Fungsi Keyboard : Pengertian, Fungsi Beserta Jenisnya

3 min read

Fungsi Keyboard Pengertian Fungsi Beserta Jenisnya

Fungsi Keyboard : Pengertian, Fungsi Beserta Jenisnya – Pada kesempatan ini Galerinfo akan membahas mengenai Fungsi Keyboard. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian keyboard, fungsi keyboard beserta jenis keyboard dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih mudah memahaminya silahkan simak artikel Galerinfo berikut ini.

Fungsi Keyboard : Pengertian, Fungsi Beserta Jenisnya

Pada penggunaan komputer baik menggunakan PC ataupun Handset, saat ini sangat dimudahkan dengan adanya keyboard. Dapat dibilang bahwa kerboard adalah salah satu perangkat yang sangat intens pada komputer.

Keyboard merupakan jenis papan yang berisikan berbagai tombol angka, huruf dan kode lainnya. Tombol ini juga memiliki fungsi untuk mengirimkan perintah user pada komputer.

Walaupun bergitu komputer saat ini telah ada mouse yang dapat mempermudah pekerjaan user, namun tidak semua orang nyaman menggantikan fungsi keyboard dengan mouse. Selanjunya keyboard dipakaI untuk menulis dokumen yang tidak dapat dilakukan mouse pada komputer.

Sedangkan penggunaan handset khusus pada smatphone saat ini telah ada fitur dengan suara. Jadi saat Anda mengucapkan sesuatu, handset Anda dapat menuliskannya tanpa perlu meminta Anda menyentuh keyboard.

Walaupun bukan salah satu perangkat input pada komputer, peran keyboard sangatlah penting. Sebab sebagai perintah yang berupa komando dan teks yang dimasukan pada sistem komputer melalui keyboard.

Bentuk keyboard pun di desain seperti dengan tuts mesin tik, hanya saja terdapat beberapa fitur lainnya yang ditambahkan.

Dengan kata lain bahwa keyboard dipakai sebagai alat untuk menyampaikan perintah atau data dari seorang kedalam komputer yang dilanjutkan data tersebut di ubah menjadi bahasa pemrograman yang dimengerti oleh CPU dan akan diproses selanjutnya.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Printer Offline dengan Cepat dan Mudah

Fungsi Keyboard

Fungsi Keyboard Pengertian Fungsi Beserta Jenisnya

Seperti yang telah dijelaskan pada keterangan sebelumnya, bahwa keyboar mempunyai fungsi penting pada komputer.

Fungsi utama daripada keyboard yaitu untuk memasukan data atau perintah pada komputer atau yang disebut dengan perangkat input.

Sedangkan untuk fungsi lainnya dari keyboard yaitu:

  • Tombol ketik yang dipakai untuk kebutuhan mengetik atau menginput data kedalam dokumen yang selanjutnya ditampilkan pada monitor komputer. Tombol ketik itu dapat berupa tombol dengan angka atau huruf yang tersusun pada keyboard.
  • Memilih suatu perintah tertentu yang akan tampil pada aplikasi yang beroperasi pada komputer.
  • Menyesuaikan dengan software atau aplikasi yang sedang dijalankan. Misalnya bila menekan tombol F1 maka akan menampilkan menu bantuan (Help) sesuai dengan software yang dijalankan.
  • Membatalkan suatu dialog tertentu, tombol Tab berfungsi untuk pemindahan suatu teks.
  • Menggulir layar ke atas dan kebawah dan berbagai fungsi lainnya.

Jenis Keyboard

Terdapat beberapa jenis keyboard yang sering dipakai pengguna saat ini, diantaranya yaitu:

Berdasarkan Letak Tombol

  • Qwerty

Keyboard Qwerty adalah jenis keyboard yang letak huruf dan angka paling umum saat ini. Jenis ini diciptakan berdasarkan lay out mesin tik, yang tata letak ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Shoule pada tahun 1878. Selanjutnya menjadi standart mesin tik komersial pada tahun 1905.

  • Keyboard DVORAK

Jenis keyboard ini dibuat pada tahun 1936, yang dibuat berdasarkan prinsip kerja efisiensi dan biomekanis. Susunan letak tombol huruf dengan jenis Qwerty dibuat sedemikian rupa yang membuat 56% ketukan ada pada tangan kanan dan jari tangan yang lebih banyak bekerja yaitu jari telunjuk, jari manis dan jari tengah. Huruf yang sering diketuk kisaran 70% dan perpindahan antara baris hanya sekitar 10% sehingga kelelahan jari tangan sangat banyak berkurang.

  • Keyboard KLOCKENBERG
Baca Juga:  9 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air dengan Mudah (100% Ampuh)

Jenis keyboard ini dibuat berdasarkan untuk menyempurnakan jenis keyboard yang telah ada yakni dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan).

Pada bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 150 dan dibuat miring kebawah. Selain itu juga keboard jenis ini memiliki tombol yang dibuat lebih dekat atau tipis dengan meja kerja sehingga akan terasa lebih nyaman.

Berdasarkan Konektornya (Keyboard Serial)

Jenis keyboard serial ini memakai DIN 5 male dan umumnya dipakai pada komputer tipe AT. Keyboard serial merupakan jenis keyboard yang terhubung pada komputer memakai port serial.

  • Keyboard PS/2

Jenis Keyboard PS/2 umumnya dipakai pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan jenis keyboard ini harus dilaksanakan dengan cermat, karena port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.

  • Keyboard Wireless

Pada jaman yang semakin canggih membuat keyboard tidak perlu menggunakan kabel. Sesuai dengan namanya, jenis keyboard ini tidak memakai kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Pada jenis keyboard ini memakai koneksi berupa wifi, infra red atau bluetooth.

Keyboard USB

Pada saat ini komputer yang beredar telah banyak memakai jenis konektor USB yang dapat menjamin transfer data lebih cepat dan lebih mudah dalam pemasangannya.

Susunan Tombol Keyboard

Pada pengusunan huruf dan angka pada keyboard tentunya tak berlangsung begitu saja. Pada suatu papan keyboard terdapat beberapa huruf dan lampu indikator yang menandakan keyboard berfungsi dengan benar.

Adapun susunan tombol keyboard terdiri dari:

  • Main Typing keypad

Main Typing keypad merupakan papan ketik utama yang berisikan huruf mulai dari A sampai Z, tanda baca dan angka 1 sampai 0 yang dipakai untuk memasukan teks pada sistem komputer. Seperti saat mengetik pada Ms Office atau pada browser internet.

  • Tombol Penunjuk Arah

Tombol ini dimana terdapat pada sudut kanan bawah yang berisikan petunjuk arah dengan simbol anak panah.

  • Numeric atau Directional Keypad

Tombol ini merupakan tombol angka dan tombol pemindah kursor yang umumnya terletak pada sisi kanan main typing board. Tombol ini akan berfungsi bila dinyalakan, yang akan memudahkan pengguna dalam mengetik dan memasukan angka pada sistem.

  • Function Keys,

Tombol ini terletak diatas tombol Main Typing Keypad dan bisa diketahui dari tanda F1 sampai F12. Tombol ini mempunyai fungsi untuk mengatur beberapa perintah semisal menumpan dokumen, menampilkan menu help dan lainnya.

  • Special Keys

Pada tombol ini terlepak pada bagian atas tobol Directional Keys dan terdiri dari tombol Delete, Home, Page Down, Page Up, Print Screen, Insert, Ens dan Pause Break.

  • Modifier Keys

Adapun yang termasuk kedalam golongan keypad ini yaitu Alt, Ctrl dan Shift. Sesuai dengan namanya, pada ketiga tombol ini akan memodifikasi dan merubah fungsi suatu tombol lain dalam keypad dan dapat ditekan bersamaan tombol lain untuk menampilkan suatu perintah.

  • Lock Keys

Tombol ini merupakan indokator cahaya yang menandakan suatu tombol sedang dipakai untuk mengatur suatu fungsi. Contohnya tombol Caps Lock yang membuat data di ketik dengan huruf kapital dan Numeric Lock yang dipakai untuk mengaktifkan tombol Numeric Key.

  • Windows key

Umumnya pada keyboard pada komputer windows mempunyai tombol yang bergambar logo Microsoft Windows. Tombol ini memiliki fungsi untuk menampilkan menu pada jendela Windows pada kmputer.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Dapat di Format

Demikian penjelasan mengenai Fungsi Keyboard : Pengertian, Fungsi Beserta Jenisnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.