11 Cara Mengatasi Handphone Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

11 Cara Mengatasi Handphone Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

Diposting pada

11 Cara Mengatasi Handphone Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis – Pada zaman modern seperti sekarang, teknologi sangat maju pesat. Hal ini dapat kita lihat pada pengguna smartphone yang banyak. Saat ini semua orang dari berbagai kalangan anak-anak sampai orang dewasa hampir memiliki handphone berbasis android. Hal ini dipicu karena memang kebutuhan akan ponsel pintar tersebut sangat tinggi guna untuk kegiatan sehari-hari.

Hampir semua kegiatan kita saat ini membutuhkan smartphone, memang ponsel ini bisa membantu pekerjaan kita. Contoh hal yang membantu adalah pengguna ojek online, untuk menggunakan jasa tersebut kita diharuskan untuk mengaksesnya lewat smartphone. Bisa juga kita gunakan untuk mencari alamat, mencari informasi, berkomunikasi dengan kerabat maupun keluarga, semua bisa dilakukan dengan smartphone. Maka dari itu smartphone sangat dibutuhkan.

11 Cara Mengatasi Handphone Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

Berbicara mengenai handphone atau smartphone, dengan melihat banyaknya kegunaan bagi penggunanya ternyata ada beberapa hal yang dikeluhkan, salah satunya dengan baterai. Dengan penggunaan yang intensif handphone akan cepat panas dan baterainya pun akan cepat habis, hal itu wajar karena penggunaan yang intensif. Namun keadaan tersebut bisa kita atasi dengan melakukan beberapa tips perawatan agar handphone kita selalu dalam keadaan prima.

Cara Mengatasi Handphone Cepat Panas

Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan agar handphone kita selalu dalam keadaan prima. Handphone tidak akan cepat panas dan baterai pun akan tahan lama. Silahkan simak dengan seksama.

Baca Juga:  9 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air dengan Mudah (100% Ampuh)

1. Gunakan Charger Asli

Gunakan Charger Asli

Ini menjadi hal yang umum dan yang terpenting. Setiap paket pembelian unit handphone pasti didalamnya sudah menyertakan chargernya. Charger yang ada dalam paket penjualan unit tersebut sudah pasti yang terbaik buat handphone tersebut. Setiap handphone memiliki kebutuhan supply baterai yang berbeda, maka dari itu output yang dihasilkan setiap charger handphone harus sesuai. Jika anda melakukan pengisian daya handphone menggunakan charger sembarangan, itu bisa membuat baterai anda menjadi rusak.

2. Tidak Memakai HP saat Mengisi Daya

Tidak Memakai HP saat Mengisi Daya

Masih banyak pengguna yang melakukan hal ini. Biasanya orang yang sedang aktif dengan handphonenya dia tidak akan meninggalkannya walau baterai sudah mau habis. Misalnya dia sedang chatting ataupun streaming film. Maka dari itu dia akan menggunakan handphonenya sambil mengisi daya. Hal ini bisa membuat handphone menjadi panas dan baterai akan melemah, maka hindarilah kegiatan tersebut.

3. Kurangi Pemakaian Powerbank

Kurangi Pemakaian Powerbank

Powerbank memang sangat penting untuk pengguna smartphone yang sering berada diluar. Pemakaian powerbank sebenarnya tidak apa-apa jika pemakaiannya dalam batas wajar, pakailah powerbank jika memang benar-benar tidak ada sumber daya yang bisa kita ambil. Tidak semua powerbank bisa memenuhi kebutuhan daya smartphone handpone kalian, jika powerbank tersebut dibawah standar itu akanmenyebabkan baterai handphone menjadi rusak.

Tips: Agar kita tidak terlalu bergantung pada powerbank lakukanlah hal berikut:

  • Isilah daya handphone sampai penuh sebelum keluar
  • Gunakanlah handphone dengan kapasitas baterai yang besar
  • Matikan koneksi jika tidak sedang dibutuhkan

4. Jangan Tunggu Baterai Habis

Jangan Tunggu Baterai Habis

Jika anda ingin mengisi daya, usahakan isi daya sebelum baterai tersebut habis total. Biasanya handphone akan memberikan peringatan pengisian daya pada kondisi baterai 20%, pengingat tersebut berfungsi agar baterai kita awet. Karena jika handphone dengan baterai dibawah 20% biasanya kinerja yang dilakukan akan lebih extra dan membuat handphone menjadi panas. Lanjut cara mengatasi handphone cepat panas berikutnya.

Baca Juga:  7 Cara Cek IMEI iPhone, iPad, iPod Touch Mudah (100% Ampuh)

5. Beri waktu Handphone untuk Istirahat

Beri waktu Handphone untuk Istirahat

Seperti halnya manusia, handphone pun butuh istirahat sejenak untuk memulihkan tenaga. Handphone dengan penggunaan aktif seperti main game dan multitasking cenderung akan cepat panas karena penggunaan baterai yang ekxtra. Hal ini tidak salah jika kita memberikan waktu istirahat untuk handphone tersebut. Jangan memakai handphone terlalu ekstra tanpa memberinya waktu istirahat.

6. Bersihkan Cache Handphone

Hal ini tidak bisa disepelekan, cache merupakan hal yang bisa membuat handphone kita menjadi tidak produktif. Sudah semestinya kita melakukan pembersihan cache berkala untuk handphone kita agar file-file sampah yang ada pada handphone kita hilang.

7. Kurangi Penggunaan WiFi

WiFi adalah salah satu hal yang sangat membantu pengguna smartphone dalam berselancar di dunia internet. Ini bisa membantu kita mendownload file dalam jumlah yang besar tanpa harus memikirkan kuota jaringan seluler kita. Namun demikian, pemakaian wifi secara berlebihan ternyata membuat handphone kita cepat panas dan tidak maksimal. Hal ini terjadi karena antena kita bekerja optimal mencari dan menangkap sinyal wifi tersebut. Jika sinyal yang diberikan sedikit maka itu akan membuat handpone  kita menjadi panas.

8. Tutup Aplikasi atau Fitur yang tidak Digunakan

Hal ini memang terlihat sepele, namun bisa membuat smartphone anda menjadi lebih maksimal. Ada baiknya anda mematikan semua fitur yang tidak terpakai pada saat anda menggunakan handphone anda. Silahkan anda cek lalu matikan fitur-fitur yang tidak dipakai seperti buetooth, NFC, GPS dll. Karena walau tidak terlihat, mereka melakukan aktifitas yang bisa menguras baterai handphone.

9. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Ketika pada handphone anda ada aplikasi yang jarang bahkan tidak pernah anda pakai, ada baiknya aplikasi tersebut dibuang saja. Ini berguna untuk mengurangi memori anda penuh, memori yang penuh bisa jadi penyebab handphone menjadi lemot dan panas. Maka dari itu, tidak usahlah menginstal aplikasi jika memang tidak terlalu penting. Lanjut cara mengatasi handphone cepat panas berikutnya

Baca Juga:  Cara Mengunci Folder Dengan Mudah di Windows (100% WORK)

10. Rajin membersihkan Handphone

Poin yang ini mungkin jarang yang melakukannya, membersihkan handphone bisa membuat handphone tidak cepat panas. Biasanya pengguna smartphone hanya memikirkan softwarenya saja, ternyata pemeliharaan hardware pun tidak kalah penting. Membersihkan handphone akan membuatnya bersih dari debu, dimana debu bisa menjadi penyumbat keluarnya hawa panas pada handphone. Maka dari itu tidak ada salahnya kita membersihkan handphone secara berkala.

11. Gunakan Aplikasi Pendingin

Kita bisa menggunakan bantuan aplikasi untuk memaksimalkan kinerja handphone kita. Gunakan aplikasi pendingin agar suhu handphone kita bisa kembali normal. Hal ini bersifat optional, jika handphone anda sudah normal dan tidak ada kendala dengan melakukan tahap-tahap diatas, maka hal ini tidak perlu dilakukan.

Setelah melihat poin-poin diatas tentu kita dapat menyimpulkan sesuatu. Dalam menggunakan handphone kita memang diharuskan untuk memeliharanya dengan baik. Cara-cara diatas sudah jika dilakukan sudah bisa membuat handphone anda menjadi lebih baik. Belilah handphone sesuai kebutuhan, jika anda ingin menggunakan handphone untuk bermain game, setidaknya spesifikasi handphone tersebut harus mumpuni. Jika hanya untuk sekedar multitasking, tentu handphone yang digunakan cukup yang biasa-biasa saja. Jangan sampai kita membeli handphone dengan harga mahal namun tidak lama memakainya.

Semoga tips atau cara diatas pada artikel 11 Cara Mengatasi Handphone Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis dapat membantu pengguna smartphone dalam memelihara handphone kesayangannya. Silahkan kunjungin Galerinfo.Com untuk info-info menarik lainnya.Terimakasih dan salam teknologi.