Cara Mengatasi Ram Kecil Membuat Android Lemot Lengkap

Cara Mengatasi Ram Kecil Membuat Android Lemot Lengkap

Diposting pada

Cara Mengatasi Ram Kecil Membuat Android Lemot Lengkap – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Cara Mengatasi Ram Kecil. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan beberapa cara mengatasi ram kecil yang membuat android menjadi lemot dengan secara singkat dan lengkap. Untuk lebih jelasnya simak artikel Galerinfo mengenai Cara Menagatasi Ram Kecil berikut ini.

Cara Mengatasi Ram Kecil Membuat Android Lemot Lengkap

Android adalah sebuah operating system handphone yang cukup populer untuk digunakan bagi kalangan ekonomi atas ataupun kalangan ekonomi bawah. Device dengan operating android tersedia dipasaran dengan harga yang sangat mahal sampai harga dibawah 500.000 ribu.

Cara Mengatasi Ram Kecil

Cara Mengatasi Ram Kecil Membuat Android Lemot Lengkap

Android dengan harga murah tentu memiliki keterbatasan dari segi spesifikasi hardware. Salah satu keterbatasan itu yaitu kapasitas RAM yang kecil. Dengan kapasitas RAM yang kecil dan tidak teratur dengan baik akan membuat handphone android akan terasa lemot. Dibawah ini beberapa cara mengatasi RAM kecil yang membuat android menjadi lemot.

Install software cleaner

Untuk mengatasi RAM kecil yang paling mudah yaitu dengan melakukan instalasi software pembersih RAM. Berikut ini beberapa contoh software pembersih RAM, antara lain:

CCleaner

CClener sudah sangat populer dan termasuk aplikasi pembersih RAM diplatform desktop windows. Cersi aplikasi CCleaner ini juga tersedia bagi android. Kelebihan dari aplikasi ini yaitu tidak terdapat iklan yang mungkin dpat menggangu saat dipakai. Fungsi utama dari aplikasi ini yakni membersihkan RAM dengan cepat dan juga bisa dipakai untuk menghapus sampah file baik berupa cache, junk atau sisa instalasi aplikasi yang terdapat pada handphone android Anda.

Baca Juga:  Cara Mengunci Folder Dengan Mudah di Windows

Clean Master

Clean master adalah salah satu aplikasi yang memiliki fungsi membersihkan handphone android dari pemakaian RAM yang tidak perlu dan juga membersihkan cache, junk dan histori dari handphone Anda. Dimana clean master terdapat kelebihaan diantara aplikasi lain yaitu aplikasi ini ringan dan tidak selaalu ktif pada background service. Hal demikian membuat instalasi aplikasi ini tidak akan menggunakan daya listrik baterai handphone saat tidak digunakan. Clean master juga menyediakan antivirus dan juga app manager yang tersedia pada sekali install.

AVG Cleaner & Battery Booster

AVG adalah nama suatu platform desktop windows yang mengeluarkan produk antivirus yang dikenl cukul handal dan terpercaya dari permasalah virus. Dengan menggunakan AVG Celaner dan Battery booster ini Anda dapat membersihkan pemakaian RAM yang tidak perlu dan dapat menghapus junk, cache dan histori yang ada pada storage. Dengan lapangnya RAM dan storage secara otomatis akan membuat pemakaian battery akan berkurang.

DU Speed Booster & Cleaner

Aplikasi ini juga dapat membersihkan RAM handphone Anda dari penggunaan yang tidak diperlukan. Membersihkan storage dari cache, junk dan histori yang tidak berguna lagi untuk disimpan pada handphone.

Selain itu aplikasi ini memiliki fungsi sebagai antivirus yang dapat menjaga handphone Anda dari palikasi lain yang berbahaya dan merusak. Dengan menggunakan aplikasi inim pemakaian baterai dan kecepatan cash battery akan jauh lebih efisien.

Melakukan manage aplikasi yang diinstall

Selain dengan melakukan pembersihan RM handphone dengan melakukan instalasi berbagai pilihan aplikasi. Cara lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membetasi palikasi yang diintal pada device android yang Anda miliki.

Pembatasan instalasi ini akan membuat handphone Anda jauh lebih nyaman digunakan. Dengan aplikasi yang terkontrol, RAM tidak akan dipenuhi oleh aplikasi berat yang memerlukan banyak memori RAM untuk bisa bekerja.

Baca Juga:  Fungsi RAM Pada HP yang Perlu Anda Diketahui

Bila memang memungkinkan, pengguna handphone dengan kapasitas RAM terbatas perlu untuk menginstal versi lite dari sebuah aplikasi. Misalnya WhatsappLite, FacebookLite dan lainnya. Aplikasi lite ini dibuat secara khusus untuk menghemat penggunan pemakaian RAM selama aplikasi berjalan.

Install UI yang ringan

Pemilihan UI juga dapat mempengaruhi dalam kenyamanan penggunaan handphone yang Anda miliki. Apalagi dengan keterbatasan spesifikasi handphone yang tentunya sangat sensitive pada pemakaian memori RAM. UI stok yang ada pada handphone terkadang telah terinstal dengan palikasi bawaan yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Tentunya mungkin akan memakan banyak memori RAM dalam penggunaannya.

Hal ini sangat menggangu apalagi dengan keterbatasan spesifikasi RAM yang ada pada handphone Anda. Tentunya Anda perlu menyiasati hal demikian dengan UI yang ringan dan tidak terlalu berat. Salah satu contoh UI yang ringan dapat Anda pakai pada handphone, antara lain:

Holo Launcher

Holo launcher adalah salah satu launcher tercepat yang ada saat ini. Launcher ini memakan relatif lebih sedikit memory dari launcher atau UI lainnya. Bahkan sangking kecilnya, Launcher ini hanya akan menggunakan kurang dari 1 Mb memory.

Tentunya sangat cocok sekali untuk digunakan pada handphone android yang menderita kekurangan memori karena spec yang rendah. Mengenai masalah fungsionalitas, launcher ini masih tergolong lengkap dan memiliki semua fitur umum yang diperlukan pada handphone android mulai fitur messaging, contacs, home screen, dan pengaturan brightness.

Mini Launcher

Mini launcher sesuai namanya merupakan UI android yang dirancang khusus untuk menghemat pemakaian RAM pada handphone Android yang kita miliki. Aplikasi Mini launcher memiliki fitur fitur yang sangat minimalis yang sangat sesuai untuk digunakan dengan handphone yang memiliki RAM kecil. Walaupun sangat terbatas dari sisi pemakaian memory RAM, tampilan dari mini launcher ini masih tergolong bagus dan enak untuk digunakan oleh pengguna.

Baca Juga:  Cara Repair Windows 10 dengan CMD Mudah Dilakukan

Google Now

Google Now merupakan UI yang ringan dan juga stylish, pemakaian UI ini bisa mengurangi pemakaian RAM yang dipakai pada handphone. Fitur yang ada pada google now hanya fitur standar dan tidak dilengkapi dengan fitur yang sia-sia. Tetapi tidak perlu khawatir, bahkan dengan penggunaan UI yang ringan ini, pengguna tetap akan disuguhkan dengan tampilan yang stylish yang enak ditatap mata meskipun ringan.

Demikian penjelasan mengenai Cara Mengatasi Ram Kecil Membuat Android Lemot Lengkap, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.