Pengertian Webcam

Pengertian Webcam Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

Diposting pada

Pengertian Webcam Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya РHalo Sahabat Galerinfo! Kali ini kita akan membahas sebuah perangkat yang bernama webcam. Mungkin sudah banyak yang tahu bagaimana bentuk webcam. Ya, webcam biasanya sudah terpasang secara otomatis di laptop. Untuk tahu lebih jelasnya tentang webcam, baca penjelasan di bawah ini.

Pengertian Webcam Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

Webcam bisa membantu seorang pengguna komputer untuk merekam diri sendiri secara realtime lalu menyebarkan rekaman tersebut ke publik dengan bantuan jaringan internet tentunya. Hanya dengan menggunakan perangkat kecil yang umumnya sudah otomatis terpasang pada monitor bagian atas, seorang pengguna komputer bisa menyiarkan gambar dengan aplikasi atau software tertentu, seperti Skype. Webcam memiliki kemiripan dengan kamera digital. Tetapi webcam khusus dirancang agar bisa memproses foto yang cukup kompleks serta bisa diunggah dengan mudah secara langsung ke berbagai situs yang tersambung dengan internet.

Pengertian Webcam

Webcam adalah singkatan dari web camera yang meruapakan sebuah alat atau perangkat berbentuk kamera digital yang terpasang di laptop atau komputer. Sebagaimana kamera secara umu, webcam bisa mengirimkan gambar-gambar secara langsung tanpa dibatasi lokasi ke seluruh dunia yang memiliki sambungan internet.

webcam di masa awal kemunculannya masih tergolong barang eksklusif. Namun, perkembangan zaman yang semakin maju membuatnya tidak lagi semewah dulu sebab laptop saat ini sudah disertai dengan perangkat webcam. Namun, jarang ditemui komputer yang secara otomatis sudah dilengkapi webcam. Pengguna komputer biasanya kan membeli webcam tambahan yang dijual terpisah.

Baca Juga:  Komponen Motherboard pada Komputer dan Fungsinya Lengkap

Jneis webcam ada banyak sekali di pasaran. Beberapa jenis di antaranya bisa dihubungkan ke komputer melalui USB port meskipun ada pula jenis webcam yang nirkabel. Fitur-fitur yang biasanya ada dalam webcam antara lain mikrofon, kemampuan untuk disesuaikan atau digeser menurut kebutuhan pengguna, sensor yang dipasang built-in guna mendeteksi pergerakan di depan serta lampu indikator yang saat menyala menandakan bahwa kamera aktif.

Perangkat webcam banyak digunakan saat ini guna kebutuhan komunikasi jarak jauh seiring dengan menjamurnya aplikasi yang mendukung seperti Skype. Suatu hal yang di luar dugaan bahwa komunikasi lewat webcam bisa menjadi populer seperti  saat ini. Sejarah menyebutkan bahwa webcam diciptakan pertama kali dengan nama Xcoffee.

Kamera web tersebut dibuat oleh Quentin Stafford-Fraser bersama Paul Jardetszky di tahun 1991 dan baru bisa disambungkan ke internet dibantu dengan Daniel Gordon dan Martyn Johnson tahun 1993. Selama masa percobaan, kamrea web dimanfaatkan guna mengawasi kedai kopi di luar Trojan Room di University of Caambridge dengan tujuan orang tidak harus ke kedai kopi ketika stok kopi habis.

Fungsi Webcam

1. Alat Komunikasi

Webcam menjadikan pengguna komputer bisa berkomunikasi dengan tatap muka sehingga dapat melihat lawan bicara. Banyak perangkat lunak yang menawarkan fitur tersebut misalnya Google Hangout dan Viber. Komunikasi menggunakan webcam dirasa sangat membantu menghubungkan dua orang atau lebih di mana lokasinya berjauhan bahkan berbeda negara.

2. Belajar Jarak Jauh

Belajar tidak hanya dilakukan ketika sedang di ruangan yang sama saja, kehadiran webcam membuat belajar jarak jauh jadi mungkin dan mudah dilakukan. Jarak tidak lagi menjadi kendala dalam belajar. Webcam memungkinkan terjadinya tanya jawab antara pengajar dengan pelajar sebagaimana di ruang kelas. Training atau pelatihan pun bisa dilakukan dengan bantuan webcam bahkan saat ini wawancara kerja pun sudah ada yang dilakukan secara online.

Baca Juga:  Pengertian Flashdisk Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

3. Konferensi Jarak Jauh

Ada masa di mana perusahaan memakai webcam guna kebutuhan konferensi jarak jauh. Para kolega yang lokasinya berjauhan tetap bisa mengadakan konferensi tanpa harus susah mengatur waktu bertemu. Penggunaan webcam untuk konferensi ini sangat membantu sebab lebih hemat waktu, biaya dan tenaga.

Baca juga: Pengertian Scanner

Cara Kerja Webcam

Webcam merupakan jenis kamera compact yang bisa dipasangkan ke komputer maupun laptop untuk melakukan siaran video secara real time atau langsung. Serupa dengan kamera digital biasanya, cara kerja webcam yakni menagnkap cahaya melalui lensa kecil pada bagian depan dengan bantuan pendeteksi cahay mikorskopik yang sudah dipasangi microchip penerima gambar dan biasanya telah memiliki teknologi Charge-Couple Divice (CCD) atau CMOS image sensor.

Gambar yang ditangkap bisa langsung diolah secara digital dan disebarkan lewat internet. Namun, webcam tidak disertai dengan kepingan memori atau flash memory card. Webcam memang dirancang utk tidak menyimpan gambar sebab fungsi utamanya hanya untuk merekam lalu mengirimkan gambar yang telah ditangkap secara langsung.

Pengertian Webcam

Itulah mengapa salah satu jenis webcam memakai kabel USB pada bagian belakang. Kebal USB tersebut memberikan listrik pada webcam dari komputer dan mengambil informasi digital yang didapat oleh sensor webcam tadi diteruskan ke komputer.

masing-masing webcam mempunyai kemampuan dan fitur yang beragam yang harga jualnya menyesuaikan dengan fitur yang ada. Beberapa jenis webcam ada yang hanya dapat menangkap gambar diam selama 30 detik, namun ada pula yang memiliki fitur video streaming berkecapatan 30 gambar per sekon. Webcam tidak sulit dijumpai dan banyak sekali toko komputer maupun retailer ekeltronik besar yang juga menjual webcam.

Baca Juga:  11+ Macam Perangkat Keras Internet dan Fungsinya Lengkap

Itulah tadi penjelasan mengenai Pengertian Webcam Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya. Webcam memang bisa dikatakn sebagai kamera digital namnun ada beberapa perbedaan di antara keduanya bergantung pada tujuan pembuatannya. Semoga mendapat manfaat. Terima kasih.