Cek Plagiarisme Online yang Bisa Anda Gunakan Dengan Mudah

Cek Plagiarisme Online yang Bisa Anda Gunakan Dengan Mudah

Diposting pada

Cek Plagiarisme Online yang Bisa Anda Gunakan Dengan Mudah – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Cek Plagiarisme Online. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara cek plagiarism online yang bisa Anda gunakan dengan mudah. Untuk lebih jelasnya simak artikel Galerinfo mengenai Cek Plagiarisme online berikut ini.

Cek Plagiarisme Online yang Bisa Anda Gunakan Dengan Mudah

Tidak hanya dosen, bahkan sampai mahasisw juga memerlukan pengecekan pada hasil karya tulisannya apakah mengandung plagiarisme atau orisinil. Sebab akan memalukan saat karya tulis ilmiah dari kalangan akademis terdeteksi plagiarism.

Sehingg diperlukan cara dalam mengecek hasil tulisan sendiri apakah terdapat plagiarism atau tidak, sebelum akan publis secara luas.

Terkadang bagik dosen atau mahasiswa tidak ingin repot dan mengambil cara termudah dengan menjiplak kalimat. Semisal sebuah artikel berita, website atau karya tulis orang lain tanpa merubah kalimat serta mencantumkan seumbernya. Tentu hal yang demikin bisa disebut sebagai tidakan plagiarisme. Sebab sebuah karya tulis, baik berupa proposal, skripsi atau lainnya adalah karya tulis ilmiah yang ditinjau dari keabsahan dari penulisnya.

Teknik pemeriksaan plagiarisme dalam bentuk karya tulis memang terbilang cukup sulit untuk dilkukan. Sebab acuannya yang terbilng sulit diperoleh. Bahkan memerlukan waktu untuk melakukan pemeriksaan yang cukup lama. Hal tersebut agar dapat memastikan terlebih dahulu sumber mana yang diambil. Belum lagi ditambah dengan sumber yng diambil itu dapat dipertanggungjawabkan atau tidak.

Cek Plagiarisme Online

Dengan melihat hal yang demikian, para pengembang aplikasi pun telah membuat berbagai aplikasi untuk melawan plagiarisme. Agar dapat mengetahui cara kerjanya berikut ini cara cek plagiarisme online gratis pada beberapa aplikasi yang tersedia.

Baca Juga:  Aplikasi Remote Komputer Terbaik dan Sangat Populer

SmallSEOtools

Cek Plagiarisme Online yang Bisa Anda Gunakan Dengan Mudah

Aplikasi ini sering dipakai oleh para blogger untuk mengetahui tingkat plagiarisme pada sebuah karya tulis. Dengan palikasi SmallSEOtools ini masih dapat dipakai dalam bentuk website dan belum di buat versi desktop atau mobile. Aplikasi ini juga sering dipakai oleh para blogger sebab mudah penggunaannya dan termasuk aplikasi gratis dengan fitur yang terbilang lengkap.

Adapun cara penggunaan SmallSEOtools, antara lain:

  • Anda dapat mengunjungi wbsite SmallSEOOtools.
  • Kemudian pilihlah bagian plagiarisme checker.
  • Selanjutnya akan tampil halaman untuk mengecek tingkat plagiarisme. Batas kata yang dapat dimasukan dalam kotak cek plagiarisme yaitu 1000 kata. Bila memiliki jumlah tulisan lebih dari 100 kata, maka Anda dapat memasukannya secara bertahap.
  • Copy dan selanjutnya paste karya tulis kedalam kotak cek tersebut yang telah tersedia atau cara lain dengan import karya tulisan dalam bentuk Word.
  • Setelah itu Anda dapat klik ‘Check Plagiarisme’.
  • Maka selanjutnya akan tampil indikatir warna berapa persen tingkat palgiatnya. Bila menunjukkan warna hijau, berarti karya tulis itu bebas palgiat. Sedangkan bila tampil warna merah, menunjukkan tulisan itu mengandung plagiat.

Dalam aplikasi ini, akan menampilkan tulisan mana yang memiliki kandungan plagiat dan bila mengklik tulisan tersebut mka akan diarahkan langsung pada sumber plagiat.

Copyscape

Aplikasi ini juga adalah salah satu aplikasi dalam bentuk website yang bisa Anda gunakan sebagai aplikasi dalam mengecek plagiarisme. Selain kelebihannya dalam mendeteksi plagiat ada tulisan, Copyscape juga bisa dipakai sebagai alat mendeteksi situs yng terindiksi plagiat. Hanya saja, untuk dapat menikamti fitur tersebut Anda harus memakai versi berbayar, sedangkan untuk cersi gratis hanya dapat memakai fitur cek plagiarisme karya tulis.

Adapun cara untuk menggunakan website Copyscape, sebagai berikut:

Baca Juga:  Aplikasi Edit Background Video yang Mudah Anda Coba

Bila Anda memiliki tulisan yang dimuat pada sebuah website, copy alamat website tersebut dan paste pada kotak ‘search’ yang ada. Kemudian klik ‘Go’, maka akan tampil jendela yang berisi link mana saja yang akan menjadi sumber plagiatnya. Bila Anda ingin fitur yang lebih rinci lagi Anda dapat menggunakan versi premium dari aplikasi Copyscape.

Plagscan

Hampir serupa dengan situr lainnya untuk mengecek plagiarisme, dimana situs ini juga dipakai dalam cek tingkat plagiat pada sebuah karya tulis di internet.

Adapun cara penggunaan Plagscan, sebagai berikut:

  • Bukalah website Plagscan.
  • Selanjutnya Anda diharuskan untuk membuat akun terlebih dahulu.
  • Lalu selanjutnya Anda akan diarahkan pada halaman yang akan dipakau untuk mengecek karya tulis.
  • Cara mengeceknya dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, import file. Kedua, copy-paste dan yang ketiga dari link web. Pilih salah satu dari ketiga cara tersebut.
  • Setelah itu klik “Check” dan sistem akan memproses tulisannya.
  • Lalu akan tampil hasil laporannya klik “report”. Di sana ditunjukkan tulisan mana saja yang terindikasi plagiat atau tidak. Bila tulisan berwarna merah, maka tulisan tersebut adalah plagiat. Jika diklik tulisan tersebut, maka akan diarahkan ke link website asal plagiat.

Namun untuk versi gratis dari website ini hanya memiliki keterbatasan kredit sebanyak 20 kredit. Bila kereditnya habis, maka Anda harus memakai versi premium agar dapat memakai fitur ini.

Unicheck

Unicheck

Aplikasi Unicheck ini sering digunakan, terutama digunkan pada penulis, akademis, dosen dan editor. Keunggulan dari aplikasi ini terletak pada sisi detail pengecekan pada kata. Dengan aplikasi ini bisa mencari sumber di internet sampai mencapat 16 milyar halaman. Hanya saja untuk versi gratisnya pengguna bisa memakai aplikasi ini selam 14 hari saja. Selain itu jumlah kata yang dapat dicek pada aplikasi ini sebanyak 275 kata.

Baca Juga:  Cara Membuat Background di Word Dengan Mudah

Demikian penjelasan mengenai Cek Plagiarisme Online yang Bisa Anda Gunakan Dengan Mudah, semoga dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan Anda.