Jenis Virus Malware dan Cara Menghapusnya Dengan Mudah

Jenis Virus Malware dan Cara Menghapusnya Dengan Mudah

Diposting pada

Jenis Virus Malware dan Cara Menghapusnya Dengan Mudah – Pada kesempatan ini akan membahas Jenis Virus Malware. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan beberapa jenis virus malware dan cara menghapus virus malware dengan mudah. Untuk lebih jelasnya simak artikel Galerinfo tentang cara menghapus virus malware berikut ini

Jenis Virus Malware dan Cara Menghapusnya Dengan Mudah

Kata Virus lebih sering di dengar bila dibandingkan dengan malware. Sering sekali saat kita mendengan kata malware, kebanyakan orang kan menyebutnya virus atau bagian dari virus.

Apa yang dimaksud Malware?

Malware merupakan salah satu program software, namun bedanya dengan program computer lainnya. Dimana program ini sengaja dibuat untuk tujuan merugikan atau jahat pada pengguna yang komputernya terkena malware ini. Malware juga bisa menyembunyikanatau mencuri bahkan menghapus data dari computer yang terken tanpa seijin pemilik. Program ini juga dapat menghabiskan bandwith dan sumber daya pada computer atau laptop Anda.

Jadi malware sangat berbahaya sebab tujuan dan sifat diciptakannya. Lalu apa kaitannya dengan virus? Perlu Anda ketahui juga bahwa virus sebenarnya adalah bagian dari malware. Malware di kelompokkan dalam 3 kategori berdasarkan tujuan dalam pembuatannya, antara lain:

  • Menyerang secara sembunyi, contohnya Trojan, atau backdoor.
  • Mengintai dan mencuri data, contohnya spyware.
  • Menginveksi komputer, contohnya virus, dan worm.

Jenis Virus Malware

Jenis Virus Malware dan Cara Menghapusnya Dengan Mudah

Virus ini adalah sejenis tipe malware yang pertama muncul dan menyusahkan banyak orang, hal ini membuat virus lebih banyak dikenal daripada tipe malware lain. Tidak jarang juga orang yang mengktegorikan semua malware sebagai virus.

Trojan

Nama Trojan Horse, berasal dri cerita peperangan di Yunani kuno yang mana para prajurit elit bersembunyi dalam patung kuda troya. Agar dapat memasuki benteng dan melakukan penyerangan sebab cara kerjanya sama. Trojan juga tampk seperti program penting atau dapat berguna padahal bila dieksekusi, program itu bertujuan merusak. Sebab Trojan umumnya ditunggngi oleh Worm, Virus, spyware atau malware lainnya yang berbahaya. Umumnya Trojan berekstensi .exe tau .com.

Baca Juga:  Perbedaan Linux Mint dan Ubuntu yang Dapat Anda Ketahui

Trojan sangatlah berbahaya, sebab program ini akan dapat memata-matai pengguna computer yang Anda lakukan mengimpan data penting semisal password dan mengirimkannya kepada pembuat Trojan tersebut. Trojan bahkan bis memberikan akses pada penggunanya untuk mengubah computer yang diserangnya.

Virus

Virus dengan tipe malware kelompok pertama ini adalah jenis malware yang pertama kali muncul. Hal ini membuat berbagai permasalahan yang ada pada computer, sering juga virus yang menjadi penyebabnya. Virus ini adalah sutu istilah yang dipakai untuk sebuah program yang menyisipkan diri pada suatu file data /program dengan tujuan tertentu.

Dengan virus tersebut bisa merubah ekstensi file yang terinfeksi, hal ini akan menjadikan tidak dapat dipakai lagi. Bisa juga virus memperbanyak diri yang membuat memori menjadi penuh dan akhirnya akan menjadikan computer lemot / hang. Lebih parahnya lagi vitus dapat masuk ke dalam system computer kemudian merusak, mengubah file system atau OS yang membut computer tidak dapat masuk windows.

Spyware

Selanjutnya Spyware adalah salah satu malware yang memiliki tujuan untuk mengintai perangkat yang diserangnya. Spyware juga bis merekam data penggunaan computer Anda, mengirimkan data / informasi, mengumpulkan informasi dari computer tanpa diketahui.

Bila yang direkam merupakan informasi mengenai internet Anda, seperti situs yang dikunjungi atau informasi yang sering Anda cari mungkin tidak berbayhaya. Namun bila yang direkam adalah nomor e-banking, kartu kredit, beserta passwordnya maka akan sangat berbahaya.

Worm

Seperti halnya virus, Worm juga tergolong bagian dalam malware pertama yang memiliki tujuan menginfeksi computer. worm juga bertujuan menyerang, merusak, mengubah file dan menggandakan diri sehingga memenuhi ruang memori. Bedanya, virus menyebarkan diri dengan cara menyisipkan diri pada file lain, sedangkan Worm adalah program yang berdiri sendiri tidak memerlukan file lian sebagai sarang.

Baca Juga:  Cara Preparing Automatic Repair Windows 10 yang Paling Mudah

Untuk menyebarkan dirinya, worm tidak membutuhkan perantara lain. Worm bisa menyebarkan dirinya dengan melalui jaringan dan bertelut pada tiap computer yang terhubung.

Cara menghapus Malware

Bila perangkat computer Anda telah terinfeksi maka jalan satu-satunya agar dapat menyelamatkan data Anda yaitu dengan menghapus malware yang menyerang. Berikut ini beberapa cara unutk menghapus malware yang dapat Anda lakukan, antara lain:

Hapus Temporary Files

Temporary file, termasuk cookies dan cache yang sering ada pada browser menjadi tempat bersarangnya malware. Untuk itu bersihkn temporary file pada browser, serta windows (recycle bin) bila ingin menghapus malware yang ada pada computer Anda.

Caranya menghapus temporary file di windows:

  • Buka Run, kemudian ketik %temp%.
  • Lalu hapus seluruh isi temporary file itu.
  • Kemudian hapus recycle bin dengan cara klik kanan pada icon recycle bin pad desktop llu pilih empty recycle bin.

Untuk menghapus temporary files pada browser chrome,

  • Buka histori > menu > pilih opsi hapus data penjelajahan. Centang semua opsi untuk menghapus data.

Hapus atau Reset System Restore

Windows juga terdapat fitur System restore, yang sangat berguna bila terjadi suatu masalah pada system. Dengan system restore Anda bisa mengembalikan system kembali seperti saat titik point restore yang disimpan. Namun sayangnya system restore juga sering digunakan sebagai tempat bersarangnya malware.

Untuk mereset system restore ini sangat mudah, Anda hanya butuh mematikan system restore lalu mematikan computer. setelah itu Anda dapat hidupkan kembali system restore, maka file system yng sebelumnya tersimpan sudah terhapus dan diganti dengan yang terbaru.

Scanning komputer dengan antivirus secara menyeluruh

Bila Anda memiliki antivirus, dapat melakukan scanning secara keseluruhan pada semua partisi hardisk pada lomputer atau laptop Anda. Pasang juga software anti malware dan lakukan scanning bil antivirus nda tidak memiliki fitur anti malware. Segeralah karantina atau hapus mlware yang terdeteksi.

Scan melalui Save Mode

Bila scanning secara normal kurang optimal dalam menghapus seluruh mlware yang menyerang computer Anda., lakukan scan melalui save mode. Saat save mode, windows akan berjalan dalam kondisi minimal. Hanya driver tertentu yang penting saja, software tambahan juga tidak aktif. Malware yang tidak bisa dihapus secara normal dpat menjadi tidak aktif pada save mode, sehingga dapat dihapus.

Baca Juga:  Peran Transport Layer Pada Jaringan Komputer Lengkap

Scan menggunakan Live CD

Ada beberapa malware yang dapat aktif walaupin windows dalam kondisi save mode. Untuk menghilngkannya Anda dapat melakukan scaning melalui Live CD. Anda melakukan scanning bahkan sebelum masuk windows atau pada saat booting. Umumnya hal in ibis mengatasi permaslahan malware yang menyerang, kecuali malware tersebut tidak terdeteksi sebagai malware.

Windows Defender

Windows defender adalah sebuah program keamanan bawaan dari windows. Bila Anda belum mempunyai antivirus dan tidak dapat menginstall antivirus pada computer Anda yang sudah terinfeksi malware. Anda dapat memkai program ini untuk menghapus malware atau virus lain.

Anda dapat melakukan scanning secara normal pada saat computer digunakan, atau Anda dapat melakukannya secara offline. Memakai windows defender offline lebih direkomendasikan sebab dengan cara ini proses scanning akan dilakukan sebelum masuk windows (saat booting).

Hapus program tidak dikenal/ aneh

Periksa isi program file yang telah teristal pada computer Anda, bila menemukan program aneh yang tidak Anda kenal, Segeralah uninstall atau hapus. Untuk itu nda harus mengetahui program apa saja yang telah terinstal, agar tidak adanya kesalahan uninstall. Namun walaupun salah menguninstal, itu tidak akan merusak system operasi, hanya program tersebut akan holing.

Install Ulang Komputer

Cara selanjutnya untuk menghilangkan malware dari laptop atau computer Anda. Dengan catatan, partisi selain file system juga harus segera Anda scn terlebih dhulu supaya tidak kembali terinfeksi pada system computer Anda. Namun terlalu sering menginstass ulang OS juga akan memberikan dampak tidak baik.

Demikian penjelasan mengenai Jenis Virus Malware dan Cara Menghapusnya Dengan Mudah, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.