Cara Agar Laptop Tidak Lemot (Tips Jitu) Lengkap

3 min read

Beberapa Tips Cara Agar Laptop Tidak Lemot Lengkap

Cara Agar Laptop Tidak Lemot (Tips Jitu) Lengkap – Sobat Galerinfo, laptop sekarang ini sudah menjadi alat pendukung penting dalam melakukan pekerjaan atau pembelajaran. Terdapat berbagai jenis laptop yang mempunyai fungsi antara lain dalam kebutuhan administrasi, desainer, bermain game yang membutuhkan ukuran penyimpanan yang cukup besar.

Tidak jarang juga, setelah beberapa tahun mempunyai laptop, akan ada masalah pada laptop. Biasanya masalah yang dialami laptop yaitu laptop menjadi lambat atau lemot. Hal tersebut tentu akan menjadi hambatan dalam mengerjakan berbagai tugas Anda yang seharusnya bisa untuk segera diselesaikan dengan cepat.

Cara Agar Laptop Tidak Lemot (Tips Jitu) Lengkap

Laptop yang lemot atau lambat dapat disebabkan dari berbagai hal. Dengan mengetahui spesifikasi laptop cukup penting agar tepat dalam pemakaiannya. Semisal bila laptop Anda mempunyai RAM (Random Acces Memory) yang dipakai dalam menyimpan data dan intruksi program.

Saat RAM Anda tinggal sedikit namun Anda memaksakan agar dapat mengisi banyak data atau software, maka hal yang demikian akan menjadikan laptop Anda menjadi lemot atau lambat.

Agar dapat menghindari berbagai masalah tersebut, berikut cara mengatasi laptop lemot, antara lain yaitu:

Uninstal Aplikasi yang Tidak Perlu

Cara pertama dalam mengatasi laptop lemot atau lambat yaitu dengan memilih mana aplikasi yang Anda perlukan dan tidak diperlukan. Bila memang RAM pada laptop Anda sedikit, maka lebih baik Anda gar mengurangi aplikasi yang tidak diperlukan.

Baca Juga:  Cara Membersihkan RAM Laptop Paling Jitu Bahas Lengkap

Beberapa Tips Cara Agar Laptop Tidak Lemot Lengkap

Banyak aplikasi pada laptop yang dapat membuat kapasitas penyimpanan pada DriveC menjadi penuh dan akan mengakibatkan sistem menjadi lama dalam membaca hardisk.

Setelha Anda memilih aplikasi yang diperlukan dan yang tidak diperlukan, Anda dapat melakukan uninstal aplikasi yang tidak diperlukan sehingga beban RAM dapat berkurang. Selanjutnya Anda perhatikan laptop Anda mengalami perbedaan setelah melakukan pengurangan aplikasi itu.

Instal Antivirus

Bila Anda merasa Drive C atau RAM Anda masih cukup tersisa banyak dan Anda tidak memakai banyak aplikasi. Namun kondisi laptop tetap lemot, ada kemungkinan bahwa adanya virus pada laptop Anda.

Virus pada perangkat elektronik menjadi salah satu penyakit yang dapat menjadikan laptop Anda lemot. Anda dapat memakai palikasi antivirus dan memakai dengan sebagaimana mestinya.

Gunakan Aplikasi untuk Mengatasi Laptop Lemot

Sama halnya yang telah dijelaskan diawal, dengan mengetahui spesifikasi laptop tentu menjadi penting dalam pemakaian dan perawatan laptop.

Hal tersebut sangat penting agar dalam memasang aplikasi sesuai dengan spsifikasi RAM dan Prosesor yang ada pada laptop Anda. Bila terlalu untuk memaksakan dalam enginstal aplikasi, padahal laptop tidak dapat menerima atau menampungnnya, maka bersiaplah laptop akan menjadi lemot.

Buka Aplikasi yang Hanya Digunakan Saat Itu

Membuka aplikasi secara berlebihan dan bersamaan yang bisa menjadi salah satu penyebab laptop akan lemot. Hal ini disebabkan karena memaksakan kinerja RAM pada laptop.

Anda memerlukan penyesuaian dalam menggunakan aplikasi dengan spesifikasi laptop yang Anda miliki. Anda juga dapat mengaktifkan Task Manager dalam mengontrol pemakaian RAM pada saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

Membersihkan Desktop

Untuk mengatasi laptop lemot selanjutnya yaitu dengan membersihkan desktop. Bila Anda menaruh terlalu banyak aplikasi pada bagian dekstop yang mana menjadikan salah satu penyebab laptop menjadi lemot dalam merespon perintah user.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Dapat di Format

Disamping itu Anda pastikan juga dalam mengawasi aplikasi yang berjalan saat laptop sedang dalam aktivitas start-up. Usahakan supaya tidak terlalu banyak aplikasi yang berkerja, sebab hal ini dapat menjadikan penyebab laptop lemot atau lambat. Karena palikasi itu menjadi Working in Background yang secara diam-diam menghabiskan kapasitas RAM.

Menambah Kapasitas RAM

Cara selanjutnya dalam mengatasi laptop lemot atau lambat yaitu pada penambahan RAM. Dalam hal ini perlu memperhatikan dalam penambahan RAM agar mengetahui spesifikasi RAM laptop Anda. Spesifikasi itu dapat dilihat dari RAM DDR4, RAM DDR3L atau RAM DDR4 serta kapasitas maksimal RAM yang dapat dipasang pada laptop.

Bisa juga Anda bertanya pada tempat service yang telah ditunjuk perusahaan yang mengeluarkan laptop Anda untuk lebih amannya dalam memilih RAM.

Lakukan Pembersihan Drive C

Bila laptop Anda telah cukup umur atau usia tua, umumnya di atas tiga tahun maka kinerja penggunaannya akan menurun.

Oleh karena itu, solusi dalam mengatasi laptop lemot yaitu dengan melakukan pembersihan drive C. Anda juga dapat melakukan uninstal dari program dan aplikasi yang dianggal dapat memberatkan pada kinerja laptop agar dapat meringankan kinerja laptop.

Reset Ulang Windows

Dengan usia laptop yang sudah tua tidak Cuma dalam mempengaruhi kinerja hardware saja, tapi juga dapat mempengaruhi kinerja software. Sebab itu, Anda perlu mereset atau instal ulang software yang Anda pakai. Anda juga dapat mengganti software yang sebelumnya, agar dapat meningkatkan kinerja pada perangkat laptop Anda.

Gunakan Thermal Paste

Pendingin prosesor pada overclock atau prosesor yang bekerja tentu akan sangat berguna dalam membantu mendinginkan prosesor lebih optimal dan diperlukan thermal paste.

Bila suhu prosesor stabil, maka tentu akan dapat membantu pada kinerja device menjadi lebih stabil dan tidak akan cepat lelet atau lambat.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Blue Screen Windows Pada PC dan Laptop

Gunakan Cooling Pad

Pada saat laptop terjadi overheat, hal demikian akan mengakibatkan kinerja akan menurun dan tentunya akan menjadi lemot. Menggunakan Cooling Pad akan menjadikan perangkat laptop tetap dalam kondisi keadaan stabil dingin.

Laptop yang terbiasa overheat akan mempengaruhi langsung pada RAM dan hardware lainnya yang menjadikan penyebab error. Oleh karena itu dengan mempunyai cooling pad akan menjadi cukup penting dalam melakukan perawatan laptop.

Ganti Memori HDD dengan SSD

Hardisk HDD mempunyai kecepatan data yang relatif lambat, agar dapat mangatasinya ada baiknya Anda mengganti dengan penyimpanan SSD.

Gunakan Aplikasi Pemacu Kinerja Laptop

Agar dapat mengatasi aplikasi lelet, Anda dapat memakai aplikasi yang berfungsi untuk mendukung dalam kinerja laptop Anda agar dapat lebih cepat. Anda dapat mencoba aplikasi semisal Razer Game Boster, Ccleaner, Advanced System Optimizer, IObit Advanced SystemCare dan lainnya.

Demikian penjelasan mengenai Cara Agar Laptop Tidak Lemot (Tips Jitu) Lengkap, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.