengan Cepat Hanya 3 MENIT

1. Autoplay

Pengertian Youtube, Fitur, Manfaat, Kekurangan dan Kelebihannya

Apa itu autoplay? Autoplay adalah fitur yang berfungsi untuk menjalankan video selanjutnya secara otomatis ketika video yang sedang diputar telah selesai. Fitur ini sangat membantu karena dengan algoritma youtube yang pintar, video selanjutnya yang akan diputar selalu berkaitan dengan yang sedang berjalan.

Hal ini sangat membantu ketika kita sedang melihat dan mendengarkan video klip musik. Musik yang sedang kita dengarkan akan menjadi acuan untuk video selanjutnya. Biasanya youtube akan memberikan referensi dengan penyanyi yang sama atau genre musik yang sama. Jadi jika kita tidak sedang berada didepan monitor, musik akan selalu berjalan mengikuti keinginan kita.

2. Anotasi

Anotasi disini merupakan sebuah link berbentuk video ataupun kotak yang berada dalam video yang sedang diputar. Fitur ini biasanya dimanfaatkan oleh pengunggah video agar video lain miliknya ikut ditonton juga.

Hal ini memang menguntungkan bagi si pengunggah video tentunya, namun kadang tidak dengan penonton. Jika si pengunggah video menambahkan anotasi dengan wajar dan tidak berlebihan tentu tidak akan menjadi masalah. Tapi masih ada pengunggah yang menyertakan anotasi yang berlebihan sehingga penonton menjadi terganggu dan tidak menikmati video yang ditontonnya. Dan fitur ini sangat membantu tentunya jika kita menemukan hal tersebut.

3. Mengatur Kecepatan Video

Fitur ini membuat kita bisa mempercepat atau memperlambat video. Fitur ini biasanya dimanfaatkan saat melihat sebuah tutorial, video akan diperlambat agar tutorial tidak ketinggalan atau bahkan dipercepat jika memang merasa sudah sedikit paham. Caranya cukup mudah, anda tinggal klik gear yang ada dibawah kanan lalu klik kecepatan dan pilih kecepatan yang anda mau.

4. Subtitel

Fitur yang satu ini adalah fitur yang paling membantu saat ini. Fitur ini membuat kita mengerti arti dari perkataan dari video yang menggunakan bahasa asing. Baik itu video klip lagu, trailer film, video tutorial, video percakapan dan masih banyak lagi. Caranya sangat mudah, tinggal klik gear dikanan bawah lalu klik Subtitel/CC, tinggal terjemahkan otomatis ke bahasa yang anda inginkan.

Baca Juga:  Cara Membuka Situs Yang Diblokir Dengan Ampuh (100% WORK)

5. Download Video

Nah fitur ini tidak kalah menarik dengan fitur-fitur yang ditawarkan youtube diatas, yakni fitur Download Video. Fitur ini memungkinkan kita untuk mendownload video youtube yang nantinya bisa kita tonton secara offline. Fitur ini sudah disediakan oleh youtube pada aplikasinya di smartphone. Anda tinggal klik tanda panah kebawah yang berarti download atau unduh, secara otomatis video yang sudah diunduh dapat ditonton secara offline.

Apakah videonya hanya bisa di download pada aplikasi smartphone saja? Tenang saja, video bisa didownload pada PC juga kok. Mau tau gimana caranya? Temukan caranya disini.

Manfaat Youtube

Berbicara tentang manfaat dari youtube sendiri bisa kita lohat dari sisi pengunggah dan penontonnya. Kedua belah pihak bisa saling diuntungkan disini. Simak penjelasannya.

Sumber Informasi

Youtube bisa menjadi sumber informasi bagi kebanyakan orang. Disini bisa kita temukan banyak sekali informasi-informasi tentang berbagai hal. Misalnya review sebuah barang, berita yang terlewat, infotaiment, informasi tempat wisata dan masih banyak lagi. Dengan semakin banyaknya pengguna internet sekarang bisa menjadi sumber informasi yang akurat.

Media Promosi

Ini salah satu manfaat youtube yang sangat baik. Youtube bisa menjadi sebuah media promosi bagi anda yang mempunyai produk yang ingin dipromosikan. Anda bisa mempromosikan apa saja disini, mulai dari jasa, produk, tempat wisata dan sebagainya. Bahkan trailer film itu juga termasuk promosi lho di youtube, hehehe.

Sumber Penghasilan

Ini adalah manfaat yang sangat populer saat ini. Jika penonton video mendapat apa yang mereka inginkan di youtube, lalu si pengunggah dapat apa? Seperti yang dikatakan diatas bahwa kedua belah pihak pasti mendapatkan manfaat. Si pengunggah video akan mendapatkan penghasilan dari video yang dibuatnya dengan cara mendaftarkan Chanel youtubenya ke Google Adsense.

Setelah didaftarkan nanti video youtube akan tampil banner-banner iklan didalam video. Banner tersebut akan menghasilkan uang jika dilihat oleh banyak penonton. Jadi video hasil karya si pengunggah tidak akan sia-sia. Apalagi mereka yang memang mengedit videonya dengan sangat baik.

Baca Juga:  Pengertian Email, Jenis, Fungsi, dan Macamnya Terlengkap

Baca juga: Cara Membuat Email Gmail Mudah Lengkap Dengan Gambar

Kelebihan dan Kekurangan Youtube

Selain Pengertian Youtube, sekarang tiba saatnya kita berbicara tentang plus minusnya dari youtube. Tidak dapat dipungkiri bahwa segala sesuatu pasti memiliki hal yang positif juga negatifnya, tidak lain halnya dengan youtube. Diatas kita sudah membicarakan beberapa manfaat dari youtube, namun mari kita ringkas kelebihan dan kekurangannya disini.

Kelebihan

  • Menjadi sumber informasi berbagai pihak
  • Menjadi media promosi yang baik
  • Sumber hiburan yang kaya akan kreatifitas
  • Menjadi sumber penghasilan
  • Berbagi kegiatan dengan live streaming

Kekurangan

  • Masih banyak berita HOAX (berita tidak sesuai dengan sumber). Hal ini memang kerap terjadi di youtube, masih ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan menebar fitnah. Mungkin pihak Youtube bisa memberi tindakan atas hal ini.
  • Masih ada konten-konten yang mungkin tidak pantas dilihat oleh anak-anak dengan kategori 18+. Masih ada video-video yang berbau dewasa yang tidak ada verivikasinya alias bisa langsung diakses siapa saja. Hal ini ditakutkan terbuka oleh anak-anak disengaja maupun tidak.
  • Ada beberapa negara yang memblokir Youtube. Beberapa negara yang memblokir Youtube adalah Cina, Turki, Iran, Korea Utara dan masih ada lagi. Ada berbagai alasan mengapa disana Youtube diblokir, diantaranya adalah poin diatas tentangkevulgaran konten.

Dari kekurangan diatas sebenarnya bisa kita tangani sendiri. Kita memang dituntut untuk selalu smart dalam memilih atau melihat sebuah sumber konten baik itu video ataupun artikel. Karena pada dasarnya semua kembali lagi kepada penggunanya, bahkan internet sekalipun bisa disalahkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Mungkin sampai disini dulu pembahasan kita mengenai Pengertian Youtube, Fitur, Manfaat, Kekurangan dan Kelebihannya, semoga artikel Pengertian Youtube ini bermanfaat bagi kita semua. Salam Teknologi.