Cara Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Mengisi dan Cepat Habis

3 min read

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Mengisi dan Cepat Habis

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Mengisi dan Cepat Habis – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Cara Memperbaiki Baterai Laptop. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan beberapa cara memperbaiki baterai laptop yang tidak mengisi dan cepat habis. Untuk lebih jelasnya simak artikel Galerinfo mengenia cara memperbaiki baterai laptop dibawah ini.

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Mengisi dan Cepat Habis

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh laptop yaitu mudah dibawa atau bersifat portable, tidak seperti PC atai computer biasa. Namun, bila baterai laptop Anda cepat habis, Anda tentunya hatus selalu menghubungkan laptop Anda dengan charger.

Bisa juga tidak dapat dipakai sama sekali sebab baterai laptop mengelami masalah. Tentu Anda tidak mau mengalami hal yang demikian. Berikut ini akan kami berikan beberapa informasi terkait cara memperbaiki baterai laptop yang tidak mengisi dan cepat habis.

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Mau Terisi

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Mengisi dan Cepat Habis

Masalah baterai laptop yang sering dialami yaitu baterai laptop yang tidak mengisi daya. Penyebabnya tidak terisi ada beberapa hal, baik masalah pada laptop sendiri, adaptor, socket power atau masalah dengan baterainya sendiri.

Adapun untuk cara memperbaiki baterai laptop yang tidak mau mengisi, antara lain:

Matikan Laptop

Dengan mematikan laptop, kemudian melepaskan baterai laptop dan melepaskan adaptop AC laptop bila masih terhubung. Lalu biarkan dalam keadaan laptop tanpa baterai dan tidak terhubung dengan adaptor selama 10-30 detik. Kemudian nyalakan laptop kembali.

Dinginkan Baterai

Kondisi suhu baterai laptop yang panas akan dapat menggangu proses pengisian arus listrik dari adaptor pada baterai laptop. Hal demkian akan menyebabkan masalah pada saat proses pengisian baterai laptop. Untuk itu Anda dinginkan baterai sekitar 10 – 15 menit.

Baca Juga:  Jenis Modem yang Banyak Digunakan Beserta Fungsinya

Lakukan pembersihan konektor baterai dan motherboard

Lepaskan baterai dari laptop Anda, lalu bersihkan konektor baterai dengan menggunkan pensil. Pembersihan pin baterai yang ada pada motherboard juga dapat dilakukan bila dirasa mungkin. Alatnya sama yakni penghapus pensil. Namun, Anda lakukan secara perlahan dan hati-hati supaya tak merusak pin yang ada. Setelah itu lakukan pengecekan dengan cara memasang baterai kembali pada tempatnya dan nyalakan laptop kembali.

Nyalakan Laptop tanpa Baterai

Matikan laptop dan lepaskan baterai, lalu hubungkan adaptor pada laptop dan nyalakan laptop kembali. Bila laptop tidak menyala, ada kemungkinan terjadi kerusakan yang ada pada adaptop atau kabel adaptor. Sedangkan bila laptop menyala, ada kemungkinan masalahnya terletak pada baterai laptop itu sendiri atau masalah IC power laptop Anda.

Pemeriksaan Fisik Kabel Adaptor

Pemeriksaan dapat dilakukan dengan mengecek kondisi fisik kabel adaptor. Kerusakan pada kabel dapat dilihat dari adanya uliran atau tonjolan yang timbul pada bgian kabel. Kerusakan tersebut dikibatkan panan dan dapat dilihat dari adanya bekas hangus pada kabel atau dapat melihat kondisi fisik kabel yang jelek. Cobalah ganti adaptop laptop Anda untuk mengatasi penyebab charge laptop tidak mengisi.

Cek Baterai Laptop

Cara ngatasi baterai laptop tidak mengisi berikutnya yaitu dengan mengecek baterai laptop secara keseluruhan. Lepaskanlah baterai laptop dan bersihkan kotoran atau debu yang ada pada baterai. Periksalah tegangan pada baterai, baik dalam keadaan penuh dan saat baterai hampir habis. Anda juga dapat mengukur tegangan dengan memakai multimeter. Baterai yang masih bagus tentunya memiliki tegangan sesuai dengn tulisan yang tertera.

Periksa Adaptor

Setalah Anda memeriksa baterai laptop, lakukan juga pemeriksaan pada adaptor laptop. Pemeriksaan ini dapat dilakukan dengan memperhatikan tegangan kerja apator yang ada pada badan adaptor. Lakukan pengetesan dengan mamakai multimeter. Bila tegangan aktualnya berada pada nilai jauh, dapat dipastikan adaptor telah mengalami masalah

Baca Juga:  CPU Overheat : Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya

Bila tegangan terukur normal, lakukan pemeriksaan pada kabel adaptor. Pastikan kalau kabel tidak spiral atau ada bagian kabel yang menonjol dimana menandakan bahwa kabel itu bermasalah dan ada potensi terjadinya konsleting.

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis

Baterai latop yang cepat habis merupakan satu diantara kendala yang menyebabkan laptop mati sendiri. Bila laptop sering mati sendiri secara instan, maka akan menimbulkan dampak pada kerusakan hardisk atau mainboard pada laptop. Berikut ini cara untuk memperbaiki baterai laptop yang cepat habis:

Dinginkan Baterai Laptop dalam Lemari Pendingin

Cara yang paling mudah untuk memperbaikinya, yaitu dengan mendinginkan baterai laptop pada lemari pendingin. Terdapat beberapa jenis baterai laptop yang sangat mudah menjadi cepat habis disebabkan sel baterai yang ada didalamnya mengalami panas berlebih. Caranya menanganinya sebagai berikut:

  • Masukan baterai laptop yang mengalami masalah kedalam plastic es, posisikan agar baterai tertutup dengan sempurna dan tidak ada kebocoran pada plastic.
  • Ikatlah bungkusan plastic pada baterai dengan rapi dan kuat memakai selotip atau karet. Hal ini dilakukan agar memastikan tidak adanya udara yang masuk menembus plastic.
  • Masukan baterai yang sudah dibungkus tadi kedalam lemari es, usahakan masukan pada bagian freezer yang sudah mendukung temperature pembekuan.
  • Biarkan selama semalam atau seharian penuh.
  • Setelah itu, keluarkan secara hati-hati baterai yang diambil dari freezer.
  • Perlu diperhatikan agar tidak langsung memasukan baterai kedalam laptop, sebab akan beresiko pad laptop Anda. Simpanlah baterai pada tempat yang memiliki suhu ruangan.
  • Setelah suhu baterai telah kembali normal, pastikan tidak ada cairan yang menempel pada baterai dan Anda dapat memasangnya kembali ke laptop.
  • Isilah daya laptop selama 6-8 jam, jangan dulu menyalakan laptop pada tahapan ini.
  • Setelah baterai laptop dirasa penuh, cabut charger kemudian nyalakan laptop dan periksa apakah baterai laptop masih boros atau tidak.
Baca Juga:  Perbedaan Processor Tray dan Box Perlu Diketahui

Beterai dalam keadaan penuh umumnya bisa bertahan sampai 3 jam dalam pemakaian normal. Akan tetapi, untuk laptop lama dan telah terindikasi mengalami kerusakan hanya dapat bertahan 1 -1,5 jam dengan pemakaian normal.

Mengganti Lithium Cells pada Baterai

Untuk dapat mengganti lithium cell pada baterai laptop, Anda harus membuak casing baterai terlebih dahulu. Permasalahannya, tidak ada baut pada baterai laptop, jadi kemampuan mencongkel yang sangat diperlukan agar dapat mengambil lithium cell pada baterai. Anda dapat menyiapkan obeng pipih kecil, multimeter, cell yang baru, solder dan timah solder, caranya:

  • Pakailah obeng pipih untuk mencongkel casing baterai.
  • Lalu casing betarai terlepas, Anda dapat melihat lithium cell yang berbentuk seperti baterai yang tersusun secara parallel.
  • Pada cara ini, ada kemungkinan besar hanya beberap cell saja yang rusak dan tidak bisa menyimpan daya secara optimal. Agar dapat mengetahuinya, ukur tegangan baterai dengan memakai multimeter pada pengukuran tegangan DC. Ingat, pemasangan probe negetif dan positif agar tidak terbalik.
  • Tegangan baterai laptop cukup bervariasi, untuk mengetahuinya Anda bisa melihatnya pada tulisan yang tertera pada casing baterai.
  • Atur selector multimeter ke VDCx10, kemudian tempelkan probe merah pada kutub positif salah satu cell dan probe hitam pada kutub negative.
  • Bila multimeter menunjukkan tegangan cell itu lebih kecil dari nilai yang tertera, maka sudah tentu kemampuan penyimpanan daya telah menurun.
  • Lakukan pengujian pada semua cell dan cabut cell yang memiliki tegangan paling rendah. Gantilah dengan cell yang baru dengan tipe yang sama.
  • Beberapa jenis baterai laptop memerlukan bantual solder untuk melepaskan cell dari rangkaian cell pada casing baterai. Juga memerlukan timah solder untuk memasang cell yang baru pada rangkaian cell itu.
  • Setelah itu pasang kembali casing baterai, masukan baterai pada laptop lalu charge sampai penuh dan nyalakan laptop Anda.

Demikian penjelasan mengenai Cara Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Mengisi dan Cepat Habis, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.