Cara Setting Speaker Di Komputer Windows 7 Dengan Mudah

3 min read

Cara Setting Speaker Di Komputer Windows 7 Dengan Mudah

Cara Setting Speaker Di Komputer Windows 7 Dengan Mudah – Sound yang tidak berfungsi atau tidak berbunyi tentu akan membuat masalah bagi pengguna komputer. Selain itu juga tidak berfungsinya sound membuat jenuh, notifikasi yang masuk pada komputer akan terabaikan. Kita tahu kalau notifikasi umumnya masuk kedalam komputer dengan disertai bunyi tertentu.

Anda akan melihat video Anda sebagai pantomim tanpa speaker yang aktif pada komputer. Jadi baiknya, mengaktifkan speaker pada komputer itu menjadi keharusan. Dalam hal ini Galerinfo akan menjelaskan bagaimana cara setting speaker di komputer windows 7 dengan mudah.

Cara Setting Speaker Di Komputer Windows 7 Dengan Mudah

Bila kita membandingkan tampilan windows 7 dan windows xp, tentu terdapat banyak perubahan. Windows XP mempunyai kekurangan dan kelebihan, diantaranya bahwa Windows XP terkesan lebih simple, dan dapat jadi sangat simple. Sehingga dalam mengatur menu pada hardware harus melalui control panel terlebih dahulu.

Sedangkan pada Windows 7 diberikan desain yang telah cukup moderen. Efek yang ditampilkan pada Windows 7 cukup membuat mata tidak menjadi bosan menatap Windows XP. Namun Windows 7 memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri bila dibandingkan dengan Windows XP.

Poin yang paling penting pada Windows 7 yaitu tersedianya kemudahan saat kita ingin mengakses sesuatu. Contohnya untuk sound, Anda cukup dengan mengklik kanan icon speaker pada taskbar dibagian kanan bawah. Maka akan tampil menu pilihan, bila Anda ingin mengatur sound speaker Anda hanya dengan klik sound.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Bluetooth Peripheral Device Dengan Mudah

Anda juga dapat mengatur speaker sound pada komputer sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila Anda sering membuka aplikasi pemutar video, contohnya media player, vlc atau lain sebagainya. Maka akan tersedia tampilan ikon pilihan untuk pengaturannya.

Cara Setting Speaker Windows 7

Cara Setting Speaker Di Komputer Windows 7 Dengan Mudah

Windows 7 dibuat sebagai penyempurna dari Windows XP, namun beda dari kedua windows tersebut tidaklah terlalu banyak. Saat Anda baru saja mengupdate windows Anda pada versi Windows 7, Anda tidak akan menemukan kesulitan yang berarti.

Saat Anda menginstal Windows 7 dari XP, umumnya Anda langsung dapat menjalankan komputer Anda menyesuaikan dengan fungsinya dari monitor, speaker, dan printer. Namun bila sound tidak langsung dapat ditampilkan, dengan cara sebagai berikut:

Memasang Soundcard dan Jack Audio dengan Benar

Soundcard merupakan kartu suara pada sebuah komputer. Fungsi soundcard untuk engolah data berupa suara dan audio. Selanjutnya data dikeluarkan melalui speaker, soundcard dapat berupa dedicated soundcard atau onboard. Soundcard yang berjenis dedicated soundcard akan menhasilkan kualitas suara yang lebih baik sebab dapat bekerja lebih maksimal.

Memeriksa soundcard pada komputer merupakan langkah awal yang penting dalam setting speaker pada komputer Anda. Pastikan Anda memasang soundcard pada CPU dengan benar. Periksa keadaan motherboard juga agar memastikan kalau soundcard sudah sesuai. Hardware yang penting lainnya yaitu jac audio. Ini juga penting sebab berfungsi untuk mengirim suara menuju speaker.

Setting BIOS

Setelah melakukan langkah awal, selanjutnya cara setting speaker pada komputer windows 7 yaitu setting BIOS pada komputer Anda. BIOS merupakan kependekan dari Basic Input Output System. Software ini yang mengatur hardware pada komputer, contonya RAM, Keyboard, CPU, VGA Card, DVD/CD drive, Hardisk Drive dan hardware lainnya. BIOS bekerja saat komputer mulai dinyalakan. Software ini akan melakukan inisialisasi pada perangkat keras apa saja yang ada dan terhubung dengan komputer.

Baca Juga:  Cara Membuka Situs Yang Diblokir Dengan Ampuh (100% WORK)

BIOS dapat diakses dengan cara menekan tombol F@ dan Delete secara bersamaan. Hal ini dapat berbeda pada tiap merk komputer. Umumnya saat pertma kali menyalakan, akan terdapat “Press F2 to enter setup”. Berarti cara masuk kedalam BIOS pada komputer yaitu dengan menekan tombol F2. Selanjutnya Anda juga harus mempelajari cara setting BIOS untuk sound dengan benar.

Uninstal Driver dan Update Driver Sound

Peng-updatean windows Anda dapat mmpengaruhi versi driver sound juga, yang membuat driver Anda tidak lagi kompatibel dengan Wondows 7. Anda juga dapat mendownload driver sound untuk Windows 7 pada internet secara gratis. Instal aplikasi tersebut, lalu coba speaker Anda. Driver untuk sound yang umumnya dipakai pada Windows 7 yaitu Realtek Audio Driver.

Periksa Jumper Sound Motherboard

Bila cara tersebut masih belum berhasil untuk mengaktifkan speaker Anda, saatnya Anda memeriksa motherboard Anda. Lapaskan front jack audio, kemudian pasang sesuai dengan tutorial pemasangan jumper sound pada motherboard yang terdapat pada ulasan internet.

Jumper memiliki fungsi sebagai konektor. Perangkat tersebut menghubungkan CPU dengan hardware, meliputi motherboard, optical disk, hardisk, soundcard, vga card, dan lainnya yang ada dalam CPU. Jumper sound juga terdiri dari 10 pin yang setiapnya mempunyai fungsi tertentu. Tidak normalnya dari 1 pin saha dari ke 10 pin ini dapat menyebabkan speaker tidak dapat mengeluarkan suara.

Umumnya masalah jumper sound ini dianggap sebagai masalah pada motherboard, sebab menyambung langsung. Tapi Anda jangan terlalu gegabah dengan anggapan bahwa motherboard bermasalah sebelum Anda memeriksa koneksi jumper sound ini.

Cara Mengaktifkan Speaker pada Windows 7

Bila Anda memang baru saja akan mengaktifkan speaker pada Windows 7, coba Anda ikuti cara sebagai berikut:

  • Instal aplikasi yang bisa mengaktifkan suara pada windows. Umumnya aplikasi yang sering digunakan yaitu Realtek Audio Driver. Anda bisa memperoleh drivernya di internet dan mendownloadnya secara bebas. sebab aplikasi ini dipakai hampir pada semua jenis windows 7, 8, 10. Untuk windows 7, anda dapat mendownload Realtek 64 bit.
  • Cara instal Realtek seperti biasa, anda tinggal mengikuti petunjuk saja. Next, next, next, sampai selesai;
  • Ketika ada perintah mematikan komputer, merestart komputer, lebih baik anda abaikan saja dahulu;
  • Setelah Realtek Audio Driver Terinstal, cek lah audio anda di control panel, dapat juga lewat C kemudian Program Files–Realtek–Audio–HDA;
  • Carilah file dengan nama “RAVCpl64”, kemudian open atau Anda klik dua kali;
  • Cari icon di sebelah kanan atas bergambar folder, kemudian klik;
  • Selanjutnya akan tampil box petunjuk yang lain berbunyi ‘Disable front panel jack detection’. Kotak yang berada di kanan tulisan, silahkan dicentang dan klik ok;
  • Jika tidak ada masalah, maka speaker anda sekarang sudah aktif.
Baca Juga:  Cara mengaktifkan Windows Defender Pada Windows

Demikian penjelasan mengenai Cara Setting Speaker Di Komputer Windows 7 Dengan Mudah, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.