Komponen Motherboard pada Komputer dan Fungsinya

Komponen Motherboard pada Komputer dan Fungsinya Lengkap

Diposting pada

Komponen Motherboard pada Komputer dan Fungsinya Lengkap – Pada zaman sekarang kita sudah tidak asing lagi dengan perangkat komputer. Komputer sekarang bisa sangat mudah kita temukan diberbagai tempat, mulai dari tempat umum sampai tempat pribadi. Memang sekarang komputer termasuk barang yang penting untuk melakukan aktifitas maupun pekerjaan.

Berbicara mengenai komputer, disini Galerinfo akan membahas beberapa bagian dari salah satu perangkat keras komputer yakni motherboard. Kita akan membahas apa saja komponen yang ada pada motherboard tersebut dan masing-masing dari fungsinya.

Sekilas tentang motherboard, motherboard termasuk salah satu perangkat keras (hardware) yang menghubungkan berbagai jenis perangkat menjadi satu agar saling terhubung. Bentuk dari motherboard ini juga seperti namanya yaitu papan, seperti ini:

Motherboard

Komponen Motherboard pada Komputer dan Fungsinya Lengkap

Langsung saja kita mulai apa saja komponen yang ada pada motherboard dan masing-masing fungsinya.

1. Socket Processor

Socket Processor

Komponen ini adalah komponen yang bisa dibilang komponen yang paling penting. Mengapa diakatakan penting, karena socket inilah tempat dimana processor akan ditempatkan. Kita tahu bahwa processor merupakan otak dari sebuah perangkat untuk menjalankan komputer.

Pada sebuah motherboard, socket processor akan ada perbedaan jenis dari processor itu sendiri. Misalnya Intel dengan Amd, motherboardnya pasti akan berbeda, yang kita pilih harus sesuai dengan jenis socket processor yang akan kita pasang.

Baca Juga:  9 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air dengan Mudah (100% Ampuh)

Misal dari kubu AMD beberapa jenis socket yang dimilikinya adalah AM1, AM3+, AM4, FM2+ dan dari Intel adalah LGA1150, LGA1151 dan LGA1155. Jika kita ingin membeli dan memasang processor pada motherboard, maka carilah motherboard yang mempunyai socket yang sama dengan processornya.

2. Slot RAM (Memory)

Slot RAM

Komponen yang satu ini biasanya terletak tidak jauh dari socket processor, bentuknya memanjang dan jumlahnya lebih dari satu. Sama seperti processor, saat memilih ram pun kita harus mengetahui jenis atau tipe yang cocok untuk motherboard kita.

RAM dibedakan dari frekuensinya, yang biasanya dibedakan dengan nama DDR (Double Data Rate). Saat ini jenisnya terbagi menjadi DDR2,DDR3 dan DDR4, pada saat memilihnya pastikan kita tahu RAM jenis apa yang cocok untuk motherboard kita.

3. Slot IDE dan Slot Sata

Slot IDE dan Slot Sata

Kedua komponen ini mempunyai fungsi yang sama hanya berbeda bentuknya saja. Komponen ini berperan untuk menghubungkan harddisk atau CD atau DVD ROM ke motherboard. Sekarang biasanya harddisk dan CD ROM menggunakan slot sata, sudah jarang sekali ada yang memakai slot IDE.

Seiring berjalannya waktu CD atau DVD ROM sudah jarang digunakan lagi karena sudah tidak terlalu efisien, kebanyakan orang sekarang memakai flashdisk. Anda yang ingin membeli motherboard lihatlah terlebih dahulu apakah anda memerlukan kedua komponen ini atau salah satunya, lihat yang anda butuhkan.

4. Slot AGP dan Slot PCI

Slot AGP dan Slot PCI

Sama seperti slot IDE dan sata, kedua komponen ini mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk memasang VGA card atau GPU card. Untuk slot AGP adalah slot yang ada pada motherboard jenis lama, untuk motherboard keluaran baru sekarang semua memakai slot PCI, karena VGA keluaran sekarang tidak ada yang memakai slot AGP lagi.

Baca Juga:  11+ Macam Perangkat Keras Internet dan Fungsinya Lengkap

5. BIOS (Basic Input Output System) dan UEFI Chip

UEFI Chip

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan BIOS, komponen yang satu ini berfungsi untuk mengontrol seluruh perangkat yang ada pada komputer. Urusan booting adalah peran utama dari BIOS ini. Seiring berkembangnya zaman, tidak hanya komponen lain yang berubah, BIOS pun sekarang diganti dengan UEFI.

Tidak ada perubahan fungsi, UEFI sama fungsinya dengan BIOS, hanya saja UEFI lebih canggih dari BIOS. Bentuknya sama berbentuk chip namun letaknya berbeda tergantung dari jenis atau merk motherboard itu sendiri. Biasanya chip ini ada tulisan atau merk dari produsennya.

6. Battery CMOS

Battery CMOS

Jika anda pernah memperhatikan motherboard pasti anda melihat ada sebuah battery seperti kancing berwarna silver. Itu adalah battery CMOS (Complimentary Metal Oxide Semiconductor) yang fungsinya untuk menyimpan data atau pengaturan yang ada pada BIOS.

Jika battery ini habis, maka pengaturan BIOS akan kembali ke pengaturan awal atau default kembali. Bisa juga jika anda lupa password untuk login pada perangkat anda, anda tinggal melepas battery CMOS ini kemudian pasang kembali agar pengaturan BIOSnya di reset.

7. Power Connector

Power Connector

Nah untuk komponen yang ini sepertinya semua motherboard memilikinya, power connector ini adalah sebuah pin dengan 24 lubang yang fungsinya untuk menghubungkan power supply ke motherboard. Jadi komponen inilah yang menghantarkan daya ke komponen lain dari power supply.

8. Ports I/O (Input/Output)

Ports I O

Ports I/O ini adalah bagian dimana semua hardware untuk berinteraksi dengan user dipasang. Komponen ini terletak pada bagian samping dari motherboard tang bentuknya berupa slot-slot colokan untuk device user.

Disini ada lubang-lubang untuk menyolokkan mouse, keyboard, flashdisk, kabel power, audio dan masih banyak lagi. Intinya fungsi dari ports I/O ini adalah untuk kebutuhan pengguna dalam melakukan proses input/outpot sebuah perangkat.

Baca Juga:  11+ Macam Perangkat Keras Internet dan Fungsinya Lengkap

Demikianlah pembahasan lengkap kita tentang Komponen Motherboard pada Komputer dan Fungsinya Lengkap. Semua informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua, salam teknologi. Terimakasih.