14 Macam Merk Router Terbaik dan Tercepat 2020

3 min read

14 Macam Merk Router Terbaik dan Tercepat 2020

14 Macam Merk Router Terbaik dan Tercepat 2020 – Hai Sahabat Galerinfo, disini kita akan membahas tentang merk-merk router terbaik di tahun 2020. Bagi anda yang hobi berselancar di internet dan membutuhkan router, mungkin ini bacaan yang menarik untuk anda.

14 Macam Merk Router Terbaik dan Tercepat 2020

Router ialah suatu perangkat atau alat yang digunakan untuk mengirim paket internet ke tujuannya melalui suatu jaringan. proses pengiriman tersebut dinamakan routing. terdapat 3 lapisan dalam routing dari stack protocol OSI Layer tujuh lapis.

Router bisa menjadi penghubung bagi dua atau lebih jaringan supa dapat meneruskan internet ke jaringan lainnya. Tidak sama dengan Switch yang lebih kepada penghubung perangkat-perangkat dan membentuk Local Area Network (LAN). Router umum dipakai di jaringan berbasi TCP/IP.

Ada banyak sekali merk router hingga saat ini menyesuaikan dengan kebutuhan para pemakai fasilitas internet. Keberadaan router seakan menjadi suatu kebutuhan tak terelakkan. Untuk itu, dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa merk router dengan kualitas yang bagus.

14 Macam Merk Router Terbaik dan Tercepat 2020

Macam-Macam Merk Router Terbaik

Di Indonesia sendiri banyak sekali merk router yang beredar di pasaran dan memang ada beberapa merk yang sudah terkenal kualitasnya yang mumpuni dan sering dicari oleh para pengguna internet. Merk-merk router tersebut adalah:

1. Cisco

Cisco adalah merk router yang sudah terkenal dan memiliki tempat tersendiri dalam industri router nirkabel. Salah satu produk Cisci yakni sebuah perangkat lunak simulasi jaringan yang banyak dipakai sehingga Cisco pun mdinoabtkan sebagai salah satu merk terbaik. Router Cisco bisa digunakan dalam manajemen jaringan mulai dari lingkup kecil hingga besar. di samping itu, beberapa perusahaan besar pun menggunakan router merk Cisco sebab nama besar dan mutu yang tidak lagi diragukan.

Baca Juga:  Pengertian Fiber Optik, Fungsi, Jenis, Komponen, Cara Kerja

2. MikroTik

sebenarnya MikorTik ialah software tertentu tetapi umum dipakai sebagai router. MikroTik juga dipercaya sebagai salah satu merk yang bisa diandalkan serta memiliki fitur-fitur yang dibutuhkan dalam membangun koneksi IP Network juga nirkabel. Router MikroTik juga tepat dipakai untuk Internet Service Provider (ISP), bisnis warung internet (warnet) dan penyedia hotspot.

3. TP-LINK

Router merk TP-LINK memiliki banyak pengguna di Indonesia sebab beberapa penyedia internet atau WiFi pun tak jarang memakai router dari TP-LINK. Fakta tersebut membuktikan bahwa router TP-LINK memiliki kualitas yang baik dan sudah dipercaya. Router TP-LINK dibanderol dengan harga yang relatif terjangkai juga mengeluarkan beberapa jenis varian.

4. Linksys

Kemudian, router dengan merk Linksys produksi Amerika Serikat dinilai cukup profesional sebab sudah berproduksi mulai tahun 1988. Router merk ini menawarkan fitur-fitur menarik, seperti Parenting Control. Fitur Parenting Control mempermudah para orang tua untuk mengawasi anak-anak mereka dalam menggunakan internet dari segi waktu juga bisa mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan anak-anak merkea di internet.

5. Tenda

Router Tenda termasuk ke dalam jenis router unggulan sebab kecanggihan fitur-fiturnya. Router tenda bisa mendukung standar WiFi ac generasi ke lima juga kecepatan dual band yang cukup besar hingga mencapai 1167 Mbps. Fitur lainnya yang ada dimiliki router Tenda yaitu kemampuan memancarkan koneksi WiFi dengan lebih baik bahkan mampu menembus tembok dua kali lebih baik dibandingkan dengan router pada umumnya.

6. Huawei

router keluaran Huawei ini bisa dikatakan multifungsi dan sudah mendukung jaringan 4G. itu membuat kecepatan internetnya tidak dapat dipungkiri. Router Huawei pun bisa mengakses internet dengan dua cara yaitu memakai kabel yang tersambung dengan ISP dan bisa juga memakai kartu SIM dari berbagai operator di Indonesia baik CDMA maupun GSM.

Baca Juga:  Pengertian Printer Infus/InkJet, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

7. NETGEAR

Hal yang menonjol dari router merk NETGEAR ini yaitu bisa mengakses inernet dengan cepat. NETGEAR sadar bahwa akses internet yang cepat dan stabil adalah suatu kebutuhan yang wajib ada dan itu mengilhami NETGEAR untuk membuat sebuah fitur unggulan yang menjadi daya tariknya. Di samping pemilihan router, hal yang juga harus dipertimbangkan agar akses internet menjadi lebih nyaman dan cepat yaitu pemilihan provider internet.

8. D-Link

Merk router selanjutnya yaitu D-Link yang menjadi salah satu favorit internet user di Indonesia. Router D-Link menjadi sangat terkenal dikarenakan harganya yang cukup terjangkau tetapi tetap menawarkan keunggulan-keunggulannya. Fitur yang dimiliki D-Link yakni Repeater Mode yang bisa digunakan untuk memperluas jangkauan koneksi internet sehingga dapat digunakan di semua titik di rumah bahkan lebih jauh lagi.

9. ASUS Router

ASUS umum dikenal sebagai merk laptop atau handphone. Namun, salah satu produk yang juga dikeluarkan ASUS adalah router yang kualitasnya pun tidak bisa dipandang sebelah mata. Router berkemampuan dual band hingga 1,9 Gbps ini dilengkapi pula dengan fitur security Aiprotection yang dapat digunakan saat menjelajahi internet. Fitur tersebut tentu menambah keamanan untuk pengguna handphone dan bentuknya pun lumayan eksentrik.

10. TOTOLINK

Merk router terakhir yang tak kalah bagus adalag TOTOLINK dari Hongkong, Cina. Meskipun merk router ini tidak akrab ditelinga masyarakat Indonesia, namun perusahaan produsen router ini sudah mempunyai pengalaman lebih di bidang perangkat keras jaringan. Router TOTOLINK memiliki sertifikat ISO14001-2004 serta ISO9001-2008 dan tentu saja sertifikat tersebut menjadi bukti akan kualitas yang dimiliki TOTOLINK. Tidak hanya itu saja, router ini berkecepatan tinggi tetapi tetap stabil.

11. Router WiFi Xiaomi

Merk yang satu ini sepertinya sudah sangat familiar untuk kita, ya Xiaomi. Brand ini kita kenal dengan produk smartphone nya yang murah namun tetap berkualitas. Ternyata xiaomi tidak hanya mengeluarkan smartphone saja, banyak barang elektronik yang dibuatnya salah satunya adalah router. Anda bisa menemukan router xiaomi ini dibanyak tempat tentunya dengan harga yang terjangkau yakni sekitar Rp 250.000 – Rp 600.000.

Baca Juga:  Pengertian Flashdisk Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

12. Router WiFi Trendnet

Berbeda dengan router-router lainnya, brand yang satu ini memiliki amplifier dengan kekuatan tinggi yang dapat memaksimalkan jangkauan dari sinyal WiFi. Tidak hanya itu, kecepatan koneksi wireless yang dihasilkan pun sangat cepat yaitu 1300 Mbps AC + 450 Mbps N bands. Belum lagi share port dengan USB 3.0 yang digunakan untuk berbagi file berkecepatan up to 5 Gbps, Wow. Harga yang ditawarkan untuk router ini berkisar Rp 170.000 – Rp 3.300.000.

13. Google WiFi

Google merupakan salah satu perusahaan raksasa yang terkenal dari berbagai macam produknya seperti Youtube, Gmail dll. Hampir semua aplikasi pada perangkat kita semua berkaitan dengannya, termasuk salah satu router yang ia miliki. Router Google WiFi ini bentuknya sangat kecil, namun jangkauan wirelessnya bisa mencapai 1.500 meter persegi (m²) dan sangat pas untuk user rumahan. Harga yang dibanderol untuk router ini kisaran Rp 1.900.000 – Rp 5.000.000.

14. Router WiFi Synology

Yang terakhir kita punya dari brand Synology, berbeda dengan Google diatas ini ditujukan untuk user kantoran. Router ini menggunakan teknologi wireless teranyar, 802.11ac wave 2 yang memungkinkan kecepatan koneksi hingga 2 Gbps dengan fitur Dual WAN. Dengan kecepatan seperti itu sangat pas digunakan untuk perangkat yang banyak sekaligus, harga untuk roter ini kisaran Rp 3.300.000 – Rp 4.000.000.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang 14 Macam Merk Router Terbaik dan Tercepat 2020. Semoga penjelasan tersebut bisa menambah pengetahuan pembaca. Terima kasih.