Cara Mengatasi Printer Offline dengan Cepat dan Mudah

2 min read

Cara Mengatasi Printer Offline dengan Cepat dan Mudah

Cara Mengatasi Printer Offline dengan Cepat dan Mudah – Printer merupakan salah satu alat cetak yang umumnya dipakai pada perkantoran, sekolah, instansi dan perumahan lokal yang menggunakan printer guna memenuhi kebutuhan dalam mencetak foto, dokumen atau lainnya.

Bila hanya dipakai untuk sendiri umumnya printer langsung terhubung pada satu laptop atau komputer dengan memakai kabel USB. Jika dipakai lebih dari dua laptop atau komputer, umumnya printer akan dishare pada jaringan LAN atau komputer.

Namun terkadang sering terdapat kendala yang menjadikan status printer berubah menjadi offline. Padahal pada saat itu Anda memerlukan printer tersebut untuk mencetak dokumen atau file. Secara otomatis saat printer offline Anda tidak dapat mencetak memakai printer tersebut. lebih jelasnya lihat artikel Galerinfo berikut ini.

Cara Mengatasi Printer Offline dengan Cepat dan Mudah

Agar dapat mengetahui apa saja penyebab terjadinya status printer berubah menjadi offline, Anda dapat melakukan beberapa pengecekan terlebih dahulu, antara lain:

Pastikan Kabel USB terhubung ke PC

Cara Mengatasi Printer Offline dengan Cepat dan Mudah

Terkadang sering kali kita lupa kalau kabel USB belum terhubung dengan komputer saat hendak mencetak dokumen atau foto. Maka akan tampil pemberitahuan tentang printer sedang offline atau tidak terhubung dengan laptop atau PC.

Bila printer yang offline merupakan printer yang dishare pada jaringan, pastikan kalau komputer atau laptop Anda terhubung pada jaringan yang sama dengan jaringan yang dipakai oleh server printer.

Baca Juga:  Cara Mengunci Folder Dengan Mudah di Windows (100% WORK)

Kabel Terhubung tetapi printer lupa belum dinyalakan atau belum ON

Penyebab lainnya printer offline yang sering dialami yaitu dimana kabel pada USB printer telah terhubung ke komputer namun tombol power belum ditekan atau lupa belum dinyalakan pinternya.

Kabel terhubung, printer sudah nyala, tetapi printer masih offline

Kadang kala status printer offline yang mana kabel telah terhubung pada komputer, printer telah dinyalakan namun masih saja tetap offline. Hal demikian dapat disebabkan karena service print spooler pada windows yang stuck atau terhenti.

Untuk mengatasinya Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

  • Buka halaman Services dengan cara masuk ke jendela RUN (tekan tombol Windows+R) lalu ketik ‘services.msc’, kemudian tekan pada tombol ok;

run service msc

  • Setelah berhasil masuk ke halaman services, silahkan cari services yang bernama print spooler;
  • Setelah ketemu, silahkan klik atau select pada services yang bernama print spooler tadi, kemudian pada bilah menu sebelah kiri, silahkan klik pada tulisan ‘Restart’;

pilih print spooler

  • Bila muncul peringatan ‘Restart other services’, silahkan klik pada tombol OK;
  • Silahkan tunggu beberapa detik hingga proses restart print spooler selesai;
  • Setelah proses restart selesai, silahkan cek apakah status printer sudah berubah dari offline menjadi ready.

Print spooler adalah sebuah services di windows yang menangani koneksi antara komputer dengan printer. Dengan melakukan Restart pada print spooler, maka services yang tadi mengalami stuck atau gagal dijalankan akan dinyalakan kembali dan mulai bekerja sehingga printer anda akan terdeteksi kembali oleh windows.

Merubah Status Printer Offline Menjadi Online

Setelah mengetahui berbagai masalah pada hardware atau software selesai, secara otomatis status printer akan menjadi online kembali. Namun bila hal demikian tidak terjadi, Anda harus mengubah status printer menjadi online secara manual.

Baca Juga:  Perangkat Keras Jaringan Komputer yang Perlu Anda Ketahui

Agar bisa mengubahnya, Anda bisa mengakses melalui fitur control panel. Pada versi windows yang berbeda, peletakan status printer online atau offline pada control panel tentu berbeda. berikut ini beberapa cara mengubah status printer offline menjadi online, dari berbagai versi windows.

Pada Windows 8 dan 10

  • Anda dapat Klik Win+I pada keyboard, kemudian buka menu Setting pilih Devices and Printer;
  • Selanjunya Klik Printer;
  • Bila Printer dalam keadaan offline, maka status yang tampil yaitu ‘Offline’, sedangkan bila Printer dalam keadaan online, maka status yang akan tampil yaitu ‘Ready’;
  • Klik kanan pada Printer, kemudian pilih “See what’s printing”;
  • Maka akan tampil kembali beberapa opsi, double klik pada opsi yang sama: “See what’s printing”;
  • Klik tab ‘Printer’ pada dialog box yang muncul kemudian kemudian hilangkan centang pada opsi ‘Use Printer Offline’.

Pada Windows 7

  • Anda dapat Klik Start pada menu windows kemudian pilih Devices and Printer;
  • Selanjutnya Klik Printer;
  • Kemudian Klik kanan pada Printer, selanjutnya pilih “See what’s printing”;
  • Setelah itu akan tampil kembali beberapa opsi, double klik pada opsi yang sama: “See what’s printing”;
  • Selanjunya Anda klik tab “Printer” pada dialog box yang muncul, lalu hilangkan centang pada opsi “Use Printer Offline”.

Pada windows XP dan vista

  • Tekan menu Start pada windows kemudian pilih Printer and Fax;
  • Selanjunyay klik ‘Printer’;
  • Lalu Anda tekan klik kanan pada Printer, selanjunya hilangkan centang pada opsi “Use Printer Offline”;
  • Maka status printer akan berganti setelah Anda mengubah status printer menjadi online.

Hal demikian Anda bisa pakai untuk mengatasi masalah printer offline, baik printer yang langsung terhubung dengan komputer yang menggunakan koneksi kabel USB. Bisa juga printer yang terhubung menggunakan jaringan atau printer yang di share.

Baca Juga:  Cara Membersihkan RAM Laptop Paling Jitu Bahas Lengkap

Demikian penjelasan mengenai Cara Mengatasi Printer Offline dengan Cepat dan Mudah, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.