Cara Mengatasi Bluetooth Peripheral Device Dengan Mudah

2 min read

Cara Mengatasi Bluetooth Peripheral Device Dengan Mudah

Cara Mengatasi Bluetooth Peripheral Device Dengan Mudah – Fitur bluetooth, terdapat berbagai jenis peranti pada saat ini misalnya modem, VGA, keyboard, dvd driver dan lain sebagainya. Hal ini memerlukan driver supaya dapat dikenali oleh system operasi yang membawanya.

Supaya fungsi bluetooth yang ada pada komputer tidak bermasalah, penting untuk memastikan bahwa instalasi driver bluetooth tidak menglami masalah, serta driver selalu di back-up rutin setiap sekian waktu dan menggunakan aplikasi tritd party untuk fitur terkait.

Oleh karena itu dalam artikel ini Galerinfo akan membahas mengenai cara mengatasi bluetooth pripheral device, berikut pembahasannnya.

Cara Mengatasi Bluetooth Peripheral Device Dengan Mudah

Driver, dalam hal ini bluetooth memiliki fungsi untuk penghubung komunikasi data dengan hardware bluetooth dengan sistem operasi supaya dapat dikenali dan agar dapat bekerja lebih optimal. Kesalahan instalasi driver bluetooth, hasil instalasi driver yang mengalami corrupt atau kerusakan, registry entry yang bermasalah dapat menyebabkan masalah pada kativitas transfer data yang memakai fitur bluetooth.

Instalasi driver bluetooth peripheral device

Cara Mengatasi Bluetooth Peripheral Device Dengan Mudah

Cara pertama untuk mengatasi masalah bluetooth peripheral device yaitu bila tidak terkoneksi komputer adalah dengan menginstal aplikasi dari windows yakni Microsoft Windows Mobile Device Center atau dapat juga dengan memakai software pencari driver otomatis tanpa koneksi internet. Dengan cara sebagai berikut:

  • Anda dapat mendownload aplikasi Microsoft Windows Mobile Device Center dari situs microsoft.
  • Kemudian buka tool system manager.
  • Setelah muncul tampilan system manager, Anda klik pada note “other devices”, selanjutnya klik kanan pada ikon “bluetooth peripheral device”.
Baca Juga:  Aplikasi Remote Komputer Terbaik dan Sangat Populer

device manager bluetooth peripheral device

  • Maka akan tampil submenu, klik kanan pada menu “update driver software”.

update driver software bluetooth peripheral device

  • Karena Anda memakai opsi instal driver dari lokasi yang Anda tentukan sendiri, maka pilih opsi “browse my computer for driver software”.
  • Selanjutnya klik opsi “let me pick from a list of device drivers on my computer” untuk menginstal kategori hardware yang mana device berjenis bluetooth.
  • Lalu pilih “radio button bluetooth radios”.
  • Selanjutnya pilih “list manufacturer”, lalu pilih “microsoft corporation” dan pilih “windows Mobile-based device support”.
  • Bila tampil pesan yang menyatakan konfirmasi “verifikasi signature driver”, abaikan dengan klik “Yes”.
  • Pada kotak dialog yang menyatakan “windows has finished installing the driver software for this device”, yang mana proses instalasi Anda telah selesai.
  • Terakhir yakni mengecek pada kotak dialog system manager tadi, dengan klik kanan pada note teratas komputer dan klik “scan for hardware changes”.
  • Klik pada node bluetooth radios, jika muncul list device radio dengan tanda seru kuning yang sudah menghilang, menandakan instalasi telah berhasil.

Aktivasi mode discover

Cara yang kedua untuk mengatasi bluetooth peripheral device adalah dengan melakukan troubleshooting pada mode discover perangkat. Baik pada komputer, laptop atau device printing. Hal ini adalah suatu kelebihan lollipop sebab sudah disupport.

Device printing adalah device berupa output yang fungsinya melakukan pencetakan ke media hardcopy semisal label dan kertas seperti POS printing, thermal printer dan lainnya. Adapun cara memperbaikinya sebagai berikut:

Pastikan service bluetooth aktif

Agar dapat memastikan untuk service bluetooth pada windows Anda aktif, dapat melihat pada system tray (bagian kanan bawah taksbar windows). Bila terdapat ikon bluetooth, maka service bluetooth Anda telah aktif. Bila tidak maka besar kemungkinan service bluetooth Anda tidak berjalan yang membuat aktivitas bluetooth tidak dapat dilakukan.

Baca Juga:  16 Keunggulan HP Java dibandingkan Android Lengkap

Nyalakan mode discovery

Pada cara ini dapat memungkinkan perangkat berbasis bluetooth dapat diketahui dan mode tersedia baik pada perangkat komputer atau printer. Cara mengatur mode discovery, antara lain yaitu:

Pada perangkat android

  • Anda dapat masuk ke pengaturan ponsel, lalu cari bagian Bluetooth.
  • Pada setting yang tampil Anda cari opsi mode discovery, kemudian Anda aktifkan mode discovery. Biasanya akan aktif untuk beberapa detik, maka Anda lakukan pairing antar device yang ingin dikoneksikan.

Pada perangkat komputer

  • Anda dapat klik kanan pada ikon bluetooth yang terletak di system tray windows.
  • Kemudian Anda klik pengaturan atau settings.
  • Maka akan tampil kotak dialog, lalu pada section discovery Anda tandai centang pada “allow bluetooth devices to find this computer”. Tujuannya agar komputer Dapat dicari dari perangkat bluetooth lain.

Pada perangkat usb printing

  • Sedangkan untuk bluetooth sendiri, pada umumnya service bluetooth sendiri sudah teraktivasi pada perangkat.
  • Meski begitu ada beberapa tipe yang mungkin mengaktifkan mode energy saver sehingga bluetooth ini masuk pada mode sleep atau standby.
  • Untuk mengaturnya bisa dengan cara masuk ke pengaturan >energy saving >sleep mode. Kemudian pilih untuk menaikkan durasi sleep atau mematikan mode sleep.

Troubleshooting Tethering

Cara yang ketiga untuk mengatasi bluetooth peripheral device yaitu device bluetooth berkaitan dengan bluetooth tethering adalah perangkat yang dialih fungsikan untuk membagi koneksi internet yang dimilikinya pada perangakat lain yang terhubung dengan menghubungkan media koneksi bluetooth. Untuk mengatasi masalah device bluetooth berkaitan dengan bluetooth tethering.

Terdapat dua mode distinct untuk wifi, antara lain:

  • WiFi dengan dengan koneksi melalui perantara

AP atau singkatan dari Access Point, Ini seperti ketika mengatur device dengan hot-spot WIFI pada sekumpulan device berbasis nirkabel.

  • Menggunakan sebagai ad-hoc, mengkoneksi diantara 2 perangkat secara langsung

Umumnya bluetooth yang berkerja sama dengan mode ad hoc yang kedua perangkat dikoneksikan langsung yang membuat adanya proses pertukaran data dua arah. Beberapa perangkat seperti keyboard atau berbagai jenis mouse komputer, mikrophon, speaker dan lainnya. Dapat dikoneksikan dengan cara di pair dengan device lain, termasuk memakai mekanisme bluetooth teathering.

Baca Juga:  Cara Instal Ulang Laptop Mudah dan Tanpa Ribet

Demikian pembahasan mengenai Cara Mengatasi Bluetooth Peripheral Device Dengan Mudah, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.