Perangkat Keras Jaringan Komputer yang Perlu Anda Ketahui

3 min read

Perangkat Keras Jaringan Komputer yang Perlu Anda Ketahui

Perangkat Keras Jaringan Komputer yang Perlu Anda Ketahui – Pada pembahasan kali ini Galerinfo akan membahas Perangkat Keras Jaringan. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan berbagai perangkat keras jaringan komputer yang perlu Anda ketahui dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya yuk simak artikel Galerinfo berikut ini.

Perangkat Keras Jaringan Komputer yang Perlu Anda Ketahui

Agar dapat membentuk suatu jaringan komputer, Anda perlu memperhatikan berbagai hal, salah satunya yang perlu diperhatikan yakni perangkat keras komputer. Dalam artikel ini akan membahas tentang perangkat keras jaringan komputer atau lebih dikenal dengan sebuatan hardware jaringan komputer.

Berikut ini beberapa perangkat keras jaringan komputer yang biasa digunakan, antara lain:

Komputer server

Perangkat Keras Jaringan Komputer yang Perlu Anda Ketahui

Jenis perangkat keras jaringan ini menjadi salah satu jaringan yang paling penting dalam internet. Tugas server menjadi pusat dari seluruh jaringan komputer dan pada server ini juga seluruh data penting tersimpan. Pada saat terjadi request dari client, server akan mengirimkan dengan melalui beberapa hardware dan software jaringan.

Umumnya jenis perangkat ini mempunyai fungsi sebagai penyimpan dari seluruh basis data informasi. data yang terdapat pada server akan dikirim sesuai dengan request dari client. Semakin baik tingkat spesifikasi komputer server tentunya akan semakin besar kapasitas penyimpanan server dan semakin cepat dalam prosesnya. Maka server menjadi salah satu yang paling berpengaruh terhadap performa jaringan internet.

Komputer client

Client merupakan komputer pengguna. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya client adalah orang yang mengakses data yang terdapat pada server melalui jaringan internet. Jumlah client ini umumnya terdiri dari berbagai komputer yang terhubung dengan jaringan internet sama halnya dengan server.

Baca Juga:  Cara Install IDM Full Version Mudah Lengkap dengan Gambar

Bila komputer client tidak terhubung dengan server tentunya tak dapat mengakses data komputer server. Komputer client sekedar menjadi komputer biasa tanpa adanya akses jaringan internet. Agar dapat terhubung pada jaringan internet, komputer client harus terhubung terlebih dahulu dengan jaringan kabel LAN atau dapat juga dengan melalui jaringan wifi.

Kabel Jaringan

Saat kita membicarakan mengenai jaringan, tentunya tidak akan terlepas dengan kabel jaringan. Sebelum adanya teknologi WiFi, dulu seluruh internet tersambung  dengan melalui kabel jaringan. Kebanykan kabel yang dipakai berjenis UTP atau Unshielded Twisted Pair, Fiber Optic dan kabel Coaxial.

Konektor

Konektor adalah salah satu perangkat jaringan yang memiliki fungsi dipasang pada bagian ujung kabel untuk menghubungkan pada kabel adapter. Terdapat beberapa jenis konektor yang dipakai dalam perangkat jaringan pada saat ini, antara lain:

  • Jenis Konektor RJ-45 yang dipakai pada kabel UTP dan untuk saat ini paling banyak dipakai pada perangkat jaringan internet;
  • Konektor BNC/T yang dipakai untuk kabel tipe coaxial;
  • Jenis Konektor ST dipakai untuk keperluan kabel fiber optic, ini menjadi konektor dengan harga paling mahal dibandingkan dengan yang lainnya.

Untuk melihat apa telah benar atau belum pada saat memasang konektor Anda dapat memakai konektor tester.

Switch

Switch merupakan salah satu perangkat keras jaringan yang memiliki fungsi untuk memecah jaringan dari satu server menjadi beberapa client dalam jaringan lokal. Umumnya port yang tersedia pada switch kelipatan 4, 8, 16, 32 dst.

Semakin banyak maka akan semakin mahal harga dari switchnya. Anda perlu juga mengetahui switch mempunyai perbedaan dengan hub, waluau dari bentuk yang sama namun fungsinya berbeda.

Fungsi utama dari pada switch yang bisa berbeda dari hub yaitu kemampunnya lebih pintar dalam mengatur dan membatasi besaran paket data yang ditransmisikan pada setiap client yang terhubung. Jadi dapat diatu kecepatan internet pada tiap penggunanya.

Baca Juga:  Cara Membuka Situs Yang Diblokir Dengan Ampuh (100% WORK)

Perangkat Jaringan Hub

Hub merupakan salah satu perangkat jaringan yang mempunyai fungsi untuk membagi jaringan dalam satu server. Umumnya hub banyak dipakai pada jaringan LAN. Perbedaannya dengan switch yaitu pada kemampuan dalam mengatur client. Hub hanya dapat membagi jaringan tanpa dapat mengatur dan membatasi paket data yang terkirim. Jadi pembagian data tidak dapat adil antara satu client dengan yang lainnya.

Perbedaan lainnya yaitu harga hub jaul lebih murah dibandingkan dengan switch. Disamping itu juga kelemahan hub yaitu bila mengalami kerusakan maka seluruh client akan mengalami disconnect. Selain itu juga hub tidak mempunyai fitur sepintar teknologu yang terdapat pada switch.

Bridge

Sesuai dengan namanya bridge mempunyai fungsi sebagai jembatan jaringan. Maksudnya bridge dapat menggabungkan jaringan lokal ke dalam jaringan lokal lainnya yang lebih besar. Fungsi lain dari bridge yakni dapat dipakai untuk memecah jaringan lokal menjadi beberapa jaringan lokal kelil lainnya.

Adapun fungsi utama bridge adalah berfungsi sebagai penghubung antara jaringan yang memakai topologi jaringan yang berbeda. bridge juga sangat berfungsi saat Anda berada dalam perkantoran atau instansi besar yang terdiri dari beberapa kantor dan gedung yang letaknya bejauhan. Seluruh kantor dan gedung bisa terhubung menjadi satu dengan bantuan dari perangkat bridge ini.

Access Point

Dalam hal ini access point mempunyai fungsi untuk mentransmisikan sinyal wireless yang diterima router atau kabel jaringan yang membuat sinya diterima oleh client dapat lebih baik. Access point ini saat sesuai dipakai pada area yang mempunyai sinyal yang kurang baik.

Untuk aplikasinya lebih mudah dan pengaturanya tidak terlalu sulit bila dibandingkan dengan router. Mudahnya access point seperti hub namun memakai jaringan WiFi. Dalam keamanan access point dapat ditambahkan password pada setiap user yang ingin connect pada jaringan ini.

Baca Juga:  Pengertian Scanner Beserta Sejarah, Fungsi dan Cara Kerjanya

Jaringan Router

Router adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi untuk membagikan jaringan internet dengan protokol IP atau TCP pada komputer client. Jadi setiap client mendapatkan IP yang berbeda-beda dengan lainnya.

Adapun fungsi dari router ini cukup mirip dengan access point namun mempunyai fitur yang lebih lengkap. Router mempunyai kelebihan dimana dapat mengatur paket data yang akan dibagikan pada setiap access point atau hub yang terhubung. Jenis perangkat jaringan ini sangat cocok digunakan pada area gedung, perkantoran, kampus atau mall yangmempunyai jumlah pengguna yang besar.

Repeater

Perangkat Jaringan repeater merupakan salah satu perangkat keras jaringan yang memiliki fungsi untuk memperkuat sinyal. Dengan memakai perangkat ini sinyak yang berada pada lokasi jauh dapat diperkuat lagi yang dapat terjangkau dengan jarak yang lebih luas. Jadi bagi Anda yang mempunyai masalah terkait koneksi yang kurang baik semisal terhalang pepohonan, tembok, bangunan atau lainnya Anda dapat mencoba untuk memasang repeater ini.

Demikian penjelasan mengenai Perangkat Keras Jaringan Komputer yang Perlu Anda Ketahui, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.