Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Paling Mudah

3 min read

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Paling Mudah

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Paling Mudah – Pada kesempatan ini akan membahas Cara Mempercepat Koneksi Internet. yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan beberapa cara mempercepat koneksi internet pada android dengan paling mudah. Untuk lebih jelasnya simak artikel Galerinfo mengenai Cara Mempercepat Koneksi internet berikut ini.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Paling Mudah

Kecepatan internet tentunya sangat diperlukan bagi pengguna perangkat android agar saat browsing bisa berjalan dengan lancar dan baik. Bisa juga saat bermain game tidak mengalami lag dan lainnya. Bahkan beberapa info, negara Indonesia mendapatkan peringkat ke-8 sebagai Negara yang memiliki koneksi internet lambat.

Tidak hanya dipengaruhi akan operator provider jaringan internet saja. Kapasitas kecepatan internet pada posel android umumnya dapat disebabkan dari beberapa factor lainnya.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Paling Mudah

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar dapat mempercepat koneksi internet android menjadi lebih cepat, antara lain yaitu:

Memakai Ad-Blocker

Salah satu factor yng menyebbkan kecepatan internet yang ada pada perangkat Android menjadi lambat disebabkan tidak memblock iklan. Hal ini dapat terjadi, bila kalian bisa memlokir iklan yang ada pada browser dengan menggunakan Ad blocker. Contohnya Opera Browser atau UC Browser.

Menggunakan Jaringan 4G Only atau 3G Only

Bila pada perangkat android Anda telah mendukung jaringan 3G dan 4G. Anda dapat mengatur ketentuan kecepatan jaringan internet dengan kedua opsi jaringan itu. Untuk dapat mengaktifkan jaringan internet 3G atau 4G dengan cara sebagai berikut:

  • Pilihlah menu setting pada Android Anda.
  • Lalu pilih more, klik mobile network
  • Kemudian pilih Network Mode dan pilih jaringan 3G only atau 4G only sesuai kebutuhan.
Baca Juga:  Pengertian Email, Jenis, Fungsi, dan Macamnya Terlengkap

Anda juga dapat menggunakan aplikasi 3G atau 3G speed optimizer yang memiliki fungsi untuk mempercept akses internet hingga 200%. Kenyataannya aplikasi ini dapat bekerja dengan memberikan tweak secara khusus. Sehingga dapat memberikan keleluasan dalam mengatur dan memili kecepatan akases internet sesuai kebutuhan. Untuk menggunakan aplikasi ini, Android Anda harus di root terlebih dahulu.

Dengan Menghapus Cache

Aplikasi ini memiliki cache bila dibiarkan dapat membertkan performa pada perangkat Android Anda. Selain mempengaruhi pada performa, juga dapat membuat proses layanan data internet Anda menjadi berat bila cache menumpuk.

Agar koneksi internet pada perangkat Android Anda menjadi semakin cepat. Maka Anda harus secara rutin untuk membersihkan cache pada android Anda. Anda dapat memakai bantuan Clean Master atau One Tap Cache Cleaner. Selain itu juga kalian dapat mengahapus cache dengan mudah pada menu setting, kemudian pilih storage dan cache, lalu pilih opsi clear cache.

Gunakan VPN

Pada Aplikasi Play Store terdapat berbagai macam aplikasi VPN. Anda dapat memilih aplikasi mana saja yang memiliki rating tinggi. Selain bisa mempercepat akses internet, memakai palikasi VPN juga dapat dipakai untuk membuka web uang telah diblokir pemerintah. Pastikan untuk terhubung dengan IP Address pada lokasi atau Negara yang sesuai.

Nonaktifkan Tethering

Teathering merupakan aktivitas yang bermanfaat untuk menjadikan perangkat android sebagai hotspot. Lebih singkatnya, kalian dapat menjadikan perangkat android kalian sebagai perangkat Wifi portable. Selanjutnya membagiakan koneksinya ke perangkat lainnya.

Namun, dikarenakan jaringan internet tersebut harus terbagi-bagi tentu saja Anda harus bersiap untuk berbagi bandwidth bersama perangkat lainnya. Agar dapat mempercepat jaringan Wifi, Anda harus menonaktifkan fitur teathring sehingga jaringan internet tetap focus pada ponsel Anda.

Baca Juga:  Cara Membuat Email Yahoo Gratis Lengkap Dengan Gambar

Cek letak router

Cara mempercepat koneksi internet yang terakhir dengan memperhatikan letak dari router yang digunakan. Sebab, letak router memengaruhi kecepatan koneksi. Apabila meletakkan router di belakang barang yang berserakan maka berpotensi memperburuk sinyal Wi-Fi.

Hal tersebut juga berlaku jika diletakkan di ruangan yang tertutup beton, cor, atau metal. Karena bahan material kuat itu bisa menghalau gelombang Wi-Fi. Disamping itu juga, semakin jauh Anda dari sumber Wi-Fi maka akan membuat sinyal semakin lemah.

Setting User Agent

Sekarang ini terdapat banyak berbagai situs yang telah responsive agar dapat menyesuaikan tampilan secara otomatis bila di buka melalui perangkat smartphone. Walaupun begitu, terkadang masih saja ada pihak lain yang tetap memaksi menggunakan tampilan web untuk computer pada ponsel.

Hal demikian justru akan membuat akses internet menjadi lebih berat. Supaya dapat mengantisipasinya, Anda dapat mengganti user agent paa browser ke mobile. Setting user agent itu yang bertujuan untuk kompres data menyesuaikan tampilan mobile.

Periksa kecepatan internet

Untuk cara mempercepat koneksi internet yang selanjutnya yaitu dengan mengetahui kondisi dari kecepatan internet terlebih dahulu. Karena dengan mengetahui kecepatan internet itu. Anda dapat mengetahui apakah kecepatan yang tertera pada data termasuk optimal untuk paket internet langganan dari Internet Service Provider atu ISP Anda atau tidak.

Matikan program yang tidak dibutuhkan

sistem operasi Windows biasanya ada beberapa program yang berjalan di latar belakang. Program tersebut bisa saja tetap beroperasi meski tidak Anda buka sebelumnya. Berbagai program yang beroperasi tersebut masih bisa terhubung ke internet dan akan mengurangi kecepatan internet Anda.

Cara untuk mematikan program yang berjalan di latar belakang tersebut, yaitu dengan Task Manager atau bisa gunakan shortcut CTRL + Shift + Esc. Kemudian buka tab Startup dan pilih program yang Anda ingin matikan (klik > disable).

Baca Juga:  Pengertian Kabel UTP, Komponen Serta Cara Membuatnya

Restart router

Router internet butuh di-restart agar sistem yang terdapat di dalamnya bisa kembali “bersih” dari berbagai kode pemrosesan hasil koneksi yang terhubung ke puluhan hingga ratusan situs web. Cara untuk restart router tersebut sangat mudah, yaitu dengan menekan tombol power dua kali pada router.

Demikianlah artikel mengenai Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Paling Mudah, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.