Perangkat Keras Internet dan Fungsinya
Perangkat Keras Internet dan Fungsinya

11+ Macam Perangkat Keras Internet dan Fungsinya Lengkap

Diposting pada

11 Macam Perangkat Keras Internet dan Fungsinya Lengkap – Hai sahabat Galerinfo, kali ini kita akan membahas internet lagi nih! Namun tentang perangkat kerasnya. Disini kita akan membahas apa saja perangkat keras yang bisa digunakan untuk mengakses internet.

Sebelum membahas lebih jauh, kita ulas sedikit tentang internet ya. Pada zaman canggih semodern ini sepertinya memang internet bisa dibilang menjadi sebuah kebutuhan bagi khalayak orang kebanyakan.

Banyak orang yang masih beranggapan bahwa jika ingin internetan harus punya komputer, memang benar, tapi ternyata banyak perangkat keras yang bisa kita gunakan untuk akses internet lho. Disini akan kita bahas lengkap, mari disimak.

11+ Macam Perangkat Keras Internet dan Fungsinya Lengkap

Pada umumnya untuk mengakses internet kita membutuhkan 2 perangkat yaitu perangkat keras dan perangkat lunaknya. Namun kita disini akan fokus untuk membahas perangkat kerasnya saja.

1.  Komputer

Perangkat Keras Internet Komputer

Komputer adalah perangkat keras internet yang umum digunakan untuk mengakses internet, kita mengetahui bahwa komputer memiliki beberapa hardware yang akan bekerja jika mengakses internet. Komputer ini dipakai untuk mengakses internet biasanya pada perkantoran yang digunakan untuk pekerjaan.

2. Laptop

Perangkat Keras Internet Laptop

Perangkat keras internet yang satu ini hampir tidak ada bedanya dengan komputer, hanya saja ini lebih portable karena bisa kita bawa kemana saja.

3. Smartphone

Perangkat Keras Internet Smartphone

Perangkat keras internet yang satu ini pasti juga tidak asing lagi bagi kita semua, saat ini hampir semua orang memilikinya karena memang sudah menjadi kebutuhan. Smartphone ini adalah telepon pintar yang berfungsi tidak hanya untuk menelpon tapi juga bisa dipakai untuk mobilitas kita.

Baca Juga:  9 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air dengan Mudah (100% Ampuh)

Smartphone bisa mengakses internet langsung dari kartu SIM yang kita miliki, jika tadi laptop lebih portable dari komputer maka smartphone lebih portable dari laptop. Dengan bisa mengkasesnya perangkat ini memungkinkan kita untuk mengirim email ataupun sekedar sosial media.

4. Modem

Modem

Perangkat keras ini bisa digunakan untuk mengakses jaringan internet, perlu diketahui bahwa modem ini adalah kependekan dari modulator de modulator. Modulator berfungsi untuk mengubah sinyal informasi jadi sinyal pembawa yang nantinya akan dikirimkan kepada pengguna device. Demulator sendiri berfungsi untuk menerima kembali sinyal atau data yang sudah dikirim.

Jika kita pahami, proses data ini akan dipisahkan dari frekuensi tinggi dan mengubah data yang sifatnya analog menjadi bentuk digital agar bisa dibaca oleh perangkat keras seperti komputer atau laptop. Untuk bentuknya sendiri modem sangat banyak sekali, namun yang sering kita jumpai dan familiar adalah modem eksternal yang memiliki konektor USB.

5. LAN Card

Lan Card

Pasti banyak dari kita yang sudah mengetahui tentang perangkat ini, LAN Card atau yang sering disebut NIC (Network Interface Card) adalah salah satu perangkat keras yang bisa menghubungkan banyak komputer dalam satu jaringan.

LAN atau Local Area Network adalah jaringan yang rung cakupannya tidak luas alias terbatas. Jaringan ini hanya bisa berada pada satu ruangan atau satu gedung dari perangkat satu dengan perangkat lainnya.

Perangkat ini bisa saling terhubung dengan jaringan lewat MAC Address yang sudah disediakan. Dengan menggunakan LAN, beberapa komputer yang berada dalam satu ruangan atau satu gedung bisa saling bertukar data dan juga dapat mengakses perangkat satu sama lain.

6. Wireless Adapter Card

Wireless Adapter Card

Perangkat ini sering dikenal dengan kata WLAN Card, Wireless Adapter Card ini bentuknya kecil dan menyatu dengan motherboard komputer atau laptop. Perangkat ini berfungsi untuk menerima dan membagikan sinyal internet ke device kita laptop maupun komputer. Perangkat yang memiliki WLAN dapat menerima dan mengirim data lewat jaringan WiFi.

Baca Juga:  Komponen Motherboard pada Komputer dan Fungsinya Lengkap

7. Kabel Jaringan

Kabel Jaringan

Kabel ini memang dirancang khusus sebagai transmisi data pada sistem jaringan komputer. Kabel ini berfungsi sebagai penghubung beberapa komputer yang punya akses internet supaya bisa berkomunikasi antar komputer.

Pada umumnya ada beberapa jenis kabel yang digunakan kebanyakan orang, seperti kabel twisted pair, kabel coaxial dan kabel fiber optic. Penggunaan kabel ini efektif sekali bagi pengguna yang berada di pedalaman karena sudut jangkaunya yang bisa meluas.

8. Router

Router

Perangkat ini befungsi sebagai penghubung dua jaringan atau lebih yang mendistribusikannya ke paket data satu dengan lainnya, bisa dalam satu jaringan maupun beda jaringan. Tidak hanya itu, router juga bisa mengirimkan paket data lewat jaringan dari satu komputer ke komputer lainnya yang disebut routing.

Tiap router didesain dgn fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol) dan diatur sampai bisa mendistribusikan alamat IP ke semua komputer yang terhubung pada router tsb.

9. Switch / Hub

Switch Hub

Switch merupakan perangkat jaringan yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan dgn pengalihan MAC Address yang dipunyainya. Atau bisa dibilang switch digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer yang butuh bandwith besar.

Jika switch hanya mengirim pake data ke alamat komputer yang dituju saja, maka hub disini bisa mengirimkan paket data ke semua perangkat komputer yang terhubung pada perangkat tsb. Switch juga mengatur arus data yang akan dikirim dgn mencari jalur yang baik untuk melakukan pengiriman data tsb tepat pada tujuannya.

10. Repeater

Repeater

Jika kita lihat dari namanya, perangkat ini memang berfungsi untuk menerima sinyal lalu dikirimkan lagi sinyal tersebut dengan daya yang besar. Maksudnya repeater ini bisa membuat sinyal yang ditangkap menjadi lebih kuat dari sinyal aslinya.

Baca Juga:  9 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air dengan Mudah (100% Ampuh)

11. Smart TV

Smart TV

Perangkat yang satu ini adalah perangkat yang modern, perangkat ini mungkin adalah perangkat terakhir yang bisa menangkap sinyal internet. Dulu TV hanya bisa untuk menonton acara televisi yang disediakan oleh chanel TV saja, sekarang TV juga bisa untuk internetan.

Sama dengan smartphone, Smart TV ini bisa menangkap sinyal internet dan melakukan kegiatan seperti browsing, streaming dan lain-lain. Jika TV tidak ada kata smart nya maka itu berarti hanya TV biasa, yang bisa menerima sinyal internet adalah TV yang ada kata Smart nya.

Selesai sudah pembahasan kita pada 11+ Macam Perangkat Keras Internet dan Fungsinya Lengkap. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kebanyakan orang, silahkan di share kepada teman atau kerabat anda. Salam teknologi, terimakasih.