Cara Membuat Garis di Microsoft Word Paling Mudah Lengkap

Diposting pada

Cara Membuat Garis di Microsoft Word Paling Mudah Lengkap – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Cara Membuat Garis. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara membuat garis di Microsoft word paling mudah dengan secara singkat dan lengkap. Untuk lebih jelasnya simak artikel Galerinfo mengenai cara membaut garis berikut ini.

Cara Membuat Garis di Microsoft Word Paling Mudah Lengkap

Cara membuat garis di Microsoft word sebetulnya sangatlah mudah, namun yang menjadi permasalahannya yaitu bagaimana format garis yang ingin dibuat. Terdapat beragam tipe garis yang bisa digunakan pada Microsoft word dan cara penggunannya hampir serupa dengan versi word berbagai jenis.

Cara Membuat Garis di Microsoft Word

Ada berbagai macam yang dapat digunakan untuk membut garis pada Microsoft word. Anda hanya menyesuaikan dengan apa yang ingin Anda buat. Berikut ini beberapa cara dan jenis gari yang bisa digunakan pada Microsoft word.

Menggunakan Auto Format

Auto format merupakan salah satu fitur pintar yang hampir terdapat pada keseluruhan versi Microsoft word jadi bisa digunakan dengan mudah. Berikut ini beberapa tanda yang bisa Anda pakai dalam mebuaat garis, antara lain:

Untuk membuat garis lurus horisontal dengan cepat, Anda juga bisa tekan tombol keyboard atau mengetik karakter khusus yang ada pada tombol keyboard. Untuk mencobanya, Anda bisa ikuti cara berikut ini.

  • Pada area kosong Word ketikkan karakter “ –“ (karakter min atau minus) sebanyak 3 kali “—“ kemudian enter. Maka akan terbentuk garis tipis horizontal.
  • Untuk area kosong Word ketikkan karakter “_” (karakter underscore) sebanyak 3 kali “___” kemudian enter. Maka akan terbentuk garis tebal horizontal.
  • Pada area kosong Word ketikan karakter “=” (karakter equal atau sama dengan) sebanyak 3 kali “===” kemudian enter. Maka akan terbentuk garis dobel horizontal.
  • Untuk area kosong Word ketikkan karakter “ ~ ” (karakter tilde) sebanyak 3 kali “ ~~~ ” kemudian enter. Maka akan terbentuk garis bergerigi horisontal.
  • Pada area kosong Word ketikan karakter “ * ” (karakter bintang atau asterisk) sebanyak 3 kali “ *** ” kemudian enter. Maka akan terbentuk garis putus-putus horisontal.
  • Untuk area kosong Word ketikkan karakter “ # ” (karakter sharp) sebanyak 3 kali “ ### ” kemudian enter. Maka akan terbentuk garis dobel tebal horisontal.
Baca Juga:  Pengertian Brute Force Attack, Tipe dan Langkah Mencegahnya

Implementasinya dalam bentuk gambar seperti berikut ini :

membuat garis di word dengan auto format

Menggunakan Shapes (Untuk variasi)

Shapes bisa Anda jumpai pada menu : Insert >Sharpes. Anda bisa memilih beragam jenis garis yang ingin Anda buat, seperti garis lurus atau icon lainnya.

Tahapan :

  • Anda Klik icon pada garis yang akan di pilih.
  • Kemudian Anda arahkan ke body atau tempat garis ingin Anda letakkan.
  • Drag dan drop (tekan mouse /kursor dan tarik ukuran garis yang ingin di buat.

Cara Membuat Garis di Microsoft Word Paling Mudah Lengkap

Menggunakan Intense Quotes

Anda juga dapat membuat garis pada Microsoft word dengan memakai fitur Intens Quotes. Adapun cara menggunakan fitur ini yaitu sebagai berikut:

  • Klik Menu Home.
  • Kemudian Anda pilih intense Quotes.
  • Maka akan tampil garis secara otomatis.

membuat garis di word dengan intense quotes

Menggunakan Gambar

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk membuat garis di Microsoft word pada semua versi yaitu dengan memkai gambr. Anda hanya mencari gambar garis yang ada pada internet, kemudin mencrop supaya posisinya pas dan sesuai dengan selera Anda. Berikut ini beberapa cara dalam menggunakan gambar, antara lain:

  • Cari gambar garis yang sesuai apa yang anda inginkan.
  • Jika ingin di modifikasi : paste di microsoft paint lalu sesuaikan ukurannya.
  • Simpan kedalam folder yang Anda inginkan.
  • Setelah gambar tersimpan, gambar siap Anda pakai sebagai garis. Selanjutnya bisa Anda pakai pada word, tahapannya Pilih menu Insert > Pilih icon Picture > Import gambar yang anda inginkan sebagai garis.

Cara Membuat Garis Bingkai di Word

Selain garis lurus yang ada pada lembar kerja, Anda juga dapat membuat binkai atau garis kotak yang membuat tulisan Anda menjadi semakin bagus. Caranya pun cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang cukup lama, seperti berikut ini:

  • Pilih menu Home, kemudian klik Borders
  • Kemudian Anda pilih Border and Shading, atau Anda juga dpat memilih apakah bingkai yang mau Anda buat hanya terlihat di atas (top border), bawah (bottom border), dan sebagainya.
  • Ada banyak gaya bingkai yang bisa dipilih dan juga ketebalan serta seni dari bingkai.
  • Sesuaikan semua pengaturan bingkai dengan kebutuhan. Kalau sudah, Anda bisa menekan tombol atau klik tombol OK. Maka Word akan langsung menampilkan garis bingkai, jadi Anda tak perlu lagi membuat garis manual untuk bingkai dengan cara itu.
Baca Juga:  Cek Plagiarisme Online yang Bisa Anda Gunakan Dengan Mudah

Demikian penjelasan mengenai Cara Membuat Garis di Microsoft Word Paling Mudah Lengkap, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.