Cara Merubah HP CDMA Ke GSM Paling Mudah Lengkap

Cara Merubah HP CDMA Ke GSM Paling Mudah Lengkap

Diposting pada

Cara Merubah HP CDMA Ke GSM Paling Mudah Lengkap – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Cara Merubah HP CDMA Ke GSM. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara merubah hp CDMA ke GSM dengan paling mudah secara lengkap. Untuk lebih jelasnya simak artikel Galerinfo mengenai Cara Merubah HP CDMA Ke GSM berikut ini

Cara Merubah HP CDMA Ke GSM Paling Mudah Lengkap

Jringan operator seluler yang saat ini di pakai oleh seluruh dunia ada 2 (dua) yakni GSM dan CDMA. Bedanya GSM dan CDMA ini ada pada teknologi transmisi data yang dipakai. Anda mungkin telah mengetahui secara pribadi atau rekan Anda saat memakai layanan dari operator seluler GSM dan CDMA.

Hal demikian menjadikan Ana tahu akan kelebihan dan kekurangan dari GSM dan CDMA Operator seluler di Indonesia. Untuk jaringan GSM, di Indonesia sendiri terbilang cukup banyak operator seluler yang menyediakan layanan jaringan itu. Seperti Telkomsel, Indosat ooredoo, 3, Xl Axiata, dan lainnya. Operator tersebut telah menyediakan berbagai keperluan akan kebutuhn jaringan seluler dan internet secara cepat dan harga yang terbilang terrjangkau.

Sedangkan pada jaringan CDMA, di Indonesia saat ini hanya tersisa 1 operator yang menerapkan jaringan ini yakni Smartfren. Smartfren dapat bikatakan sebagai operator seluler Indonesia yang terbilang sukses memegang jaringan CDMA. Dimana jaringan operator sebelumnya mulai dari Flexi, Esia sampai StarOne yang sudah mematikan jaringannya.

Cara Merubah HP CDMA Ke GSM

Cara Merubah HP CDMA Ke GSM Paling Mudah Lengkap

Bila Anda saat ini memakai Smartphone Andromax yang ingin menggunakan jaringan GSM-nya digunakan secara maksimal. Ada caranya, sekarang ini sudah ada berbagai trik yang dapat Anda lakukan. Dengan melakukan beberapa cara, Anda tentu akan dapat menikmati jaringan internet dari operator seluler GSM seperti Telkomsel, Indosat, Tri, Xl dan lainnya.

Baca Juga:  Microsoft Visual Basic : Pengertian Beserta Penjelasannya

Dalam hal ini Anda perlu melakukan beberapa persiapan agar dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala. Berikut ini beberapa informasi tentang cara merubah HP CDMA ke GSM, antara lain:

Andromax Tools

Andromax Tools merupakan salah satu software tool khusus untuk membuka “Key” yang membatasi smartphone Andromax menerima jaringan terbaik dari kartu GSM yang ada didalamnya. Berikut ini akan menunjukkan cara merubah HP CDMA ke GSM memakai software khusus Andromax Tools, yakni:

  • Pertama Anda harus mendownload aplikasi Andromax Tools versi 3.0. Aplikasi ini tidak dapat diperoleh di Google Play Store. Jadi Anda perlu sedikit berusaha untuk mencari sendiri di Internet.
  • Bila telah memperoleh aolikasi tersebut, langsung saja Instal aplikasi pada HP Anda.
  • Setelah terinstal, buka aplikasi itu sampai aplikasi terbuka secara normal dan melakukan pengaturan secara otomatis.
  • Selanjutnya Anda pastikan aplikasi telah terbuka dengan sempurna, lalu pilih tab “Switch SIM’ untuk memilih kartu SIM mana yang akan diaktifkan. Apa kartu CDMA atau kartu GSM?
  • Langkah selanjutnya yaitu hilangkan Sub1/ RUIM pada bagian CDMA, kemudian centang di bagian ‘Boost Signal’ dan pilih opsi ‘Request Network Data Type’.
  • Bila telah melakukannya, lalu restart HP Anda.
  • Setalah proses restart selesai, periksa kembali opsi Edit APN pada pengaturan di HP Anda.

Bila cara tersebut sudah dilakukan dengan benar dan tepat, maka Anda dapat membuka browser pada HP Anda. Sudah dapat dipastikan bahwa Anda dapat menikmati jaringan internet dengan operator seluler GSM yang Anda pakai pada prangkat HP Anda.

Any Cut

Cara lainnya untuk Merubah HP CDMA Ke GSM yaitu dengan aplikasi AnyCut. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi android yang memiliki berbgai fungsi. Cara pemakaian aplikasi ini yaitu membuat sebuah shortcut yang berfungsi untuk mempermudahkan pengguna dapat menjalankan suatu proses HP secara cepat.

Baca Juga:  Cara Nonton TV di Laptop Paling Mudah dan Gratis

Shortcut khusus ini juaga dibat oleh AnyCut. Tidak jaranga juga dalam beberap hal aplikasi ini dapat mengaktifkan pengaturan yang mulanya tidak dapat diakses oleh pengguna. Sebab pengaturan dari si pembuat perangkat. Misalnya terkuncinya prangkan HP dalam mengakses internet memakai SIM 2 (jaringan GSM).

Cara menggunakan aplikasi AnyCut

Berikut ini Cara Merubah HP CDMA Ke GSM menggunakan aplikasi AnyCut, yakni:

  • Pertama download Aplikasi AnyCut pada Google Play Store atau Apps Store lainnya pada Android.
  • Bila Anda mendownload dari apps store lain, pastikan sebelum di install Anda telah mengaktifkan perangkat HP Anda agar dapat menginstal aplikasi selain dari Play Store. Dengan cara mencentang pada bagian ‘uknown Source’ pada pengaturan keamanan.
  • Jika telah menginstal aplikasi tersebut buka menu Widget. Dengan cara menyentuh Home Screen paa pepangkat hp Anda selama beberapa saat. Bisa juga langsung memilih menu pada widget yang ada pada App Drawer, Carilah widget Any Cut.
  • Sentuh menu widget Any Cut selama beberapa saat untuk menambahkan widget pada home screen perangkat Android Anda.
  • Kemudian, akan atampil menu pengaturan dari aplikasi Any Cut, lalu pilih ‘Activity’.
  • Pada bagian ‘Choose an Activity’, pilih APNs lalu edit shortcut dang anti nama sesuai dengan keinginan Anda.
  • Buka kembali menu Any Cut, lalu ulangi langkah sebelumnya. Pada bagian ‘Choose an Activity’ pilih ‘Select Subscriptions’. Lalu edit lagi nama shortcutnya sesuai dengan keinginan Anda. Lalu pilih OK.
  • Selanjutnya buka Home Screen pada HP Anda, maka akan tampil Shoortcut bru dengan nama ‘Select Subsriptions’.
  • Pada menu ini, hilangkan atau hapus tanda centang UIM di CDMA lalu pilih OK.
  • Saat melakukan cara tesebut maka sinyal jaringan kartu HP Anda akan hilang dan tidak bisa terdeteksi. Tenang, Anda tidak perlu khawatir atau panic, sebab sinyal dari jaringan smartfrenakan tampil kembali lagi.
  • Untuk mengaktifkan koneksi internet menjadi GSM, buka shortcut “APNs”, lalupilih koneksi data yang akan dipakai. Sebab Anda ingin memakai jaringan GSM, maka pilih koneksi data dari jaringan GSM.
  • Bila Anda ingin mengatur ulang internet Anda menjadi sedia kala, lakukan kebalikan dari langkah tersebut.
Baca Juga:  Algoritma Pemrograman Dasar untuk Latihan Beserta Contohnya

Selamat, kini Anda bisa menggunakan jaringan GSM yang Anda tanam di perangkat Android Anda untuk berselancar internet.

Demikian penjelasan singkat mengenai Cara Merubah HP CDMA Ke GSM Paling Mudah Lengkap, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.