Pengertian Modem

Pengertian Modem, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Diposting pada

Pengertian Modem, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya – Halo Sahabat Galerinfo, kali ini Galerinfo akan membahas tentang modem mulai dari apa itu modem, apa saja fungsi modem serta jenis-jenis modem di jaringan komputer. Yuk baca selengkapnya!

Pengertian Modem, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Ketika kita ingin mengakses internet melalui laptop atau komputer, tentu harus ada perangkat yang dapat memberikan sambungan internet tersebut. Salah satu perangkat yang dapat menyambungkan laptop atau komputer dengan internet yaitu modem. Sebelum cara tehthering dari handphone populer dan banyak digunakan seperti saat ini, penggunaan perangkat bernama modem inilah yang menjadi pilihannya.

Mungkin masih ada di antara Sahabat Galerinfo yang belum paham atau bahkan belum tahu apa itu modem, apa saja fungsinya serta jenis-jenisnya? Berikut ini penjelasannya.

Pengertian Modem

Modem sebenarnya adalah sebuah singkatan dari Modulator Demodulator. Modem ialah sebuah perangkat yang difungsikan sebagai modulator serta demodulator. Modulator sendiri merupakan alat yang bisa mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa untuk kemudian dikirimkan. Lalu, yang dimaksud dengan demodulator yakni pemisah sinyal informasi dengan sinyal pembawa yang membuat suatu data bisa diterima secara sempurna.

Modem secara umum bisa dibedakan ke dalam dua macam yakni modem internal dan modem eksternal.

Modem Internal

Modem internal ialah jenis modem yang telah dipasang langsung di dalam CPU komputer. Apabila diamati, modem internal inti berbentuk layaknya card yang dipasang pada salah satu slot ekspansi pada motherboard, seperti pada slot ISA atau PCI. Beberapa keuntungan yang didapat dengan memakai modem internal yakni dari segi biaya yang lebih hemat, hanya memerlukan sedikit ruang dan tidak memerlukan adaptor yang menjadikannya lebih sederhana. Meskipun demikian, ada pula kekurangan dari penggunaan modem internal ini, misalnya pengguna tidak bisa mengetahui indikator yang menunjukkan status modem secara langsung. Modem internal pun harus memakai tegangan CPU karena dipasang langsung dengan dalam CPU.

Baca Juga:  Pengertian Webcam Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

Modem Eksternal

Modem eksternal yakni jenis modem yang dipasang terspisah dari CPU. Pemasangan modem eksternal umumnya dilakukan melalui port USB amupun COM. Keuntungan yang didapat dengan memakai modem eksternal ini salah satunya yakni cenderung fleksibel dan portabel sehingga dapat dipindahkan ke komputer-komputer berbeda. Modem ini juga tidak memerlukan jatah slot ekspansi khusus, ada juga indikator yang menunjukkan status pemakaian modem, modelnya pun beragam di pasaran. Tetapi, harga modem ini lebih mahal dibandingkan jenis internal dan memerlukan tempat sendiri untuk pemasangannya meskipun tempatnya hanya sedikit. Apabila ditilik dari segi sistem jaringan nirkabel, ada jenis model eskternal GSM, CDMA, HSDPA dan HSUPA.

Fungsi Modem

Fungsi yang dimiliki modem yakni supaya komputer bisa disambungkan ke internet. Modem biasanya mempunyai fungsi utama untuk mengubah sinyal digital komputer ke sinyal analog, begitu juga sebaliknya. Tak hanya itu saja, ada juga fungsi-fungsi lainnya dari mode. Fungsi-fungsi tersebut adalah :

  1. Sebagai pengubah sinyal digital ke sinyal analog dan sebaliknya
  2. Menjadi penghubung suatu perangkat (laptop, komputer dan lainnya) ke jaringan internet
  3. Menjadi penerjemah sinyal melalui proses modulasi dan demodulasi
  4. Mengecek paket data guna komunikasi

Jenis-Jenis Modem

Jenis-jenis yang perlu Sahabat Gelrinfo ketahui ada beberapa seperti berikut ini.

1. Modem Dial-Up

Modem dial-up berguna sebagai penghubung antara komputer dengan jaringan internet melalui kabel telepon. Jenis modem ini sifatnya internal dan terpasang langsung di motherboard. Pengguna tidak dapat memakai telepon untuk sementara ketika menggunakan modem ini. Modem dial-up berkecepatan 12 sampai 20 Kbps. hampir seluruh laptop dan PC telah dilengkapi dengan modem dial-up.

2. Modem Kabel

Modem kable bisa menghubungkan komputer melalui sambungan TV kabel yang kecepatan downloadnya menyentuh 27 Mbps serta kecepatan uploadnya 2,5 Mbps upstream. Umumnya, layan internet tidak dibatasi dan pembayarannya secara bulanan. Meskipun tergolong modem yang lumayan mahal, tetapi kecepatan akses internetnya tidak terganggu pada jam-jam sibuk.

Baca Juga:  Pengertian Printer Infus/InkJet, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

3. Modem GSM

Modem GSM merupakan modem eksternal yang membutuhkan kartu SIM GSM untuk dapat difungsikan dan harus dipasangkan melalui port komputer. Kebanyakan orang memakai modem GSM di laptop. Kartu SIM harus usdah dalam keadaan diisi pulsa atau kuota internetnya supaya bisa tersambung ke internet. Modem ini mempunyai jangkauan jaringan lumayan luas tetapi pengguna akan membayarkan biaya langganan yang lumayan mahan setiap bulannya.

4. Model CDMA

Modem CDMA merupakan jenis nirkabel yang jaringan kerjanya yaitu CDMA. Modem ini memungkinkan lebih dari 1 sinyal bisa menempati saluran transmisi tunggal dan mengoptimalkan bandwith yang tersedia. bebrbeda dengan modem GSM, modem ini tidak terpaku pada frekuensi tertentu untuk pemakainya. Tiap saluran bisa memakai spektrum penuh yang tersedia. Modem jenis ini harganya lebih mahal dari GSM tetapi terpisah jalur komunikasi seluler dengan datanya dan membuat sambungannya lebih stabil.

Pengertian Modem

Cara Kerja Modem

Pada dasarnya modem ialah suatu perangkat yang membuat komputer bisa berkomunikasi dengan komputer lain sebgan cara menerjemahkan sinyal yang terpancar. Komputer sebagai hardware memancarkan sinyal digital yang bisa menghasilkan tampilan dokumen, gambar maupun program. Sedangkan, saluran internet melalui telepon ialah perangkat yang bekerja dengan sinyal analog.

Sinyal digital dari komputer harus diubah dulu menjadi sinyal analog agar bisa melewati saluran telepon. Proses modulasi dan mdemodulasi yang dilakukan modem menerjemahkan sinyal digital ke analog serta sinyal analog menjadi sinyal digital.

Itulah penjelasan materi Pengertian Modem, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya. Masih adakah di antara pembaca yang setia menggunakan modem? Semoga pembaca mendapat manfaat yang dari artikel ini. Terima kasih.