Pengertian Printer Infus/InkJet

Pengertian Printer Infus/InkJet, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Diposting pada

Pengertian Printer Infus/InkJet, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya – Halo Sahabat Galerinfo, di kesempatan ini kita akan membahas tentang apa itu printer infus atau InkJet. Tidak hanya itu, kita juga akan membahas fungsi dari printer infus ini lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian Printer Infus/InkJet, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Printer merupakan suatu perangkat keras yang sudah lumrah digunakan saat ini untuk mencetak berbagai dokumen. Printer tidak hanya satu macam saja, ada beberapa jenisprinter yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Bagi yang sedang bingung menimbang-nimbang untuk menggunakan printer infus, ada baiknya membaca artikel ini.

Pengertian Printer Infus/InkJet

Printer infus disebut juga dengan printer InkJet merupakan jenis printer yang digunakan untuk perangkat komputer dengan cara kerja membuat tampilan visual dari gambar digital ke permukaan kertas dengan pemanasan tetesan tinta yang ada di atasnya.

Biasanya, printer infus memiliki tempat tabung tinta di luar casing, namun ada pula model-model tertentu yang menjadikan tabung tinta tergabung dengan casing printer sehingga terkesan lebih aman sebab tabung tinta menempel dengan casing printer. Dengan demikian, kita bisa lebih mudah mengetahui volume tinta lewat tabung tinta yang menempel tersebut tanpa harus khawatir selangnya bergeser ataupun tintanya tumpah.

Jenis printer infus atau InkJet memiliki banyak pengguna. Jenis printer ini umum ditemukan di kampus, tempat sewa komputer, kantor hingga berbagai instansi kedaerahan selain adanya mesin fotokopi dan jenis printer laserjet. Para penjual dan teknisi printer sebagian besar menyarankan untuk memakai printer jenis infus ini dalam hal cetak mencetak karena warnanya yang presisi dengan warna yang nampak di layar monitor.

Baca Juga:  11+ Macam Perangkat Keras Internet dan Fungsinya Lengkap

Jenis printer infus ini menawarkan banyak ragam model, dari mulai model kecil dengan harga yang murah sampai model yang profesional tentu dengan harga yang lebih mahal tentunya. Masing-masing model mempunyai teknologi yang dijagokan, contohnya ada model yang bisa melakukan cetak duplex, ada pula model yang bisa mencetak dokumen berjumlah ratusan dan tetap menghasilkan warna dengan kualitas tinggi dalam waktu lama, ada model yang mengunggulkan segi teknis pemasangan software, ada model yang lengkap menu maintain-nya, ada model yang memiliki kapasitas tray besar dan masih banyak lagi.

Printer infus memerlukan perawatan lebih signifikan daripada printer laserjet. Bagi para pengguna printer infus, ada pengetahuan dasar yang wajib dipahami, seperti bagaimana mengelola tabung tinta, cara merawat selang tinta, merawat cartridge, cara reset printer dan cara membersihkan cartridge. Semua komponen itu membutuhkan perhatian serta penanganan yang baik jika sewaktu-waktu terjadi kendala pada saat sedang mencetak.

Fungsi Printer Infus/InkJet

Printer infus/ InkJet ini memiliki kegunaan untuk mencetak dokumen dengan tinta 4 warna yakni Cyan, Magenta, Yellow dan Black (CMYK).

1. Mencetak Dokumen

Pencetakan dokumen ialah alasan utama pembuatan printer. Hasil pekerjaan di layar komputer bisa ditransformasikan menjadi bentuk fisik dengan bantuan printer. Semua dokumen yang dicetak dengan printer infus akan memakai tinta CMYK tadi atau bisa juga hanya memakai tinta hitam (K) saja. Printer infus membuat kita bisa mencetak berbagai dokumen yang dibuat dari aplikasi Microsoft Word, QuarkExpress, Microsoft excel, Illustrator, Coreldraw, Indesign juga aplikasi lainnya.

2. Mencetak Foto

Foto adalah dokumen lain yang bisa dicetak dengan printer infus. Dalam hal mencetak foto, pengguna tentu memerluka kertas yang tepat untuk mencetak foto. Jenis kertas yang bisa digunakan untuk mencetak foto misalnya art carton atau art paper. Pengguna juga sebaiknya mengatur konfigurasi print untuk mendapatkan hasil cetakan yang baik di mode High Resolution.

Baca Juga:  Komponen Motherboard pada Komputer dan Fungsinya Lengkap

3. Mencetak Cover Buku

Jenis kertas yang digunakan untuk mencetak dokumen akan bergantung dari jenis dokumen itu sendiri. Untuk mencetak sampul buku, jenis kerta yang umum dipakai adalah art paper. Pengguna bisa memakai konfigurasi kualitas cetak Standard dengan hasil yang cukup bagus. Tetpai, jika menginginkan hasil cetak yang lebih bagus lagi, maka bisa diatur menjadi High Resolution.

4. Mencetak Stiker

Tinta printer infus dapat menempel di permukaan plastik. Oleh sebab itu, pencetakan stiker mellaui printer infus dapat dilakukan dengan memakai jenis kertas stiker vinyl. Pengaturan kualitas cetaknya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk mendapatkan hasil grafis stiker yang mutunya tajam dan mendetail, maka pengguna memakai High Resolution dan untuk mutu cetakan yang biasa, cukup menggunakan mode Standard saja.

5. Melakukan Scan dan Fotokopi

Ada merk-merk maupun model-model printer infus maupun laserjet yang dilengkapi dengan perangkat scanner. Pengguna bisa memindai dokumen melalui perangkat scanner yang terpasang sehingga dokumen bisa diolah lagi menggunakan software pengolah gambar maupun menjalankan fungsi mesin fotokopi. Printer yang dilengkapi dengan mesin fotokopi dan scanner lumrah dipakai di kantor-kantor atau tempat rental komputer yang sering melakukan pemindaian.

6. Analisa Dokumen

Pengguna komputer yang terlalu lama berada di depan monitor terkena paparan chaya tajam dan terang yang menyebabkan mata kelelahan. Pencetakan dokumen sangat membantu pengguna untuk tetap bisa menganalisa dokumennya tanpa harus berlama-lama menatap layar komputer.

Kelebihan dan Kekurangan Printer Infus/InkJet

Dalam memilih perangkat elektronik yang akan digunakan tentu membutuhkan pertimbangan-pertimbangan tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan dan banyak hal lainnya. Memutuskan untuk menggunakan printer jenis atau model tertentu sebaiknya dipikirkan matang-matang sebab tentunya kita ingin menggunakan alat yang nyaman dan bisa memenuhi kebutuhan kita.

Kelebihan Printer Infus/InkJet

  1. Printer infus menghasilkan cetakan berkualitas baik untuk gambar dengan ukuran besar dan foto. TInta printer infus bekerja dengan lebih baik dari segi percampuran warna serta gradiasi daripada printer laserjet.
  2. Printer infus bisa mencetak bia berbagai jenis kertas, seperti stasionery bertekstur, kertas foto glossy untuk cetak foto hingga jenis-jenis kain tertentu.
  3. Printer infus memang harganya sedikit lebih tinggi dibandingkan printer laserjet. Namun, untuk harga cartridge nya lebih terjangkau dibandingkan harga cartridge toner.
  4. Printer infus tidak harus dipanaskan (warm up) terlebih dahulu sebelum mencetak dokumen.
  5. Cartridge printer infus bisa diisi ulang dan digunakan lagi membuatnya memakan lebih sedikit biaya.
  6. Printer infus memiliki ukuran fisik cenderung lebih kecil, lebih mudah dirawat serta lebih ringan dibandingkan dengan printer laserjet.

Pengertian Printer Infus/InkJet

Kekurangan Printer Infus/InkJet

Di samping segala kelebihan yang sudah disebutkan tadi, ada kekurangan yang dimiliki printer infus.

  1. Printer infus membutuhkan tinta yang harganya lebih mahal.
  2. Tinta printer infus pada dasarnya berbasis air yang membuat hasil cetakannya lebih rentan pudar.
  3. Cartridge printer infus harus dibersihkan secara berkala dan proses pembersihan itu memerlukan tinta yang banyak.
  4. Teknologi printer infus sekarang masih terus dikembangkan agar bisa mencetak dengan lebih cepat lagi namun pada kenyataannya masih kalah cepat dengan kemampuan cetak printer laserjet.
  5. Penggunaan printer infus dalam waktu lama membuat hasil cetakannya menjadi agak berantakan (fuzzy), gambar berwarnanya terdapat garis-garis, cetakan teks memudar dan terkadang hanya cetakan mode grayscale yang muncul.
  6. Kapasitas tempat meletakkan kertas (tray) printer infus rumahan relatif lebih kecil dengan hanya kurang lebih 50 sampai 100 lembar saja yang dapat dimuat. Tidak seperti printer laserjet yang bisa memuat hingga 500 lembar (1 rim) kertas.
Baca Juga:  14 Macam Merk Router Terbaik dan Tercepat 2020

Itulah penjelasan dari Pengertian Printer Infus/InkJet, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya. Jadi, bagaimana Sahabat Galerinfo? Sudah mantap memilih printer infus? Semoga informasi tersebut bermanfaat ya bagi pembaca. Terima kasih.