Cara Nonton TV di Laptop Paling Mudah dan Gratis

3 min read

Cara Nonton TV di Laptop Paling Mudah dan Gratis

Cara Nonton TV di Laptop Paling Mudah dan Gratis – Dengan seiringnya perkembangan jaman yang dulunya banyak orang tidak mengenal akan internet, kini sudah hampir menyeluruh mengenal internet. Bukan hanya itu saja bahkan paket internet kian hari makin murah, karena makin banyak orang yang bergantung memakai internet setiap harinya.

Salah satunya yang biasa orang lakukan dalam penggunaan internet yakni menonton YouTube. Pada aplikasi yang satu ini terdapat berbagai macam video yang bisa ditonton dalam berbagai ketegori. Mulai dari video pendidikan, video lucu-lucuan, video tutorial untuk melakukan berbagai hal, sampai video beragam acara TV pun diupload oleh stasiun TV ke YouTube.

Walupun demikian, terdapat beberapa hal yang tidak bisa dilakukan oleh internet dibandingkan TV yaitu masalah ketersediaan jaringan. Terkadang bila kondisi jaringan dalam keadaan jelek, Anda akan mengalami masalah saat ingin mengakses YouTube. Untuk lebih jelasnya yuk simak artikel Galerinfo berikut ini.

Cara Nonton TV di Laptop Paling Mudah dan Gratis

Bila dibandingkan TV yang jauh lebih stabil, biasanya yang bisa menggangu siaran TV hanya dalam keadaan cuaca buruk, sisalnya hujan besar, badai dan lain sebagainya.

Namun bagaimana bila Anda tidak memiliki TV namun mempunyai komputer atau laptop. Apa masih bisa nonton TV? Bisa, pakai saja PC atau laptop Anda untuk menonton TV. Anda dapat menonton TV melalui komputer atau laptop Anda dengan melakukan beberapa metode seperti dibawah ini.

Baca Juga:  Cara Menghapus Aplikasi di Windows 10 Mudah (100% Berhasil)

Menggunakan TV Tuner

TV Tuner

Bagi Anda yang belum mengetahui,  TV Tuner adalah salah satu alat tambahan yang dihubungkan pada LCD atau LED. TV Tuner biasanya dilengkapi dengan kabel power, speaker bawaan, port antena, port VGA dan remote infra merah.

Dalam artian TV Tuner adalah Tv itu sendiri. Sedangkan layar komputer Anda hanya sebagai perantara untuk menampilkan gambaryang diterima oleh TV Tuner.

Untuk sekarang ini terdapat tiga jenis TV Tuner yang umumnya dipakai oleh orang, antara lain TV Tuner Card, TV Tuner USB dan TV Tuner Box

Menggunakan Layanan Streaming TV Mivo.TV

mivo

Bila Anda tidak ingin memberlu perangkat tambahan seperti TV Tuner, masih ada cara lain untuk menonton TV pada komputer atau Laptop yakni dengan memakai layanan streaming TV yang tersedia di internet.

Akan tetapi pada metode ini mempunyai kekurangan yakni Anda harus memiliki koneksi sinyal internet yang stabil dan cepat. Jadi mungkin tidak cocok untuk dipakai semua orang, apalagi bila Anda hanya mengandalkan teathring dari ponsel ke laptop.

Memakai cara ini hanya cocok dipakai bagi Anda yang memiliki akses internet unlimited, atau memiliki jaringan wifi sendiri dirumah. Adapun salah satu layanan streaming TV yang cukup terkenal dan banyak dipakai di Indonesia yaitu Mivo.TV.

Anda dapat mengakses layanan ini memakai browser pada komputer atau laptop Anda. Dengan alamat websitenya yaitu Mivo.com.

Pada browser ini terdapat berbagai macam stasiun TV yang bisa Anda tonton, diantaranya yaitu:

  • Trans TV
  • Metro TV
  • Trans 7
  • ANTV
  • Kompas TV
  • TV
  • Dan masih banyak lainnya

Jadi dengan metode ini Andaakan benar-benar menonton TV sungguhan dengan saluran siaran yang lengkap.

Menggunakan Layanan Streaming Usee TV

useetv

Selain menggunakan Mivo untuk melihat TV menggunakan laptop atau komputer. Anda juga dapat mencoba layanan internet lainnya yang menyiarkan siaran TV favorit Anda.

Baca Juga:  Aplikasi Remote Komputer Terbaik dan Sangat Populer

UseeTV adalah salah satu siaran TV online yang cukup terkenal, pada siaran ini biasanya dapat Anda nikmati bila Anda berlangganan paket indihome.

Tidak hanya siaran stasiun TV Lokal saja, Anda dapat juga menikmati stasiun dan berbagai acara TV dari mancanegara, seperti:

  • beIN Sports
  • AL Jazeera
  • Golf Channel
  • MOTV
  • Celebes TV
  • Dan lainnya

Anda bisa menonton TV menggunakan UseeTV pada laptop atau komputer memakai browser. Bisa juga Anda memakai aplikasi bila ingin menonton pada perangkat ponsel Android atau perangkat tablet.

Menggunakan Layanan Live Streaming dari Kompi TV

kompitv

Bila Anda penggemar menonton tayangan olahraga, baik dari saluran TV luar atau lokal mungkin akan menyukai layanan live streaming dari Kompi TV.

Pada layanan saluran ini memang menkhususkan pada layanan streaming TV berbagai acara olahraga. Namun bukan hanya bisa menonton acara olahraga di Kompi TV, Anda juga bisa menonton saluran TV umum yang ada di Indonesia. Seperti RCTI, TVRI, MNC TV, SCTV dan lainnya.

Layanan streaming Kompi TV bisa Anda akses dengan menggunakan PC, Laptop, Smartphone atau Tablet. Pastinya pada perangkat Anda mempunyai browser terbaru untuk mengakses website Kompi TV.

Menggunakan Layanan Streaming dari Vidio

Ada lagi beberapa layanan streaming TV atau website yang bisa Anda manfaatkan untuk menonton TV secara online pada PC, Laptop atau lainnya.

Anda dapat menggunakan layanan ini dengan cara Menonton TV Melalui Layanan Streaming TV Di Vidio.com

  • Buka situs Vidio.com dengan web browsermu;
  • Klik menu Live yang ada pada pojok kiri atas layar;
  • Kemudian pilih/klik ikon channel TV yang ingin Anda lihat;
  • Untuk lebih cepatnya Anda dapat langsung menuju alamat website https://www.vidio.com/live.
Baca Juga:  Cara Mengatasi Bluetooth Peripheral Device Dengan Mudah

vidio

Aplikasi Vidio menyediakan saluran stasiun TV yang ada di Indonesia, antara lain:

  • MNCTV
  • Global TV
  • Trans 7
  • RCTI
  • TV One
  • Metro TV
  • SCTV
  • ANTV
  • Kompas TV
  • Indosiar, Dan lain-lain

Fitur layanan ini hampir mirip dengan layanan streaming pada umumnya yang telah disebutkan sebelumnya.

Menonton TV di Laptop Menggunakan Aplikasi SopCast

Pada keterangan sebelumnya telah dibahas cara menonton TV memakai perangkat tambahan semisal TV Tuner dan berbagai website layanan streaming TV. Cara berikutnya agak sedikit berbeda dengan cara yang telah dibahas, yakni dengan memakai aplikasi SopCast.

Aplikasi ini Anda dapat menonton TV, mendengarkan radio bahkan Anda dapat menyiarkan acara Anda sendiri bila menginginkannya. Untuk menstabilkan streaming, pada aplikasi SopCast memanfaatkan teknologi P2P.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menonton TV, mendengarkan radio bahkan menyiarkan acara kamu sendiri jika mau.

Kesimpulan

Sobat Galerinfo, pembahasan lengkap tentang cara apa saja yang bisa Anda lakukan agar dapat menonton TV menggunakan komputer atau PC, Laptop, tablet atau Smartphone.

Sebagian terdapat beberapa cara yang Anda dapat coba menggunakan streaming dari werbsite. Cara ini sangat cocok Anda pakai bila hanya sekedar sesekali untuk menonton TV. Tapi bila Anda ingin menonton TV secara rutin, maka kami menyarankan Anda membeli TV Tuner.

Sebab TV Tuner kualitas signalnya stabil saat dipakai untuk menonton TV, ha ini disebabkan TV Tuner tidak memakai internet namun menangkap frekuensi saluran TV.

Demikian penjelasan mengenai Cara Nonton TV di Laptop Paling Mudah dan Gratis, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.