Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

3 min read

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Pada kesempatan ini Galerinfo akan membahas mengenai Pengertian Sistem Informasi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian sistem informasi menurut para ahli dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel Galerinfo berikut ini.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Definisi sistem adalah suatu kesatuan dari seluruh bagian yang saling berhubungan di mana keberadaanya pada suatu bagian atau wilayah yang memiliki item penggerak didalamnya. Sedangkan secara etimologi, sistem berasal latin dari kata Systema dan Sustema dari bahas Yunani yang memiliki arti sebagai suatu kesatuan yang terdiri dari elemen atau komponen yang dihubungkan secara bersamaan agar materi atau informasi bisa menagalir dengan mudah dan tanpa hambatan samapi mencapai tujuan.

Pengertian Sistem

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Sistem adalah suatu istilah yang sering dijadikan topik pembahasan pada tiap forum diskusi atau karya ilmiah. Sebab itulah penggunaan kata atau istilah sistem bisa diterapkan pada berbagai bidang dengan makna tersendii didalamnya.

Umumnya, sistem bisa diartikan sebagai sekumpulan komponen atau elemen yang memiliki hubungan atau keterkaitan didalamnya dimana kumpulan dari beberapa elemen itu bisa berinteraksi satudengan lainnya guna mencapai tujuan tertentu.

Sistem Menurut Para Ahli

Sistem adalah peranti penting dan sangat diperlukan pada suatu instansi resmi atau perusahaan. Sebab itu dengan adanya sistem yang terintegrasi, kinerja dari instansi atau perusahaan akan lebih sistematis dan terarah.

Akan tetapi untuk mendapatkan dampak positif dari pemakaian sistem, semua unsur yang terkait didalamnya harus bekerja sama demi mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Terlepas dari bidang apa suatu sistem itu nantinya diaplikasiakn, sebaiknya kita perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa definisi sistem menurut para ahli, dinataranya:

  • Menurut Jogiyanto (2005)
Baca Juga:  Manfaat Jaringan Komputer : Masyarakat Umum dan Bagi Perusahaan

Menurutnya, sistem merupakan suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu

  • Menurut Edhy Sutanta (2009: 4)

Sistem secara umum didefinisikan sebagai kumpulan hal atau elemen yang saling bekerja sama atau yang dihubungkan dengan cara-cara tertentu sehingga membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu fungsi guna mencapai suatu tujuan.

Sistem memiliki sifat-sifat atau karakteristik tertentu, yakni : Batasan Sistem, Komponen Sistem, Penghubung Sistem, Lingkungan Luar Sistem, Keluaran Sistem, Masukan Sistem, Sasaran Sistem dan Pengolahan Sistem.

Pengertian Informasi

Setiap data yang telah di olah ke dalam beragam bentuk yang mana nantinya bisa dipakai dalam mendukung pengambilan suatu keputusan dalah sebuah informasi. Suatu informasi adalah sarana penurun ketidak pastian bahkan secara tidak langsung bisa meningkatkan pengetahuan.

Informasi adalah piranti yang sangat penting dalam perkembangan dunia teknologi saat ini. Walau istilah informasi saling berhubungan dengan dunia teknologi namun tidak menutup kemungkinan bahwa informasi jufa mempunyai makna lain yang cangkupannya lebih luas pada bidang lainnya. Semakin berkembangnya teknologi maka suatu informasi juga bisa diterima lebih cepat. Dapat dikatakan saat suatu informasi berkembang pesat maka era teknologi informasi telah berjalan.

Informasi Menurut Para Ahli

Secara etimologi, informasi adalah istilah atau kata yang berasal dari bahas Perancis kuno pada tahun 1387 yakni Informacion. Sedangkan dalam bahas latin informasi berasal dari kata Informationem yang memiliki arti sebagai garis besar atau konsep ide. Dari pengertian itu dapat disimpulkan bahwa informasi adalah suatu pengetahuan yang bida dikomunikasikan dengan metode tertentu.

Agar lebih mudah memahaminya berikut pengertian informasi menurut beberapa para ahli, diantaranya:

  • Abdul Kadir (2002: 31); McFadden dkk (1999)
Baca Juga:  Inilah Fungsi Database Secara Umum Dalam Komputer

Menurut Abdul Kadir dan McFadden dkk, informasi adalah sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.

  • Azhar Susanto (2004:46)

Menurutnya, dalam bukunya yang berjudul Sistem Informasi Akuntansi, menyatakan bahwa informasi merupakan hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat.

  • Jogianto (2004:8)

Menurutnya dalam bukunya yang berjudul Analisis dan Desain Sistem Informasi, berpendapat bahwa informasi merupakan data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya.

  • Lani Sidharta (1995: 28)

Menurutnya, Informasi ialah data yang disajikan dalam bentuk yang berguna untuk membuat keputusan.

  • Anton M. Meliono (1990: 331)

Menurutnya, Informasi yaitu data yang telah diproses untuk suatu tujuan tertentu. Tujuan tersebut adalah untuk menghasilkan sebuah keputusan.

Pengertian Sistem Informasi

Setelah mengetahui pengertian sistem dan pengertian informasi, sekarang kita akan mengetahui pengertian sistem informasi. Sistem informasi adalah suatu pengertian yang terdiri dari gabungan antara kata sistem dan informasi. Dimana sistem adalah suatu kesatuan dari berbagai komponen yang saling terhubung antara satu dengan lainnya guna mencapai tujuan tertentu. Sedangkan informasi adalah kumpulan berbagai data yang telah diolah sehingga bisa dijadikan alat penentu keputusan.

Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Umumnya sistem informasi adalah sebuah sistem yang terdapat pada sebuah organisasi yang mana didalamnya terdapat kombinasi yant terdidir dari kumpulan orang, teknologi, fasilitas serta metode atau cara kerja yang menciptakan alur sebuah komunikasi. Serta berbagai proses tipe kejadian eksternal atau internal yang bisa dijadikan sebagai dasar dalam menentukan keputusan berdasarkan informasi yang ada pada sistem itu.

Berikut ini beberapa pengertian sistem informasi menurut para ahli, diantaranya:

  • Gordon B. Davis (1991: 91)

Menurutnya, Sistem informasi merupakan suatu sistem yang menerima input atau masukan data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.

  • John F. Nash (1995: 8)
Baca Juga:  Manfaat Jaringan Komputer : Masyarakat Umum dan Bagi Perusahaan

Menurutnya, Sistem informasi ialah Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, media, fasilitas atau alat teknologi, pengendalian dan prosedur yang ditujukan untuk mengatur jaringan komunikasi yang penting, proses transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.

  • Kertahadi (2007)

Menurutnya, Sistem informasi merupakan alat untuk menyajikan informasi sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi dalam perencanaan, memulai, pengorganisasian, operasional sebuah perusahaan yang melayani sinergi organisasi dalam proses mengendalikan pengambilan keputusan.

  • Rommey (1997: 16)

Menurutnya, Sistem informasi yang diselenggarakan cara untuk mengolah, mengumpulkan, memasukkan, dan menyimpan data dan terorganisir cara untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan dan melaporkan informasi dengan cara yang suatu organisasi dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

  • Mc leod

Menurutnya, Sistem Informasi adalah sistem yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap), semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Daftar Pustaka

  • Arbie, E., 2000, Pengantar Sistem Informasi Manajemen, Edisi Ke-7, Jilid 1, Bina Alumni Indonesia, Jakarta.
  • Gordon B. Davis, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1, PT Pustaka Binamas Pressindo, Jakarta: 1991
  • Jogianto2 HM. 2005. Sistem Teknologi Informasi. Andi. Yogyakarta
  • Jogiyanto HM., Analisis dan Disain Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Andi Offset, Yogyakarta: 1999
  • Lani Sidharta, Pengantar Sistem Informasi Bisnis, P.T. ELEX Media Komputindo, Jakarta: 1995
  • Mcleod, Raymond, 2001, Sistem Informasi Manajemen, Jakarta, PT. Prenhallindo
  • Muhyuzir T.D., 2001, Analisa Perancangan Sistem Pengolahan Data, Cetakan Kedua, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta
  • O’Brein, James A., (2005), ”Pengantar Sistem Informasi”, Penerbit : Salemba 4, Jakarta.
  • Tata Sutabri, Sistem Informasi Manajemen, 2005, Yogyakarta, Andi