Microsoft Visual Basic : Pengertian Beserta Penjelasannya

2 min read

Microsoft Visual Basic Pengertian Beserta Penjelasannya

Microsoft Visual Basic : Pengertian Beserta Penjelasannya – Pada kesempatan ini Galerinfo akan membahas mengenai Microsoft Visual Basic. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian Microsoft visual basic 6.0 beserta penjelasannya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat artikel Galerinfo tentang Microsoft Visual Basic berikut ini.

Microsoft Visual Basic : Pengertian Beserta Penjelasannya

Menurut Andi (2002) Microsoft Visual Basic 6.0 adalah salah satu bahasa pemrograman yang dipakai untuk membuat aplikasi Windows yang berbasis Grapical User Interface (GUI) atau lebih dikenal dengan grafis. Pemrograman ini adalah program terkendali kejadian (event driven programming) maksudnya program menunggu sampai adanya respon dari pengguna berupa kejadian atau event tertentu (misalnya menu di pilih, tombol di klik dan lain sebagainnya).

Visual Basic ini sangat terkenal pada tahun terakhir ini, karena lebih banyak dipakai sebagai developer dibandingkan bahasa pemrograman yang lain semisal Pascal yang mana harus menulis program untuk segala sesuatu. Pemrograman ini dalam menambahkan sendiri sebagian kode program secara otomatis pada program yang membuat pekerjaan programmer menjadi lebih mudah.

Pemrograman ini membuat berbagai kemudahan bagi para perancang program yang berbasis Windows dalam mengapresiasikan imajinasi dengan memakai objek yang tersedia dalam fasilitas program ini. Serta fasilitas click and drag untuk membuat tampilan menjadi menarik sesuai dengan keinginan pada pembuat program.

Pada visual basic juga menyediakan berbagai fasilitas yang dapat untuk menyusun sebuah program dengan memasangkan objek grafis pada sebuah form. Disamping itu juga program ini menampilkan berbagai kemudahan dalam mengatur serta mengelola pada suatu database.

Baca Juga:  Cara Membuat Background di Word Dengan Mudah

Selain berbagai keistimewaaan yang diberikan, hal yang paling utama yaitu Object Oriented Programming (OOP) yang disebut juga pemrograman yang berorientasi pada objek yang mempermudah para pemakai dalam membangun sebuah modul aplikasi yang lengkap.

Memulai Program Visual Basic

Microsoft Visual Basic Pengertian Beserta Penjelasannya

Bagi Anda yang ingin memulai program dari Visual Basic bisa mengikuti langkah sebagai berikut:

  1. Langkah awal Anda dapat klik tombol Start pada Taksbar;
  2. Selanjutnya pilih program dari tampilan menu utama;
  3. Lalu pilih Microsoft Visual Basic 6.0.

Menurut Andi (2002) layar Microsoft visual basic merupakan suatu singkingan besar yang meliputi beberapa bagian kecil yang keseluruhannya mempunyai sifat bias digeser pada posisi manapun yang Anda inginkan. Bias diubah ukurannya seperti Anda mengubah ukuran jendela Windows serta bias menempelkan dengan bagian lain yang berdekatan.

Menu Bar

Tampilan menu bar terdiri atas segala perintah Microsoft yang bisa dipilih untuk melaksanakan tugas tertentu. Isi dari tampilan menu ini sebagian hampir sama dengan program Windows pada umumnya.

Control Menu

Control menu merupakan salah satu menu yang dipakai untuk memanipulasi jendela visual basic. Pada menu ini Anda dapat mengubah ukuran, menutup jendela atau memindahkan Microsoft visual basic atau jendela windows lainny. Pada control menu terdiri ata Move, Restore, Size, Maximize, Minimize dan Close.

Form Window

Jendela Windows atau Form Windows adalah daerah kerja utama yang mana Anda bias membuat berbgai program aplikasi visual basic. Dalam form ini Anda dapat merencang gambar, teks, perintah, tombol, scrollbar dan lainnnya. Form Windows ini awalnya terlihat kecil, namun ukurannya dapat diubah menyesuaikan kebutuhan aplikasi yang Anda buat.

Toolbar

Toolbar merupakan suatu tombol yang mewakili beberapa perintah tertentu dari visual basic ini yang memiliki fungsi untuk pengaksesan perintah secara cepat. Pada tiap tombol itu bias langsung diklik untuk melaksanakan perintah tertentu. Umumnya tombol ini adalah beberapa perintah yang sering dipakai dan terdapat pada menu visual basic.

Baca Juga:  Cara Membuat Grafik di Word Paling Mudah

Jendela Properties

Jendela properties merupakan salah satu jendela yang mengandung semua informasi mengenai objek yang terdapat pada aplikasi visual basic. Properti ini bersifat sebuah objek, contohnya misal warna, namanya, posisi, ukuran dan lainnya.

Toolbox

Toolbox merupakan sebuah salah satu kotak piranti yang mencangkup semua control atau objek yang diperlukan untuk membuat suatu program aplikasi.

Jendela Code

Jendela code merupakan salah satu jendela yang penting di dalam microsoft visual basic. Dalam form ini berisikan berbagai kode program yang menjadi berbagai instruksi untuk aplikasi visual basic yang dibuat. Pada tiap objek pada visual basic bisa ditambahkan dengan berbagai kode program untuk melakukan bermacam tugas tertentu seperti menutup membatalkan perintah, aplikasi dan lainnya.

Form Layout Window

Form layout window merupakan salah satu jendela yang mengaplikasikan posisi dari form yang ditampilkan pada layar monitor. Posisi form pada form layout window ini yang menjadi petunjuk dimana aplikasi yang dibuat akan ditampilkan.

Mengakhiri Program Microsoft Visual Basic 6.0

Bila Anda telah selesai membuka lembar kerja program Microsoft visual basic, untuk mengakhiri program ini Anda bisa melakukan cara berikut ini:

  • Pertama dengan cara mengklik gambar ikon X (close) pada sudut kanan atas program;
  • Dengan meng-klik pilihan Exit pada menu file;
  • Meng-klik bentuk simbol gambar program Visual Basic pada sudut kiri atas, kemudian klik pilihan close.

Demikian penjelasan mengenai Microsoft Visual Basic : Pengertian Beserta Penjelasannya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.