Cara Cek Ram DDR Laptop dan Komputer Dengan Mudah

Cara Cek Ram DDR Laptop dan Komputer Dengan Mudah

Diposting pada

Cara Cek Ram DDR Laptop dan Komputer Dengan Mudah – Pada kesempatan ini Galerinfo akan membahas mengenai Cara Cek Ram DDR. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara cek RAM DDR laptop dan computer dengan secara mudah. Untuk lebih jelasnya simak artikel Galerinfo mengenai cara ceka ram DDR berikut ini.

Cara Cek Ram DDR Laptop dan Komputer Dengan Mudah

CPU dan Hardrive atau komponen computer yang mempunyai dampak signifikan terhadap performa computer yaitu RAM atau memori. Semakin besar ukuran RAM, maka akan semakin cepat kinerja computer dan lebih baik performanya. Random Access Memori atau biasa disebut RAM, memiliki beberapa sebutan yakni main memory, system memory atau primary memory.

RAM mempunyai sifat volatile yang berarti data akan tetap tersimpan selama computer aktif atau menyala dan akan hilang saat computer dimatikan. Fungsi dari pada RAM yaitu menuimpan sementara bagian dari system operasi, program dan data yang sedang dipakai agar bisa mengakses dengan cepat dan diproses prosesor. RAM jauh lebih cepat ditulis dan dibaca dibandingkan harddrive, baik HDD atau SSD.

Berdasarkan kecepatan transfer (RAM speed), RAM memiliki 2 (dua) varian yakni DDR (Double Data Rate) dan SDR (Single Data Rate. DDR sendiri mempunyai beberapa standar semisal DDR1, DDR2, DDR3, DDR4 dan seterusnya. DDR 1 dan DDR2 sudah tidak dipakai, kecuali pada computer lama. Computer sekarang ini sudah banyak memakai DDR3 atau DDR4.

Baca Juga:  Pengertian Scanner Beserta Sejarah, Fungsi dan Cara Kerjanya

Mengenal Memori Komputer Dan Klasifikasinya

Cara Cek Ram DDR Laptop dan Komputer Dengan Mudah

Anda bisa mengetahui type Ram yang terdapat pada computer Windows, apa memakai DDR2, DDR3 atau DDR4. Windows mempunyai tool bawaan (built in tool) semisal Task Manager, Windows PowerShell atau Command Prompt yang bisa dipakai untuk mengetahui jenis type TAM.

Berikut ini beberapa cara mengetahui tipe RAM pada computer Windows 10 memakai Task Manager dan baris perintah Command Prompt.

Memakai Control Panel

Bila sekedar ingin melihat kapasitas RAM yang telah terinstal pada computer, Anda cukup dengan memakai program bawaan pada Control Panel, dengan cara sebagai berikut:

  • Anda buka tampilan Windows Explorer.
  • Kemudian Anda Klik kanan pada Logo Komputer, maka akan tampil menu expand.
  • Lalu Anda klik kiri pada Properties.
  • Selanjutnya akan tampul jendela System Control Panel, kemudian cek bagian Installed Memory (RAM).

menu expand

Installed Memory

Memakai Task Manager

Taks Manager merupakan tool atau utilitas penting yang terdapat pada system operasi Microsoft Windows. Task Manger menyediakan informasi detail mengenai aplikasi, layanan, proses yang sedang berjalan pada Windows. Anda memakai Task Manager untuk menglola dan memonito system Microsoft Windows.

Agar dapat mengetahui tipe RAM pada computer, buka atau jalankan Task Manager. Untuk cara tercepat dalam membuka Task Manger yaitu dengan melalui pintasan keyboard dengan cara CTRL + Alt + Del. Pada layar Windows Security akan tampil, pilih Task Manager.

Pada jendela Task Manger yang tampil, Anda klik tab Performance, selanjutnya pilih Memory dan Anda akan bisa melihat tipe RAM yang sedang Anda pakai pada computer.

Memakai  Aplikasi Speccy

Cara selanjutnya untuk cek DDR Ram pada computer yaitu dengan memakai aplikasi tambahan yang harus Anda install terlebih dahulu.

Baca Juga:  14 Macam Merk Router Terbaik dan Tercepat 2020

Dengan menggunakan Speccy bisa mengetahui berapa slot RAM yang tersedia dan berapa slot yang telah dipakai dan DDR Ram –nya. Selain itu juga akan tampil lengkap dengn informasi lainnya semisal tipe RAM, ukuran hingga detail memori yang dipakai.

Cara memakai Speccy yaitu sebagai berikut:

  • Download terlebih dahulu aplikasi Speccy

download aplikasi speccy

  • Setelah download selesai, lakukan instalasi aplikasi Speccy.
  • Selanjutnya buka aplikasi tersebut dan tunggu sebentar.
  • Maka akan tampil spesifikasi pada PC, lalu klik pada bagian RAM
  • Seluruh detai RAM akan ditampilkan pada layar Anda.

Aplikasi Speccy

Memakai Command Prompt.

Command Prompt merupakan tool powerfull Windows agar mengeksekusi baris perintah yang dipakai untuk mengotomatis tugas melalui batch file atau script, pemecah masalam pada windows atau menjalankan fungsi administrasi lanjutan. Tools Windows lainnya yang memiliki fleksibilitas dan kemampuan lebih baik dari Command Promp yaitu Windows PowerShell.

Untuk mengetahui tipe RAM computer menggunakan Command Prompt, buka atau jalankan Command Prompt terlebih dahulu, salah satu cara untuk membukanya yaitu menggunakan kotak dialog RUN. Atau dapat memakai pintasa keyboard Win+R, kemudian akan tampil kotak dialog Run lalu ketik cmd dan tekan OK.

Pada tampilan Command Prompt yang tampil, Anda ketik perintah wmic MemoryChip get BankLabel, Capacity, MemoryType, TypeDetail, Speed, Tag dan tekan Enter. Maka hasil eksekusi perintah yaitu nilai angka yang merupakan representasi dari tipe RAM computer.

Melihat pada Kemasan

Cara selanjutnya untuk dapat mengetahui secara langsing DDR Ram yang dipakai yakni dengan membuka casing PC dan mencopot RAM itu. Dungsi DDR dan RAM.

stiker RAM

Pada stiker RAM yang tertempel umumnya akan memberikan informasi mengenai tipe dan kapasitas RAM yang Anda pakai. Dengan itu Anda bisa membawanya sebagai contoh bila ingin membeli RAM yang sama dengan kapasitas lebih besar.

Baca Juga:  Cara Membersihkan RAM Laptop Paling Jitu Bahas Lengkap

Bila Anda baru membeli RAM, tentu akan lebih baik menyesuaikan dengan kebutuhan mother boardnya. Umumnya pada detai mother Board akan tertera ukuran dan tipe RAM yang dianjurkan. Jadi Anda hanya membeli RAM dan melihat stiker apa yang sesuai dengan kebutuhan computer Anda.

Demikian panjelasan mengenai Cara Cek Ram DDR Laptop dan Komputer Dengan Mudah, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.