Perbedaan Processor Tray dan Box Perlu Diketahui

Perbedaan Processor Tray dan Box Perlu Diketahui

Diposting pada

Perbedaan Processor Tray dan Box Perlu Diketahui – Pada kesempatan ini akan membahas tentang Processor Tray. Yang mana dalam pembahasa kali ini menjelaskan beberapa perbedaan antara processor tray dan processor box yang perlu Anda ketahui. Untuk lebih jelasnya simak artikel Galerinfo mengeni Processor Tray berikut ini.

Perbedaan Processor Tray dan Box Perlu Diketahui

Processor adalah satu dari beberapa aspek penting yang perlu Anda perhatikan saat akan mengatur laptop atau computer Anda. Tidak jarang bahwa otak dari inti computer akan menjadi pertimgngan penting atau utama dalam memilah suatu laptop atau computer.

Jangan disepelekan unutk lebih mempertimbangkan hal tersebut, sebab unsur dari salah satu bagian computer ini memiliki peran penting. Jika komponen ini rusak tentunya akan sangan mempengaruhi computer dan menjadi tidak dapat berjalan sama sekali.

Processor Tray: Jenis Processor

Perbedaan Processor Tray dan Box Perlu Diketahui

Salah satu hal yang perlu Anda ketahui mengenai processor yakni tentang berbagai jenis prosesor yang tersebar dipasaran.dengan berbagai jenis prosesor yang kita bahas ini bukan mengenai merk semisal AMD, Core i3, Core I5, Ryzen atau lainnya. Tidak juga membahas mengenai perbedaan dalam ari perbedan prosesor PC dan Laptop.

Jenis yang dimaksudkan dalam pembahasan ini yaitu antara

  • Processor tray
  • Processor box

Serta nda dpat lihat pada berbagai paket processor tertentu. Terkadang ada kalanya antara prosesor tray dan prosesor box membuat bingung orang.

Apakah benar prosesor ini benar-benar berbeda? Apa yang membuat hal tersebut berbeda?

Perbandingan dari segi kualitas dan kelengkapan

Untuk menjawab pertanyaan tersebut tentunya kita harus lebih mengenai dengan berbagai aspek. Mulai dari perbandingan baik dari segi kualitas dan kelengkapannya, antara lain:

  • Tray dan box kualitasnya sama

Salah satu yang yang perlu Anda ketahui, bahwa tidak ada perbedan dari segi kualitas antara CPU versi retail atau bis disebut dengan prosesor box. Bila dibandingkan dengan prosesor versi OEM (Original Equipment Manufacture) alias processor tray. Tidak peduli mengenai jenis bit yang digunakan, semisal perbedaan processor 32 bit dan 64 bit Android. Contohnya, kualitas dari jenis prosesor yang dijual dengan model tray dan box adalah sama.

Baca Juga:  Jenis Modem yang Banyak Digunakan Beserta Fungsinya

Sebenarnya mengenai istilah tray dan box hanya tertuju dan menampilkan model atau cara penjualan yang diberikan pada masing-masing jenis barang itu. Namun bila melihat dari segi fisik prosesor, sebenarnya sama persis tidak ada fitur yng dikurngi atau hal lainnya.

Dengan kata lain, bahwa prosesor ini sama persis namun paket kelengkapan dalam penjualannya yang berbeda. Dalam artian, baik antara tray dan box fungsi prosessor pada dasarnya sama sekalipun terdpat beberapa jenis processor Intel atau AMD.

Dengan berbagai perbedaan antara AMD dan Intel, semisal pada jenis socket processor yang dipakai, namun semua prosesor mempunyai tanggungjawab yang sama dlam system computer.

  • Box yang lengkap dan Tray ‘batangan’

Pada prosesor yang dijual dengan versi atau model box mempunyai kelengkapan yang banyak. Misalnya ketersediaannya kipas pendingin CPU orisinal yang resmi dibuat oleh pabrik yang membuat prosesor itu. Semisl prosesor box intel, berarti mempunyai kipas resmi yang terpasang atau dibawakan sekaligus dlam paket penualan prosesor yang kamu beli.

Sementara itu pada versi tray, tidak terdapat kipas pendingin orisinal pabrik pembuat prosesor itu. Dalam artian, bahwa processor tray dapat disebut dengan prosesor batangan alias hanya menjual prosesornya saja. Sehingga bila Anda akan ingin memasang kipas pendingin Anda harus membelinya lebih dahulu atau memakai kipas lain yang mungkin Anda miliki.

Bila Anda berencana untuk membeli kipas pendingin yang Anda inginkan dan tidak berencana untuk memakai kipas pendingin bawaan dari pabrik.  Maka ada baiknya Anda membeli prosesor yang versi tray saja.

Namun bila Anda ingin memakai kipas standart dari pabrikny, maka kami menyarankan Anda untuk membeli prosesor yang dijual dengan model box. Anda juga dapat meningkatkan kemampuan pendinginan, walaupun Anda memakai computer.

Baca Juga:  Cara Menghemat Baterai Laptop Pembahasan Lengkap

Perbedaan dari segi harga dan garansi

Perbedaan antara processor tray dan processor box yang mana Anda dapat lihat dari segi budget atau harga dan juga segi garansinya.

  • Harga tray lebih murah

Prosesor yang dijual dengan jenis OEM atau tray, umumnya dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan model retail box. Perbedaan dari harga tersebut tentunya berasal dari ada tidaknya kelengkapan antara processor tray dan processor box.

Prosesor box yang dijual belikan dengn berbagai peralatan tambahan yang lebih lengkap. Hal inilah yang membuat harga akan menjadi lebih sedikit mahal bila dibandingkan dengan prosesor versi tray. Heatsink, logo orisinal, kipas dan lainnya adalah beberapa peralatan tambahan yang dijual bersamaan dengan prosesor dalam versi box yang membuat harganya menjadi lebih mahal.

  • Box bergaransi lebih panjang

Pada prosesor versi box selain memiliki harga yang lebih mahal juga memiliki masa garansi yang lebih panjang bila dibandingkan dengan prosesor tray. Perbedaan maasa garansi itu dpat antara 1-2 tahun bahkan lebih. Dengan artian bahwa dukukang support prosesor versi retail box lebih lama bila dibandingkan dengan prosesor tray.

Oleh sebab itu, prosesor versi box umumnya dipasarkan pada para pengguna umum yang memerlukan dukungan support yang serius. Bukan pada enthusiast yang jelas hobi dan mempunyai keterampilan dalam hal computer dan penggunaan prangkat keras prosesor. Sebab itu, bila Anda merasa motherboard Anda rusak, maka Anda dapat meminta garansi terkait prosesor itu.

Perbedaan dari segi konsumen

Pada perbedaan dibawah ini bisa Anda lihat dari segi konsumen yang memakai prosesor ini. Sebab itu sifat dasar dalam model penjualan yang berbeda umumnya prosesor tray dan box menyasar pasar yang berbeda.

  • Processor box untuk pengguna mainstream

Prosesor box yang komplit dengan berbgi kelengkapan semisal heatsink, logo, kipas dan lainnya umumnya banyak dijual pada pasar pengguna computer umum. Dimana tidak terllu memerlukan banyak pengaturan perangkat keras level advanced. Meraka juga tidak membutuhkan lagi membeli heatsink atau perlengkapan tambahan lain untuk mengoperasikan prosesor yang dibelinya.

  • Processor tray untuk perusahaan dan para hardware enthusiast

Untuk prosesor tray umumnya banyak dijual bagi kalangan perusahaan yang memerlukan prosesor dalam pembutan perangkat keras. Misalnya laptop, PC atau lainnya. Perusahaan seperti Lenovo, Acer, HP, Asus dan lainnya yang banyak menjual produk computer jinjing atau laptop. Biasanya banyak yang memebeli prosesor tray laptop dari Intel atau AMD sesuai dengn model produk yang merak buat.

Baca Juga:  Cara Membersihkan RAM Laptop Paling Jitu Bahas Lengkap

Dengan demikian meraka dapat memangks biaya produksi dan dapat memnfaatkan dana lebih untuk menambahkan beberapa fitur lainnya yang dapat disematkan pada laptop.

Selain dari beberapa perusahaan semisal Dell, Lenovo, HP, Asus dan lainnya. Konsumen yang menjadi pasar prosesor type tray yaitu mereka yang sengaja mencari prosesor tray untuk menyusun model computer meraka sendiri.

Umumnya para gaming enthusiast atau overclocker yakni orang yang membeli processor tray sebb harganya lebih murah dan memang sangat sesuai dengan kebutuhannya. Dimana mereka hanya membutuhkan inti prosesor saja, sementara pendingin dan lainnya sudah dipersiapkan secara custom.

Demikian penjelasan mengenai Perbedaan Processor Tray dan Box Perlu Diketahui, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.