Manfaat Jaringan Komputer : Masyarakat Umum dan Bagi Perusahaan

3 min read

Manfaat Jaringan Komputer : Masyarakat Umum dan Bagi Perusahaan

Manfaat Jaringan Komputer : Masyarakat Umum dan Bagi Perusahaan – Salah satu perkembangan teknologi yang paling terasa dalam kehidupan manusia yaitu perkembangan jaringan komputer. Dengan teknologi jaringan komputer tentu pada saat ini kian berkembang dengan pesat.

Tak Cuma dapat menghubungkan antara PC pada sata jaringan. Juga pada setiap benda yang mempunyai pengoprasian memakai komputer dapat saling terhubung dengan lainnnya. Misalnya saja pada beberapa jenis mobil yang telah dapat saling terhubung menggunakan smartphone.

Manfaat Jaringan Komputer : Masyarakat Umum dan Bagi Perusahaan

Pada jaringan komputer mempunyai banyak sekali manfaat yang dapat kita nikmati. Dari beberapa bidang, kita juga bisa merasakan manfaat dari sistem jaringan komputer tersebut. Dalam hal ini Galerinfo akan membagikan beberapa manfaat jaringan komputer

Manfaat jaringan komputer bagi perusahaan

Manfaat Jaringan Komputer : Masyarakat Umum dan Bagi Perusahaan

Manfaat jaringan komputer yang pertama yakni dirasakan pada sebuah perusahaan, instansi bahkan organisasi. Tentu saja dengan jaringan komputer bagi sebuah perusahaan, instansi dan organisasi akan memberikan manfaat guna kelangsungan hidup pada organisasi itu. Berikut ini manfaat akan jaringan komputer bagi perusahaan, instansi dan organisasi, antara lain:

Mempermudah sharing files

Jaringan komputer untuk perusahaan, organisasi dan instansi sangat membantu dapat mempermudah sharing files. Tentu pada sebuah perusahaan atau instansi tentunya mempunyai banyak sekali document atau file yang harus di lihat antar divisi atau bagian. Dengan adanya jaringan komputer, sedah tentu proses sharing dari file dan document menjadi lebih praktis dan prosesnya lebih singkat.

Baca Juga:  Pengertian Teknologi, Definisi, Fungsi, Manfaat dan Jenisnya

Menjaga data yang bersifat rahasia

Pada jaringan komputer ini juga terdapat manfaat sebagai keamanan atau proteksi akan data penting dari sebuah perusahaan atau organisasi. Dengan memakai jaringan, terutama jaringan LAN atau lokal maka Cuma komputer yang terhubung pada jaringan saja yang dapat membuka dan mengakses data tersebut.

Hal ini juga bisa menghindari akan terjadinya hal yang tidak bertanggungjawab, semisal peretas data dan hacking yang  tentunya bisa merugikan perusahaan dan organisasi.

Memudahkan komunikasi antar divisi

Komunikasi adalah salah satu kebutuhan penting yang bisa menjaga kestabilan dan keharmonisan dalam sebuah perusahaan, instansi dan organisasi supaya dapat tetap utuh dan tidak terjadi kesalah pahaman. Dengan memakai penggunaan dari sistem jaringan komputer, maka komunikasi antar divisi dan atar personal pada satu ruang lingkup akan menjadi lebih mudah.

Anda tak perlu lagi pergi kegedung  lain hanya sekedar memberikan caratan penting atau memo. Anda cukup ketik pada komputer, kemudian mengirimkannya pada alamat yang dituju dengan memanfaatkan jaringan komunikasi itu. Maka memo atau catatan penting Anda akan sampai pada tempat yang dituju.

Mempercepat arus informasi

Jaringan komputer juga dapat bermanfaat untuk perusahaan atau instansi yang mulai berkembang, atau bagi yang ingin cepat menuju puncak keemasannya. Hal yang demikian dapat disebabkan adanya pemakaian jaringan komputer. Maka sumber informasi pada suatu perusahaan atau instansi akan menjadi lebih cepat bekerja.

Manfaat jaringan komputer bagi masyarakat umum

Disamping dapat memberikan manfaat yang sangat berguna bagi perusahaan, intansi dan organisasi. Pada suatu jaringan komputer tentu juga dapat mempunyai banyak manfaat untuk bidang personal serta masyarakat umum. Berikut ini beberapa manfaat jaringan komputer bagi masyarakat umum dan personal, diantaranya yaitu:

Baca Juga:  Pengertian Teknologi, Definisi, Fungsi, Manfaat dan Jenisnya

Email / Surat Elektronik

Manfaat jaringan komputer bagi masyarakat luas dan personal yaitu email. Email atau disebut juga surat elektronik kini sudah menjadi populer yang berfungsi mengganti kartu post dan surat memakai pos. Dengan adanya email, cukup dengan sekali klik dalam waktu kurang dari 1 detik Anda dapat mengirimkan email pada siapa saja melalui jaringan komputer. Misalnya seperti mengirim Surat kepada teman yang berada di luar negeri, Surat lamaran pekerjaan dan lain sebagainya.

Social Media

Sosial media atau lebih dikenal dengan sebutan sosmed adalah salah satu produk unggulan dari suatu jaringan komputer. Dengan adanya sosmed maka hampit seluruh informasi bisa didapatkan secara cepat dan mudah.

Mulai dari berita terbaru, kodisi seseorang, status pertemanan sampai lokasi seseorang dapat diketahui dengan memakai sosmed. Tentu hal yang demikian menjadi salah satu manfaat adanya sosial media.

Chatting

Chatting sampai saat ini menjadi salah satu pilihan utama dalam melakukan komunikasi. Tentunya biaya chatting lebih cenderung murah bila dibandingkan dengan biaya SMS biasa sehingga membuat chatting menjadi pilihan utama. Dengan adanya chatting Anda dapat melakukan obrolan dengan siapa pun dengan mudahnya serta tidak membutuhkan biaya yang besar. Cukup dengan mengkoneksikan komputer Anda melalui jaringan, maka Anda sudah dapat melakukan chatting dengan siapa pun.

Forum dan milis

Forum dan milis adalah salah satu manfaat jaringan komputer selanjutnya bagi masyarakat umum dan personal. Dengan adanya hal ini, maka banyak dari masyarakat yang dapa saling tehubung dengan forum dan komunitas tertentu serta berbagai informasi tentang ketertarikannya.

Seperti terdapat seseorang yang mempunya ketertarikan akan mobil klasik, maka ia dapat masuk kedalam forum atau milis penggemar mobil klasik. Agar dapat saling berkenalan dan mengetahui seputar informasi tentang mobil klasik secara khusus.

Baca Juga:  Pengertian Teknologi, Definisi, Fungsi, Manfaat dan Jenisnya

E-Commerce

Selain sosial media, e-commerce cukup diminati dan telah banyak dipakai oleh user. E-commerce adalah suatu proses transaksi jual beli yang dilakukan secara elektronik. Hal ini banyak digunakan pada pengguna online shop yang tren saat ini.

Anda bisa membeli sebanyak apapun dengan mudah, cukup dengan sekali klik bahkan Anda dapat membayar tagihan serta biaya dengan memaka e-commerce ini. Disamping itu e-commerce juga dapat digunakan untuk memesan minuman, makanan, booking hotel, transportasi atau hal lainnya.pada fitur e-commerce tentunya akan memberikan kenyamanan bagi para user untuk membeli sesuatu.

Video call dan video conference

Untuk saat ini pemanggilan telephone dengan memakai fitur video telah menjadi salah satu kemudahan yang ditawarkan pada masyarakat luas. Dengan saling tehubung pada sebuah jaringan, baik berupa internet atau jaringan lokal, maka banyak oranga yang dapat saling terhubung serta berkomunikasi dengan memakai video call dan video conference.

Internet Telephone

Mulanya telephonehanya dapat dilakukan pada jaringan telekomunikasi, dan belum dapat dipakai oleh jaringan komputer. Akan tetapi dengan seiringnnya jaman, pada saat ini jaringan komputer telah dapat dimanfaatkan untuk melakukan panggilan. Hal ini karena jaringan internet telah dapat melakukan panggilan dengan memakai fitur internet telephone. Sehingga anda tidak perlu menghabiskan banyak pulsa untuk melakukan panggilan ke luar kota dan juga luar negeri.

Demikian penjelasan mengenai Manfaat Jaringan Komputer : Masyarakat Umum dan Bagi Perusahaan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.