Cara Menghapus Virus Baterai Dengan Mudah dan Ampuh

3 min read

Cara Menghapus Virus Baterai Dengan Mudah dan Ampuh

Cara Menghapus Virus Baterai Dengan Mudah dan Ampuh – Pada kesempatan ini Galerinfo akan membahas mengenai Cara Menghapus Virus Baterai. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara menghapus virus baterai dengan mudah dan ampuh. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel Gelerinfo berikut ini.

Cara Menghapus Virus Baterai Dengan Mudah dan Ampuh

Daya hidup baterai merupakan salah salah satu problem besar bagi kebanyakan pemakai smartphone atau perangkat android lainnya. Sebab itu, berbagai pihak tidak bertanggung jawab memanfaatkan siatuasi itu untuk mengumpulkan pundi –pudni uang dari pengguna yang tidak memperdulikan masalah tersebut. Biasanya dengan cara memberikan pesan peringatan palsu kepada pengguna bahwa baterai pada perangkat android Anda terjangkit virus.

Mungkin Anda bertanya, virus memang bisa menyerang baterai perangkat Android? Jawabannya tentu tidak, baik secara teori ataupun secara praktek. Hal demikian telah terbukti oleh beberapa perusahaan antivirus, salah satunya yaitu Avira Virus Lab.

Walaupun begitu, banyak kasus adanya tampilan pop-up yang mengekploitasi kegelisahan pmakai pada masalah baterai dengan variasi palikasi adware. Salah satunya yang sering tampil yaitu tulisan  ‘Your Battery is Badly Damaged by (4) Virus’ pada popup yang tampil.

Bila browsert pada perangkat Android Anda secara tidak langsung mengarah pada suatu website yang berupaya untuk ‘membujuk’ Anda untuk mendonload aplikasi di Google Play Store. Dimana hal tersebut guna menghapus virus pada baterai perangkat android Anda. Lalu perangkat android Anda menjadi terinfeksi oleh adware dan berpotensi untuk terinfeksi malware, itu tandanya prenagkat Android Anda telah terinfeksi oleh ‘virus baterai’.

Baca Juga:  11 Cara Mengatasi Handphone Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

Virus Baterai

Virus baterai sebenarnya tidak benar – benar ada dan tidak tergolong pada virus android paling berbahaya. Sebab virus baterai adalah rekayasa dari pop-up pesan peringatan ‘Your Battery is Badly Damaged by (4) Virus’.

Pada pop-up ini merupakan sebuah pesan peringatan sistem palsu yang dipakai oleh hacker untuk mengelabui pengguna android agar berfikir seakan terdapat sesuatu yang salah dengan baterap pada perangkat Android mereka.

Saat koban percaya dengan pesan tersebut, meraka tentunya akan diminta untuk mengunduh ‘aplikasi keamanan’ untuk menghapus virus tersebut. Aplikasi keamaan yang sebenarnya adalah aplikasi bohongan dengan kemapuan untuk mencuri informasi pribadi dari pemakai perangkat android.

Tentunya Anda tidak akan merasa pernah menyentuh tombol yang adap pada layar untuk mengunduh aplikasi itu pada perangkat Android Anda. Aplikasi itu akan memberikan semacam pesan bahwa adanya malware pada Anda. Namun dengan menginstal aplkasi itu, tidak mebuat perangkat android Anda berjalan lebih cepat dan tentunya aplikasi itu tidak menambah waktu hidup baterai dan tidak akan melindungi sistem dari berbagai masalah.

Ciri-ciri Android Terjangkit Virus Baterai

Cara Menghapus Virus Baterai Dengan Mudah dan Ampuh

Terdapat beberapa ciri-ciri bahwa android terjangkit virus baterai, diantaranya yaitu:

  • Terus menampilkan peringatan palsu ‘Your Battery is Badly Damaged by (4) Virus” dan Tampilan browser internet freeze tiba-tiba;
  • Selalu ada tawaran untuk mengunduh aplikasi yang mencurigakan pada layar untuk memancing pengguna untuk mengunduhnya;
  • Kinerja browser menjadi turun dan Pengaturan browser secara tiba-tiba berubah;
  • Banner iklan selalu terselip di halaman website yang Anda kunjungi;
  • Anda tidak bisa menghilangkannya sampai Anda menghapus pop up tersebut secara manual dan Tiba-tiba muncul pop up secara otomatis.

Mendapat peringatan Virus Baterai

Malware yang bersembunyi didalam peringatan masalah baterai ini dirancang untuk memblikir akses internet pada perangkat android Anda. Hal ini dapat bertujuan mencegah Anda untuk memakai browser seperti Firefox, Google Chrome atau browser lainnya yang ada pada perangkat android Anda. Juga hal tersebut akan menampilkan iklan pop-up secara terus-menerus untuk memaksa Anda agar mengunduh dan membeli aplikasi palsu, layanan online atau bantuan teknis dengan harga tinggi.

Baca Juga:  Cara Membuka Situs Yang Diblokir Dengan Ampuh (100% WORK)

Malware juga akan menipu Anda untuk menginstal aplikasi antivirus palsu yang malah akan berisikan virus yang dapat membahayawak sistem android Anda. Hal ini juga merupakan salah sari dari ciri browser terkena virus.

Anda kan mengalamu kesulitan untuk menutup pesan itu atau keluar sampai Anda memilih tombol ‘OK’ saat ada penawaran peringatan pesan ‘Your Battery is Badly Damaged by (4) Virus’ atau ‘virus baterai’. Jangan pernah Anda mengirah dapat menutu[ [eran peringatan masalah baterai itu, sebab pesan itu akan tampil lagi setelah Anda merestart browser pada perangkat Android Anda.

Pesan peringatan palsu itu akan terus mengitrupsi browser pada perangkat android Anda. Mulai dari Firefox, Googre Chrome dan browser lain sebagainya. Walau Anda telah merestart perangkat Anda beberapa kali, pesan itu akan tampil kembali secara berulang-ulang.

Jika diperhatikan isi pesan dari pop-up yang tampil selalu sama. Namun, pesan yang memberitahukan bahwa perangkat Anda di hack atau bermasalah cukup pengguna awam kebingungan.

Pesan paslu itu juga dapat membawa beberapa adware, virus atau malware untuk merusal sistem perangkat anroid Anda.

Cara Menghapus Virus Baterai

Berikut ini beberapa cara untuk menghapus virus baterai pada Android Anda, diantaranya:

Hapus aplikasi yang mencurigakan

Anda dapat melakukannya dengan masuk pada pengaturan aplikasi pada perangkat Android. kemudian lakukan uninstal aplikasi yang dirasa menjadi sebab munculnya pesan pop up palsu pada perangkat android Anda, dengan cara :

  • Buka App Drawer, kemudian Anda pilih ‘Pengaturan’, lalu pilih ‘Aplikasi’;
  • Pilih aplikasi yang dianggap mencurigakan akan Anda uninstal, Anda juga perlu menggulir daftar aplikasi yang muncul untuk mencari aplikasi mencurigakan tersebut;
  • Setelah Anda pilih lalu Uninstall.
Baca Juga:  Fungsi RAM Pada HP yang Perlu Anda Diketahui

Masuklah ke Safe Mode

Dalam mode ini bisa membantu Anda untuk melacak penyebab akar permasalah yang terjadi pada perangkat android Anda, baik perangkat smartphone atau pada tablet, dengan cara:

  • Tekan tombol Power dan tahan selama beberapa detik untuk mematikan perangkat Android Anda, maka kondisi perangkat Android Anda dalam keadaan padam
  • Lalu tekan kembali tombol Power dan tahan selama beberapa detik untuk menyalakannya kembali. Setelah Anda melihat logo perangkat Anda muncul, lepas jari Anda dari tombol Power, kemudian tekan tombol ‘Volume Down dan Menu’ selama beberapa detik.
  • Dengan menekan kombinasi tombol itu sampai perangkat Android Anda booting. Kemudian, Anda akan melihat tulisan “Safe mode” pada sisi kiri bawah.

Cara lainnya dalam mengakses tampilan Safe Mode pada perangkat Android. Dengan cara ini berlaku untuk perangkat Android yang terinstal versi Lollipop ke atas, yaitu:

  • Tekan tombol Power dan tahan selama beberapa detik sampai muncul tulisan “Matikan daya”.
  • Sentuh tulisan tersebut beberapa saat sampai muncul tulisan “Reboot to Safe Mode”.
  • Pilih “Ya” untuk merestart perangkat Android Anda langsung ke Safe Mode.

Demikian penjelasan mengenai Cara Menghapus Virus Baterai Dengan Mudah dan Ampuh, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.