Kelebihan PostgreSQL dan Kekurangannya Bagi Pengguna

4 min read

Kelebihan PostgreSQL dan Kekurangannya Bagi Pengguna

Kelebihan PostgreSQL dan Kekurangannya Bagi Pengguna – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Kelebihan PostgreSQL. Yang mana dalam pembahasan kali ini akan menjelaskan seputar kelebihan PostgreSQL dn kekurangan PostgreSQL bagi pengguna dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel Galerinfo mengeni Kelebihan PostgreSQL berikut ini.

Kelebihan PostgreSQL dan Kekurangannya Bagi Pengguna

Sudah banyak diketahui bahwa system database yang bisa kuat dipakai dan telah terbukti akan reputasi tentang kehandalan, integritas datanya, keakurasiannya. Serta memiliki pengembangan yang aktif lebih dari 15 tahun yakni PostgreSQL.

Arsitektur yang dirancang didalamnya mempunyai berbagai tanggapan dan reputasi sangat baik yang membuat system database menjadi handal dan kuat untuk dipakai. Tidak hanya itu saja, beberapa fitur yang tersedia adalah berbgai fitur pilihan yang sangat berguna untuk mereplikasi database itu. Fitur tersebut seperti DB Mirror, PGCluster, PGPool, Slony dan lainnya.

Dengan Anda mengetahui berbagai keungguln dan reputasi yang baik dari databae ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak masyarakat yang lebih memilih memakai database PostgreSQL. Selain database ini jenis databse open source yang secara bebas disebarluaskan denga memakai perjanjian lisensi BSD  yakni data base system Oracle dan database system MySQL.

Untuk membantu pengguna dari system database ini, Ada dapat memilih dan memutuskan memakai database PostgreSQL. Berikut ini akan membahas mengenai kelebihan PostgreSQL dan kekurangannya.

Kelebihan PostgreSQL

Kelebihan PostgreSQL dan Kekurangannya Bagi Pengguna

Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki system database PostgreSQL, antara lain:

Fitur OO

Dengan memiliki fitur OO yang juga adalah salah satu keunggulan dari PostgreSQL agar bisa mendefinisakan table dan mewarisi table yang lain untuk dapat dipakai. Fitur ini sangat berguna untuk mewarisi table dan tipe data (tipe data array. Dimana akan menjadikan PostgreSQL lebih praktis dalam penyimpanan item data dalam jumlah banyak dalam sati recordnya.

Baca Juga:  Manfaat Jaringan Komputer : Masyarakat Umum dan Bagi Perusahaan

Memiliki Arstitektur Multiproses

Arsitektur multiproses (forking) yang ada pada PostgreSQL menjadikan data base ini memiliki stabilitas yang tinggi. Hal ini bisa memungkinkan PostgreSQL bekerja lebih powerfull sebab seluruh daemon tidak akan mati walaupun mengalami satu proses anak mati. Hal demikian dahulu sering terjadi namun setelah melalui berbagai macam pengembangan, tidak perlu lagi khawatir lagi.

Kecepatan Meski Dalam Load Tinggi

Dalam database ini mempunyai kecepatan yang tinggi sehingga dapat mengalahkan kecepatan MySQL dalam hal query dengan klausa JOIN. Dengan tingkat yang kompleks wlaupun dalam keadaan load yang tinggi atau mempunyai jumlah koneksi simultan yang besar. Hal tersebut dikarenakan PostgreSQL sudah mendukung locking level pada bagian yang lebih rendah yaitu pada locking level row.

Memiliki Tipe Data Geometri

PostgreSQL juga dapat lebih memudahkan pengguna, karena data base system ini sudah support berbagai tipe data geometri. Tipe data geometri yang disupport seperti contoh garis, titik, polygon dan lingkaran yang sangat berguna untuk aplikasi tertentu (aplikasi ilmiah dan lainnya).

Menyediakan Seluruh Fitur Database

System data base ini juga menyediakan berbagai pilihan fitur database yang umumnya juga ada pada berbagai produk database komersial lainnya. Fitur ini telah disediakan oleh PostgreSQL hampir mencengkupi seluruh fitur data base yang sering dipakai.

Memiliki Semua Fasilitas Standar

Dengan tersedianya berbagai macam fasilitas standart yang sering dipakai dan diinginkan oleh pengguna. Seperti subselek, view, stored procedure, foreign key constraint dan trigger yang dapat meningkatkan performa PostgreSQL dalam melakukan tugasnya.

Dapat Mendefinisikan Field Sebagai Array

System data base ini juga dapat mendefinisikan atau menterjemahkan field yang umumnya belum bisa terdefinisi otomatis sebagai array.

Kemampuan Konektivitas Dengan Database Lain

Maksudnya system data base itu dapat membuat koneksi dari PostgreSQL itu sendiri dengan data base lainnya. Dengan konektifitas yang dimilikinya akan menjadikan pengguna semakin mudah dalam mengkoneksikan berbagai macam hal yang ada didalam database itu.

Baca Juga:  Fungsi Algoritma, Keuntungan Beserta Klasifikasinya

Memiliki Rule

Rule adalah salah satu tindakan custom yang dapat didefinisikan sebagai tereksekusi pada saat terdapat sebuah table yang di update, delete ataupun di insert pada database system itu.

Lisensi GPL (General Public License)

Dengan memiliki lisensi GPL ini bisa dipakai secara bebas pada tiap penggunaannya tanpa harus melalui proses pemesanan, pembayaran atau free of charge. Bisa juga dipakai dalam keperluan yang bersifatkaantor, pendidikan, komersil bahkan pribadi. System database ini juga bisa dipakai bahkan dimodifikasi dan didistribusikan dengan mudah.

Mampu Menampung Data Spasial

Seperti yang telah Anda ketahui, penyimpanan tentang data spasial bukanlah hal yang simple dan mudah. Penyimpanan yng perlu disediakan untuk data spasial perlu adanya ruang yang cukup besar. Dengan adanya PostgreSQL mempunyai kelebihan dalan hal tersebut yang tidak dapat dipungkiri lagi. System ini juga dapat dipakai dalam membuat situs yang bsis pemetaan dan lain sebagainya seperti Web GIS.

Memiliki macam macam bahasa pemrograman

Jenis bahasa pemrograman yang ada pada system database ini cukup beragam, seperti PHP, C++, SQL, Java dan lainnya.

Sebagai Alternatif Bagi Database Lainnya

PostrgeSQl juga menjadai salah satu alternative terbaik dalam pemilihan system database tipe open source yang lain seperti Firebird dan mqSQL. Terutama dalam system proprietary contohnya IBM’s DB2, oracle, Sybase dan Microsoft SQL Server.

Resisten Over Deployment

Hal inilah yang membuat PostgreSQL bisa memberikan keuntungan tambahan, antara lain:

  • PostgreSQL merupakan support yang kuat karena dapat memberikan support yang lebih baik bagi komunitas ahli dan peminat-peminatnya.
  • Tidak terdapat kemungkinan untuk pemeriksaan pemenuhan lisensi.
  • Lebih fleksibel di dalam menjalankan berbagai macam penelitian dan trial deployment dengan biaya yang dapat ditekan karena tidak ada biaya lisensi tambahan.
  • Menjadikan bisnis lebih profitable dengan adanya skala penyebaran yang dapat meluas.

Dapat Menghemat Biaya Staffing

Dengan desain system database ini membuat biaya staffing akan menjadi lebih hemat. Dimana membutuhkan tingkat pemeliharaan dan kebutuhn yang rendah bila dibandingkan dengan system data base sebelumnya. Walaupun demikian, PostrgreSQL tetap dapat mempertahankan performa, kualitas fitru dan stabilitasnya sehingga menjadi lebih dpat diatur dan efektif.

Baca Juga:  Inilah Fungsi Database Secara Umum Dalam Komputer

Stabil Dan Terpercaya

System ini sangat jarang mengalami Crashed bahkan tidak pernah ada laporan saat melakukan berbagai mca operasi dengan tingkt aktivitas yang terbilang tinggi.

Dapat Diperluas Dengan Mudah (Extensible)

Tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali dan dapat digunakan hampir pada setiap jenis Unix (34 platform terbaru yang dirilis) dan juga termasuk di Windows (menggunakan Cygwin).

Kelemahan PostgreSQL

Disamping memiliki beberapa keunggulan yang bermacam-macam, system ini juga mempunyai sisi kelemahan diantaranya yaitu:

Fungsi PostgreSQL Terbatas

Fitur yang diberikan memang beragam namun fungsi yang di tampilkan masih terbatas. Pada system ini hanya bisa melakukan beberapa fungsi seperti pergantian nama kolom, penambahan kolom dan pergantian pada nama table.

Penyediaan Fungsi Built-in Kurang Unggul

Dalam penyediaan fungsi built ini memang tidak begitu inti, namun system ini masih belum unggul dalam penyediaan fungsi itu.

Kurang Populer

Penggunaan system ini memang cenderung kurang popular bila dibandingkan dengan database lainnya. Selain system ini juga kurang begitu cocok pda pekerjaan dilingkungan web bila dibandingkan dengan darabase MySQL.

Multiproses dan Arsitekturnya Sulit Diterapkan Pada Windows

Walaupun telah bisa digunakan pada windows dengan memakai lapisan emulasi Cygwin. Namun pada kenytaannya windows sangt thread oriented. Hal ini membuat arsitektur dengan multi proses menjadi lebih sulit diterapkan tanpa memakai emulator.

Belum Tersedianya Replikasi

Perlu diketahui, walaupun database ini adalah salah satu jenis database system open source. Namun dalam distribusi standarnya PostgreSQL masih belum menyertakan replikasi. Hal ini membut perlu sedikit usaha atau kerja keras dari pengguna dalam mendistribusikan PostgreSQL. Dengan seiringnya perkembangan zaman, replilka system ini telah banyak dicoba dan dapat digunakan namun masih yang terbatas dan mempunyai berbagai macam kekurangan.

Kecepatan dan Kelangsingan Yang Kurang Terfokus

Meskipun didapuk sebagai database system yang unggul dalam hal multiproses dan jarang sekali mengalami crashed pada saat menjalankan aktivitas tinggi, namun kecepatannya dan kelangsingannya masih kurang dapat fokus.

Demikian penjelasan mengenai Kelebihan PostgreSQL dan Kekurangannya Bagi Pengguna, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.