9 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air dengan Mudah

9 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air dengan Mudah (100% Ampuh)

Diposting pada

9 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air dengan Mudah (100% Ampuh) – Disini Galerinfo akan membahas tentang Handphone. Handphone saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi kebanyakan orang dengan mobilitas tinggi. Handphone saat ini sudah menjadi smartphone yang bisa menghandle semua kegiatan kita sehari-hari. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa smartphone memiliki peran yang sangat penting bagi kita dengan multimedia yang dimilikinya. Mulai dari hiburan, pekerjaan sampai kebutuhan.

Orang yang memiliki mobilitas yang tinggi cenderung akan bergantung kepada handphone atau smartphone yang ia miliki. Jika handphone tersebut tidak mempunyai kendala maka kegiatan tidak akan terganggu, namun jika ada masalah?. Disini kita akan membahas tentang sebuah masalah yang kerap terjadi pada handphone kesayangan kita. Salah satu masalah terebut adalah HP kemasukan air atau tidak sengaja tertumpah air atau bahkan masuk kedalam air. Masalah tersebut sering kali terjadi dan disini kita akan membahasnya.

9 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air dengan Mudah (100% Ampuh)

Apa yang akan kita bahas? Kita akan membahas bagaimana cara mengatasi HP yang terkena air atau kemasukan air. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan jika memang HP kesayangan kita tidak sengaja terkena air, simak ulasannya dibawah ini.

1. Jangan Panik

Hal ini memang kadang tidak bisa dihindari, tentu jika kita mengalami hal tersebut sudah sewajarnya jika kita panik. Namun hal ini sangat tidak membantu, justru akan membuat kita makin bingung dan tidak tau harus berbuat apa. Untuk itu, jika hal ini terjadi kepada kita diusahakan agar kita tidak panik dan mulai melakukan hal-hal yang seharusnya. Itulah tujuan mengapa artikel ini dibuat, untuk mendapatkan solusinya.

Baca Juga:  11+ Macam Perangkat Keras Internet dan Fungsinya Lengkap

cara mengatasi hp kemasukan air 1

2. Matikan Handphone

Hal yang harus dilakukan ditahap pertama ini adalah mematikan handphone. Jika HP mu terkena air langsung lakukan tidakan ini dengan segera, lepas semua bagian-bagian yang ada seperti kartu SIM, baterai, SD Card atau apapun yang ada dialamnya. Fungsi dari kita melepas semua bagian-bagian tersebut agar tidak terjadinya konslet atau bahkan terbakar.

cara mengatasi hp kemasukan air 2

Dengan cara diatas kita sudah mencegah agar komponen pada HP tersebut mengalami hal yang lebih parah. Karena HP dalam keadaan mati tidak akan mengalami gangguan pada sistem yang membuat HP menjadi rusak.

3. Buka Casing

Langkah selanjutnya adalah membuka seluruh casing pada smartphone anda. Hal ini dilakukan agar udara bisa masuk ke selah-selah bagian HP agar air yang berada didalam bisa mendapat ruang untuk keluar. Selain casing jika anda bisa membuka bagian mesin itu akan semakin bagus, namun hal ini tidak disarankan jika anda tidak bisa. Karena jika anda salah membuka atau tidak bisa memasangnya kembali akan menjadi semakin parah. Maka lakukan hal yang sederhana saja dengan membuka casingnya.

cara mengatasi hp kemasukan air 3

Ingat bahwa kita hanya membuka casing semampu kita saja, jangan terlalu memaksakan untuk membuka bagian yang sulit. Karena jika tidak biasa maka akan menimbulkan masalah baru.

4. Gunakan Kain

Jika kita sudah membuka perangkat kita, cobalah semampunya untuk mengeringkannya dengan lap kain. Usaplah semua bagian yang terjangkau oleh kain sekecil apapun selah yang kita dapatkan, langkah ini berfungsi untuk mengeringkan bagian dalam yang terkena air. Untuk bagian yang kecil bisa juga kita gunakan cotton bud atau kapas yang kecil.

cara mengatasi hp kemasukan air 4

5. Gunakan Vacum

Jika kita sudah selesai mengelap handphone kita dengan kain, selanjutnya kita bisa menggunakan vacum untuk menyedot selah-selah kecil pada bagian handphone. Ini bertujuan agar air yang masuk pada bagian-bagian kecil handphone akan tersedot oleh vacum. Pastikan bahwa bagian atau lubang yang ada pada handphone kita tersedot oleh vacum.

Baca Juga:  11 Cara Mengatasi Handphone Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

cara mengatasi hp kemasukan air 5a

6. Pakai Beras

Selanjutnya kita gunakan beras untuk penyerapan air yang intens. Hal ini kerap dilakukan oleh kebanyakan orang jika handphone miliknya terkena atau terendam air. Beras memang bisa membuat perangkat kita menjadi kering, hal ini disebabkan karena beras dianggap sebagai bahan yang mampu menyerap kelembababan . Jadi tidak ada salahnya jika kita merendam perangkat kita dengan beras agar kelembababan pada handphone kita segera berakhir. Ini memang menjadi cara jituĀ cara mengatasi hp kemasukan air.

cara mengatasi hp kemasukan air 6

7. Diamkan Beberapa Hari

Jika semua hal diatas sudah kita lakukan, selanjutnya kita diamkan saja perangkat kita 2-3 hari untuk memastikan bahwa perangkat sudah kering. Ada baiknya proses ini dilakukan dengan penjemuran dibawah matahari sampai nanti bisa dihidupkan.

cara mengatasi hp kemasukan air 7

8. Nyalakan Handphone

Jika sudah dipastikan bahwa handphone anda kering, silahkan pasang kembali perangkat anda seperti semula. Kemudian cobalah nyalakan handphone anda, jika tidak mau menyala maka silahkan anda charge dulu baterai handphone anda. Biarkanlah perangkat anda terisi daya dulu sebelum menghidupkannya kembali.

cara mengatasi hp kemasukan air 8

9. Kesimpulan

Apabila langkah diatas semuanya sudah dilakukan, kemungkinan handphone kesayangan kamu akan hidup kembali seperti sedia kala. Namun itu bukanlah sebuah kepastian, semua bergantung pada kondisi perangkat masing-masing. Jika intensitas air yang masuk sudah terlalu banyak maka kemungkinan handphone anda tidak akan hidup dan perlu perawatan intensif. Jika memang hal tersebut yang terjadi maka hal terbaik yang harus dilakukan adalah membawanya ke gerai handphone itu sendiri.

cara mengatasi hp kemasukan air 9

Lakukanlah servis ditempat yang semestinya, jangan membawa handphone ke sembarang tempat. Bawalah perangkat sesuai dengan merknya masing-masing agar mendapatkan penanganan yang seharusnya.

Catatan: Untuk anda yang memang ingin handphone anda aman dari air bahkan debu. Sekarang vendor-vendor smartphone sudah mengeluarkan produk-produk mereka yang tahan dengan air dan debu dengan sertifikat ip68. Hal ini bisa menjadi solusi juga buat anda yang tidak ingin ribet dengan kegiatan diatas. Carilah Handphone yang tahan air dan debu.

Demikianlah pembahasan kita mengenaiĀ 9 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air dengan Mudah (100% Ampuh). Semoga informasi diatas dapat membantu anda yang bermasalah dengan perangkatnya yang terkena air. Tidak ada salahnya mencoba hal-hal yang memang kita bisa melakukannya sendiri, jika sudah tidak bisa barulah meminta tolong kepada ahlinya. Salam Teknologi.

Baca Juga:  Komponen Motherboard pada Komputer dan Fungsinya Lengkap