Cara Shutdown Otomatis Laptop dan Komputer Windows

3 min read

Cara Shutdown Otomatis Laptop dan Komputer Windows

Cara Shutdown Otomatis Laptop dan Komputer Windows – Pada kesempatan ini Galerinfo akan membahas mengenai Cara Shutdown Otomatis. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan beberapa cara shutdown secara otomatis baik pada laptop dan computer windows. Untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat artikel Galerinfo berikut ini.

Cara Shutdown Otomatis Laptop dan Komputer Windows

Saat Anda sedang melakukan aktifitas kegiatan pada latop atau computer sampai larut malam, terkadang Anda lupa untuk mematikannya saat Anda tertidur sampai membuat laptop atau computer menyala semalaman. Hal demikian akan mengakibatkan pemborosan listrik sebab listrik yang dipakai laptop atau computer akan menjadi terbuang sia-sia.

Selain pemborosan listrik, efek yang disebabkan tidak mematikan laptop atau computer akan dapat berakibat buruk pada laptop atau computer Anda. Misalnya CPU menjadi panas, boros listrik, kipas prosesor berputar terus menerus serta rentan menjadi kotor.

Mungkin Anda berpikiran membuat laptop atau computer ANda shutdown secara otomatis pada saat jam tertentu. Semisal pada jam saat kemungkinan besar akan tertidur saat mengerjaan tugas larut malam. Sekarang ini telah banyak software yang menyediakan berbagai fitur auto shutdown. Namun sebenarnya OS Windows sendiri juga telah terdapat fungsi itu tanpa memakai aplikasi pihak ketiga.

Cara Shutdown Otomatis

Terdapat beberapa cara untuk shutdown secara otomatis pada laptop dan computer. Sebab itulah dalam pembahasan ini kami akan menyajikan beberapa cara shutdown otomatis laptop dan computer yang terinstal pada OS Windows.

Melalui Task Scheduler

Cara Shutdown Otomatis Laptop dan Komputer Windows

Cara selanjutnya yaitu dengan mematikan laptop secara otomatis yakni dengan mengatur penyesuaian pada Task Scheduler, dengan cara sebagai berikut:

  • Buka jendela ‘Task Scheduler’, lalu pilih fitur ‘Search’ pada OS Windows untuk mencarinya;
  • Pada bagian sebelah kanan, klik ‘Create Basic Task’;
  • Saat jendela Wizard telah tampil, isilah kolom name dengan nama ‘Shutdown’, lalu pilih Next untuk melanjutkanya;
  • Kemudian mengatur kapan task tersebut dijadwalkan, contohnya, pilih ‘One Time’ bilaa Anda hanya ingin membuat task auto shutdown ini hanya untuk sekali saja;
  • Tentukan jam dan tanggal yang akan dijadwalkan untuk melakukan shutdown pada sistem laptop atau komputer Anda. Sesuaikan pengaturan dengan keinginan Anda, pilih Next untuk melanjutkan;
  • Untuk menjalankan jadwal shutdown sekarang, pilih ‘Start a program’ dan pilih Next;
  • Sedangkan untuk mencari program apa yang akan dijalankan, klik ‘Browse’, lalu temukan program Shutdown (shutdown.exe) yang terletak di direktori ‘C:\Windows\System32’, bila Anda sudah menemukannya, klik Open;
  • Kemudian pada bagian ‘Add agruments’, ketik “/s” yang fungsinya sebagai parameter dari program shutdown. Klik Next untuk melanjutkan;
  • Terakhir, akan tampil jendela informasi task yang baru saja Anda buat. Mulai dari nama, deskripsi, waktu program akan dilakukan serta program apa yang akan dijalankan. Kemudian Anda klik Finish untuk menutup jendela Wizard.
Baca Juga:  9 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air dengan Mudah (100% Ampuh)

Melalui Command Prompt

Pertama yang bisa Anda lakukan agar dapat membuat laptop atau computer Anda dapat shutdown secara otomatis yakni dengan memakai software bawaan OS Windows yaitu Command Prompt atau disebut juga CMD. Salah satu fungsinya yaitu agar dapat memberikan perintah yang tidak dapat dilakukan pada tampilan Graphical User Interface atau GUI. Caranya yaitu sebagai berikut:

  • Cara pertama, klik Start Menu, ketik ‘cmd’, kemudian pilih hasil pencarian yang muncul. (Cara ini khusus digunakan pada Windows Vista dan7);
  • Kedua, Tekan tombol Windows+R pada keyboard untuk membuka jendela Run. Kemudian, ketik ‘cmd’ dan tekan Enter pada keyboard;
  • Ketiga, Tekan tombol Windows+C pada keyboard untuk membuka bilah pencarian. Kemudian ketik ‘cmd’. Pilih Command Prompt yang muncul pada hasil pencarian. Cara ini khusus digunakan pada Windows 8.1 dan8.

Anda juga dapat membuka Command Prompt dengan ‘Run as Administrator’. Kemudian pada tampilan Command Prompt, ketik ‘shutdown/s/t 300’, kumidian tekan Enter.

Nah perintah Anda yang diketik pada jendela Command Promt mempunyai arti sendiri. Perintah s menunjukkan perintah agar melakukan shutdown pada system windows. Untuk perintah t yaitu perintah pada system untuk melakukan shutdown setelah mencukupi durasi waktu tertentu. Angka 300 yaitu menunjukkan waktu yang dihitung dalam satuan detik.

Pada contoh tersebut memilik arti kalau laptop akan shutdown secara otomatis dalam waktu 5 menit (60 detik x 5=300 detik). Angka tersebut memiliki sifat variable, maksudnya Anda dapat mengubahnya sesuai hati.

Membuat Berkas BAT

Pada cara tersebut sudah dapat membuat laptop atau computer Anda bisa melakukan shutdown secara otomatis. Akan tetapi, bila Anda ingin membuat cara shutdown otomatis yang ‘antimainstream’. Anda bisa membuat hal tersebut dengan menggunakan berkas berekstensi BAT. BAT merupakan salah satu ekstensi untuk membuak program berbasis batch pada Windows yang hanya dapat dilakukan oleh system Windows saja.

Baca Juga:  7 Cara Cek IMEI iPhone, iPad, iPod Touch Mudah (100% Ampuh)

Untuk membuat berkas BAT shutdown secara otomatis, buka Notepad melalui Start> All Programs> Accessories> Notepad. Anda juga dapat mengakses Notepad dengan mengetik ‘Notepad’ pada fitur pencaharian yang ada pada Start Menu lalu tekan Enter pada keyboard.

Pada jendela Notepad yang terbuka, salinlah kode berikut:

@echo off

:W

if %time%==00:00:00.00 goto :X

goto :W

:X

shutdown.exe /s /f /t 60 /c “Tidur!!!!!”

Tiap perintah yang ada pada kode tersebut mempunyai arti sendiri. Kode tersebut akan memerintahkan computer untuk terus mengecek jam untuk melihat apakah sudah tengah malam. Bila telah tengah malam, maka computer secara otomatis akan dimatikan dengan pesan ‘Tidur!!!!!’.

Anda dapat mengubah pada bagian ‘if%time%==’ menyesuaikan waktu yang Anda inginkan. Perlu diperhatikan pengaturan tersebut harus dengan format: HH:MM:SS.MS dan dalam format 24 jam agar berkas BAT yang Anda buat dapat dijalankan.

Bila kode telah dibuat, makan langkah berikutnya pilih File> Save As atau menekan tombol Ctrl+S pada keyboard. Sesuiakan opsi ‘Save as type’ menjadi ‘All Files’, kemudian ketik nama dari berkas BAT yang baru Anda buat. Misalnya, Anda member nama ‘timer.bat’ pada kolom isian file name, lalu klik ‘Save’.

Untuk menjalankan berkas BAT, lakukan double click pada berkas. Maka akan tampil layar ‘Command prompt’. Biarkan tampilan ini terbukan sambil Anda melakukan pekerjaan, anggal layar itu seperti ‘billing’ pada computer warnet.

Saat waktu yang telah Anda tentukan sudah tiba, laptop atau computer Anda akan menampilkan pesan selama satu menit selanjutnya computer akan dimatikan secara otomatis.

Membatalkan Shutdown Otomatis

Bila tadi Anda telah dituntun untuk membuat laptop atau computer Anda dapat shutdown secara otomatis. Anda dapat membatalkan proses shutdown dengan menekan tombol Windows+R pada keyboard, kemudian ketik ‘shutdown –a’ pada dalam jendela yang tampil dan tekan Enter. Maka akan tampil jendela ‘Command Prompt’ lalu menghilang  dengan sendirinya. Sebuah pesan pada sisi kanan layar yang memberitahukan kalau proses shutdown telah dibatalkan akan tampil.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca atau Terdeteksi

Demikian penjelasan mengenai Cara Shutdown Otomatis Laptop dan Komputer Windows, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.