Cara Membuat Tabel di Word Serta Cara Modifikasinya

3 min read

Cara Membuat Tabel di Word Serta Cara Modifikasinya

Cara Membuat Tabel di Word Serta Cara Modifikasinya – Pada kesempatan ini Galerinfo akan membahas mengenai Cara Membuat Tabel di Word. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara membat tabel di word serta cara dalam modifikasinya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat artikel Galerinfo berikut ini.

Cara Membuat Tabel di Word Serta Cara Modifikasinya

Tabel merupakan kumpulan bentuk kotak yang tersusun pada baris dan kolom. Tabel bisa dipakai untuk mengatur jenis konten, terutama pada pekerjaan yang mengelola teks atau data numerik agar dapat mudah untuk dipahami. Dengan Ms. Word Anda bisa menambahkan tabel kosong atau mengubah konten/ teks yang ada menjadi sebuat tabel dengan cepat.

Umumnya, untuk mengubah teks mejadi tabel digunakan pada cara membuat brosur dengan Ms Word. Dimana konten pada sebuah broseus harus jelas, singkat dan padat. Andajuga dapat menyesuaikan tabel yang dibuat memakai gaya dan tampilan yang bermacam-macam. Hal ini juga termasuk salah satu fungsi software pengolah kata dari MS. Corp yang dapat Anda manfaatkan.

Untuk cara membuat tabel di word terdapat beberapa cara diantaranya yaitu:

Menambahkan tabel kosong

Cara Membuat Tabel di Word Serta Cara Modifikasinya

Bila Anda ingin menambahkan sebuah tabel kosong pada lembar kerja Word Anda. Caranya cukup mudah, antara lain:

  • Letakkan kursor teks pada tempat yang ingin Anda tambahkan tabel. Kursor teks ini berbentuk garis yang berkedip pada lembar kerja Word Anda.
  • Selanjutnya, Anda pilih tab ‘Insert’ pada menu bar word 2016, lalu klik ‘Table’.
Baca Juga:  Cara Cleaning Printer Epson yang Mudah dan Simpel

mengklik perintah table

  • maka akan tampil menu drop down yang berisi kotak-kotak. Lalu seret kursor mouse Anda dari kotak kiri atas untuk memilih jumlah kolom dan baring yang Anda inginkan.
  • Untuk mengetahui jumlah kolom dan baris yang Anda inginkan, lepaskan jari Anda dari tombol kiri mouse. Lalu, tabel akan menampilkan jumlah kolom dan baris sesuai keinginan Anda.

memilih jumlah sel

  • Untuk memasukan teks kedalam tabel, Anda tempatkan kursor teks pada tiap kotak. Lalu Anda dapat mulai mengetiknya.

tabel baru

  • Untuk berpindah dari kotak satu dengan lainnya, Anda dapat memakai tombol Tab atau tombol panah pada keyboard. Bila kursor teks berada pada kotak terakhir, saat Anda menekan tombol Tab maka akan secara otomatis membuat baris baru pada kolom bawahnya.

Mengubah teks yang ada menjadi tabel

Bila Anda menemukan teks yang dapat diubah menjadi tabel. Misalnya pada contoh berikut yang mana pada setiap baris teks berisi bagian dari cheklist, tugas dan hari dalam satu minggu. Item pada tiap bagian dipisah dengan tab. Word bisa merubah informasi ini kedalam tabel, dengan cara memakai karakter tab untuk memisahkan data kedalam kolom. Dengan cara sebagai berikut:

  • Pilihlah teks yang akan diubah menjadi bentuk tabel

memilih teks

  • Kemudian Buka tab ‘Insert’, lalu Anda klik ‘Table’
  • Pilihlah ‘Convert Text to Table’ dari menu drop-down

memilih mengkonversi ke tabel

  • Kemudian akan tampil sebuah teks dialog, Anda pilih opsi pada bagian ‘Separate text at’. Fungsi dari opsi ini yaitu untuk mengatur cara mengetahui word apa yang harus dimasukan pada tiap kolom di tabel yang akan dibuat berdasarkan teks. Pada contoh kali ini akan memisahkan data dalam teks berdasarkan tab, maka pilih ‘Tabs’ pada bagian ‘Separate text at’.
Baca Juga:  Cara Membuat Email Yahoo Gratis Lengkap Dengan Gambar

Pilihan konversi

  • Kemudian Anda klik OK, dan akan tampil dalam bentuk tabel

konversi tabel

Anda juga dapat menambahkan tabel dari file Excel kedalam bentuk Word.

Memodifikasi tabel

Setelah Anda menggunakan cara membuat wabel di word yang telah diterangkan diatas, sekarang Anda dapat mengatur tabel tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Dengan menggunakan word Anda dapat mengubah tampilan tabel yang telah ditambahkan kedalam dokumen Anda dengan mudah.

Terdapat beberapa pilihan modifikasi, termasuk untuk menambahkan baris atau kolom dan mengubah gaya layout table, caranya sebagai berikut:

Menambahkan baris atau kolom

  • Anda dapat mengarahkan kursor mouse pada luar table yang ingin ditambahkan baris atau kolom. Untuk versi word 2016, klik tanda plus yang tampil seperti berikut.

mengarahkan di luar tabel

  • Maka sebuah baris atau kolom yang telah ditambah kedalam tabel

kolom baru

Selain dengan menggunakan cara tersebut, Anda juga bisa menambahkan baris atau kolom pada tabel dengan cara klik kanan pada tabel, kemudian pilih ‘Insert’ unutk melihat berbagai pilihan kolom dan baris. Anda juga dapat memilih untuk menambahkan kolom pada kanan atau kiri kotak dan juga menambahkan baris pada bagian atas atau bawak kotak yang Anda klik.

menu insert

Menghapus baris atau kolom

Bila Anda telah mengetahui cara menambahkan baris atau kolom pada tabel, sekarang akan membahas cara menghapus baris atau kolom pada table yang ada di Word. Caranya sebagai berikut:

  • Anda dapat menempatkan kursor teks pada kolom atau baris yang ingin Anda hapus.
  • Kemudian klik kanan, lalu pilih ‘Delete Cell’

menghapus menu

  • Selanjutnya sebuah kotak dialog akan tampil, Anda dapat memilih ‘Delete entire row’ untuk menghapus satu baris atau ‘Delete entire column’ untuk menghapus satu kolom, lalu klik OK.
Baca Juga:  Cara Mudah Daftar Facebook Dengan Cepat Hanya 3 MENIT

menghapus pilihan

  • Maka Baris atau kolom sudah dihapus

Menerapkan gaya pada tabel

Untuk fitur yang menerapkan gaya pada layout table bisa digunakan untuk merubah tampilan dan layout dari tabel Anda dengan mudah dan singkat. Dalam fitur ini mempunyai beberapa elemen desain termasuk border, font dan warna, caranya yaitu:

  • Klik kotak mana saja di tabel Anda, lalu klik tab ‘Design’ pada ribbon ‘Table Tools’

menavigasi ke tab desain

  • Cari bagian ‘Table Styles’, lalu klik drop-down ‘More’ untuk melihat daftar lengkap dari gaya-gaya yang tersedia.

melihat lebih banyak pilihan

  • Pilih gaya tabel yang diinginkan

memilih gaya tab

  • Maka gaya tabel yang Anda pilih kini sudah dapat diterapkan pada tabel yang Anda pilih.

tabel dengan gaya tabel

Mengubah pilihan gaya tabel

Sesudah menentukan gaya untuk tabel yang akan Anda buat, Anda bisa menonaktifkan atau mengaktifkan berbagai pilihan untuk merubah tampilan tabel itu. Terdapat enam pilihan, antara lain First Column, Last Column, Banded Rows, Total Row, Banded Columns dan Header Row. Caranya sebagai berikut:

  • Klik pada bagian kotak mana saja yang ada pada tabel Anda, kemudian pilh tab ‘Design’ pada menu bar
  • Kemudian cari bagian ‘Table Style options’, lalu centang atau hapus tanda centang dari opsi yang diinginkan

Pilihan gaya tabel

  • Maka akan tampil gaya yang diterapkan pada tabel Anda telah dimodifikasi.

Pilihan gaya tabel banded columns

Opsi yang tersedia bergantung pada Table Style yang Anda pilih, yang membuat opsi pada bagian ‘Table Style Options’ dapat jadi mempunyai efek yang berbeda pada tabel Anda.

Demikian penjelasan mengenai Cara Membuat Tabel di Word Serta Cara Modifikasinya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.