Fungsi RAM Pada HP yang Perlu Anda Diketahui

2 min read

Fungsi RAM Pada HP yang Perlu Anda Diketahui

Fungsi RAM Pada HP yang Perlu Anda Diketahui – Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin lama perkembangan teknologi kian semakin canggih. Hal ini juga bisa Anda lihat dari berbagai perkembangan teknologi elektronik yang selalu menampilkan berragam inovasi baru.

Salah satunya yaitu ponsel pintar atau biasa disebut dengan smartphone. Rasanya berbagai produsen barang elektronik yang satu ini, saling berlomba agar dapat menciptakan berbagai teknologi baru supaya bisa menguasai pasar dan menarik konsumen.

Pada tiap keluaran terbaru, produsen ponsel pintar selalu memberikan berbagai macam hal keunggulan yang bisa menawarkan kemudahan bagi penggunanya. Dimulai dari segi tampilan layar yang kian melebar, prosesor yang semakin cepat, kapasitas RAM (Random Access Memory) yang sangat besar serta kemampuan kamera yang canggih. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat artikel Galerinfo mengenai fungsi RAM berikut ini.

Fungsi RAM Pada HP yang Perlu Anda Diketahui

Dengan kapasitas RAM yang berukuran besar akan menjadi suatu keunggulan yang selalu diperhitungkan oleh konsumen sebelum membeli smatphone. Semakin besar ukuran RAM yang ditawarkan, makan akan semakin menarik banyak konsumen untuk membelinya. Namun sebenarnya apa RAM tersebt dan bagaimana fungsinya?

Sebelum Anda memutuskan dalam membeli smartphone dengan kapasitas RAM yang cukup besar. Lebih baiknya Anda memahami terlebih dahulu fungsi RAM pada smartphone.

Fungsi RAM

RAM atau singkatan dari Random Access Memory adalah suatu ruang penyimpanan untuk berbagai data aplikasi yang masih aktif dalam ponsel. Umumnya RAM dipakai sebagai memori utama atau untuk menyimpan data primer. Namun pada jenis RAM tertentu dipakai sebagai penyimpanan sekunder jangka panjang.

Baca Juga:  Cara Menghapus Virus Baterai Dengan Mudah dan Ampuh

Ukuran besar kecilnya suatu RAM akan berpengaruh pada ponsel pintar Anda yang mana dapat mempengaruhi pada kinerja pengoprasian smartphone. Bila kapasitan RAM hanya berukuran kecil, maka kinerha ponsel dalam memproses perintah akan semakin lambat. Begitu juga sebaliknya bila kapasitas RAM besar, maka proses kinerja ponsel akan semakin cepat dan mudah.

Selain sebagai ruang penyimpanan data Rama juga mempunyai beberapa fungsi lainnya yang perlu Anda ketahui, diantaranya yaitu:

Mempermudah Penggunaan Multitasking

Fungsi RAM Pada HP yang Perlu Anda Diketahui

Pertama dari Fungsi RAM pada HP yaitu untuk mempermudah dalam penggunaan multitasking. Fungsi ini dapat memungkinkan bahwa pengguna bisa menjalankan dan membuka lebih dari satu aplikasi pada waktu yang bersamaan.

Smartphone yang memiliki kapasitas RAM yang besar akan membuat lebih mudah dalam menjalankan berbagai aplikasi pada satu waktu dengan cepat tanpa terjadi error. Sebaliknya bila kapasitas RAM yang kecil atau sempit maka akan menjadi rentan akan error saat dipakai dalam membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.

Umumnya smartphone keluaran terbaru telah mempunyai kapasitas RAM yang besar. Hal ini dapat menjadi keunggulan yang sangat cocok bagi Anda yang bekerja dengan mengandalkan smartphone. Namun pada umumnya semakin kapasitas RAM besar yang ditawarkan maka harganya pun akan semakin mahal.

Membantu Menyimpan Memori Sementara

Fungsi RAM selain dapat mempermudah penggunaan multitasking, RAM juga bisa dipakai untuk membantu menyimpan memori sementara. Fungsi yang satu ini bisa menyimpan berbagai informasi dan data dari palikasi yang tepasang didalamnya.

Setiap aplikasi yang dijalankan atau dibuka, informasi dan datanya akan terekam dan tersimpan secara otomatis didalam RAM. Pada proses penyimpanan ini umumnya dibantu dengan CPU yang akan memproses informasi itu terlebih dahulu sebelum diteruskan dan disimpan didalam RAM.

Baca Juga:  Komponen Motherboard pada Komputer dan Fungsinya Lengkap

Menentukan Spesifikasi

Fungsi RAM lainnya yaitu sebgai tanda dalam menentukan spesifikasi ponsel atau gadget. Umumnya Ponsel dengan kapasitas RAM besar akan memiliki spesisfikasi yang makin canggih dibandingkan dengan ponsel yang memiliki RAM kecil.

Bila spesifikasi kian canggih dan bagus maka akan memberikan berbagai kesempatan pengguna dalam memakai lebih banyak aplikasi. Sebab terdapat aplikasi tertentu yang tidak dapat dijalankan dan dipasang pada ponsel yang memiliki RAM kecil arau rendah.

Bagi Anda yang menyukai permainan online atau game online, diperlukan ponsel yang memiliki kapasitas RAM yang besar. Semakin besar kapasitas RAM yang Anda miliki, maka akan semakin lancar dapat menjalankan aplikasi game online tanpa da kendala.

Memiliki Fungsi Penting dalam Gaming dan Desain

Masih berkaitan dengan fungsi RAM selanjutnya yaitu berkaitan dengan gaming dan desain. Dengan fungsi ini ada berbagai macam aplikasi yang tela memakai teknologi canggih. Semisal penggunaan audio visual secara bersamaan, sampai dengan desain tiga dimensi atau biasa disebut 3D.

Aplikasi game tersebut akan mempermudah dalam menjalankan pada ponsel yang memiliki kapasitas RAM yang besar.

Ponsel dengan kapasitas RAM yng besar bisa memberikan kualitas gambar dan desain kian bagus pada saat dijalankan aplikasi itu. Anda akan merasakan perbedaan bila dibandingkan dengan pnsel yang memiliki RAM kecil atau rendah.

Sehingga bagi Anda yang menyukai game online, akan menjadi lebih nyaman bermain game online dengan memakai ponsel dengan RAM yang besar. Bahkan permainan pun bisa berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan dan gangguan.

Demikian penjelasan mengenai Fungsi RAM Pada HP yang Perlu Anda Diketahui, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.