Bahasa Pemrograman yang Dipakai dan Populer di Indonesia

4 min read

Bahasa Pemrograman yang Dipakai dan Populer di Indonesia

Bahasa Pemrograman yang Dipakai dan Populer di Indonesia – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Bahasa Pemrograman. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan beberapa bahasa pemrograman yang sering dipakai dan populer di Indonesia dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel Galerinfo berikut ini.

Bahasa Pemrograman yang Dipakai dan Populer di Indonesia

Bahasa pemrograman adalah suatu kata yang  memiliki intruksi atau berbagai perintah yang umumnya terdiri dari beberapa baris yang dapat dimengerti oleh komputer. Dengan penggunaan bahasa pemrograman ini yang mana wajib untuk dikuasai oleh seorang developer supaya bisa membangun suatu aplikasi atau software. Serta dapat digunakan dalam membuat aplikasi tertentu, oleh karena itu pentingnya mengetahui bahasa pemrograman agar dapat menyesuaikan kebutuhan aplikasi yang akan dibuat.

Jumlah bahasa ini cukup beragam, dimana dari keseluruhan bahasa ini yang ada untuk sekarang ini tidak lah secara kesemua digunakan. Mereka hanyalah memakai 1 sampai 2 bahasa ini dalam melakukan developing software.

Menurut Tiobe, salah satu lembaga riset yang sudah dalam beberapa tahun berusaha untuk membuat bahasa pemrograman populer dunia yang terwujud dalam bentuk ‘TIOBE Programming Community Index’ edisi bulan Desember 2014, Java dan C masih menjadi bahasa pemrograman yang populer menduduki peringkat pertama dan kedua.

  • Menurut Hasil Survey TIOBE

Selanjutnya dalam Popularity of Programming Language atau PYPL juga merilis 11 bahasa yang telah banyak digunakan hingga pada bulan November 2014, menunjukkan Java dan PHP berada pada posisi pertama dan kedua sementara C menuduki urutan ke-6.

  • Hasil Survey dari PYPL

Dari data yang telah disebutkan bahwa bahasa pemrograman cukup populer digunakan di dunia. Selain memakai data dari PYPL dan TIOBE, disini juga membahas bahasa yang populer berdasarkan jumlah member grup Facebook yang membahas mengenai pemrograman.

Baca Juga:  Algoritma Pemrograman Dasar untuk Latihan Beserta Contohnya

Bahasa Pemrograman

Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa bahasa pemrograman yang cukup populer di Indonesia, antara lain :

JAVA

Bahasa Pemrograman yang Dipakai dan Populer di Indonesia

Java adalah salah satu dari kian banyak bahasa yang bisa dioperasikan di berbagai platform, mulai dari PC sampai perangkat mobile. Bahasa ini bermula dikembangkan pada The Green Project pada tahun 1991 oleh Sun Microsystem yang selanjutnya di lepas pada Oracle. Nama Java sendiri dipilih sebab salah satu dari pendiri Java yakni James Gosling, sangan menyukai kopi murni yang secara langsung digiling dari mesin giling atau biasa disebut kopi tubruk yang mana asal kopi dari pulai Jawa di Indonesia.

Java juga menjadi bagian bahasa yang populer bukan tanpa sebab, bahasa ini yang ada pada Java mempunyai beberapa keunggulan. Misalnya dapat berjalan pada sistem operasi yang berbeda-beda, selanjutnya bahasa Java tergolong pemrograman OOP (pemrograman orientasi objek) yang membuat programer lebih mudah dalam menyusun program memakai bahasa ini. Disamping itu juga Java mempunyai library lengkap yang membuat mudah programer.

Untuk saat ini yang mana menjadi era smartphone Android sehingga sangat banyak digunakan. Aplikasi dalam smartphone Android dibangun memakai bahasa Java, hal ini menjadikan banyak para programer memakai bahasa ini sebab sangat dibutuhkan.

Bahasa PHP

Hypertext Pre-Processor (PHP0 adalah salah satu bahasa pemrograman yang sering dipakai di Indonesia. Bahasa ini juga dikembangkan pertama kali oleh Rasmus Lerdrof. Selain itu juga bahasa ini gratis, PHP juga sering dipakai sebab bahasa ini adalah server side scripting yang khusus dirancang untuk membangun website dinamis. Selain itu juga telah banyak digunakan pada website ternama semisal WordPress, Facebook atau Digg yang memakai PHP dalam pengembangannya.

Visual Basic

Visusal Basic adalah bahasa pemrograman yang telah dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa ini menawarkan IDE visual dalam pembuatan software serta bahasa ini juga dikembangkan untuk membuat berbagai software berbasis sistem operasi Windows. VisualBasic sendiri merupakan keturunan bahasa BASIC.

Baca Juga:  Cek Plagiarisme Online yang Bisa Anda Gunakan Dengan Mudah

Pada 2005 sebuah survei menunjukkan bahwa 62% developer software memakai Visual Basic dalam pengembangan softwarenya. Hal ini mejadikan bahwa Visual Basic menjadi salah satu bahasa yang cukup populer. Di Indonesia sendiri ada grup Visual Basic Indonesia yang sudah mempunyai lebih dari 22.000 ribu lebih.

Python

Pada tingkat bahasa ini, Python tergolong bahasa tingkat tinggi. Python menjadi satu dari sekian banyak bahasa yang bisa membangun aplikasi, baik yang berupa web atau berbasis mobile. Bahasa python tergolong ke dalam bahasa ini yang cukup mudah bagi pemula. Sebab bahasa yang digunakan mudah di baca dengan syntax sehingga dapat mudah dipahami. Python sendiri juga sudah banyak digunakan oleh perusahaan besar dalam pengembangannya semisal Instagram/IG, Rdio dan Pinterest. Serta Python dipakai oleh para pengemabang Yahoo!, NASA dan Google.

Untuk di Indonesia terdapat grup Facebook yang membahas mengenai Python dan juga sudah memiliki lebih dari 6.000 anggota grup. Grup ini sendiri terbilang aktif yang diberi nama Python Indonesia.

Bahasa C

C ini tergolong ke dalam bahasa pemrograman tertua yang pernah ada. Bahasa ini dikembangkan pada awal kisaran 70-an, yang dibuat oleh Dennis Ritchie. Pada bahasa C menjadi bahasa yang cukup populer di Indonesia sebab hampir kebanyakan perguruan tinggi jurusan IT atau lembaga kursus pemrograman memakai bahasa C untuk dipelajari pada permulaan pembelajaran bahasa ini.

Bukan tanpa sebab bahwa bahasa C ini menjadi bahasa dasar yang dipelajari, sebab bahasa C adalah Bapak dari berbagai bahasa lainnya semisal C#, C++, Java dan sebagainya.

C++

bahasa C++ adalah salah satu bahasa yang dikembangkan dari bahasa C. C dan C++ mempunyai sintaks penulisan yang hampir mirip, walaupun demikian kedua bahasa ini mempunyai beberapa perbedaan pada penyelesaian masalahnya. Pada bagian bahasa C penyelesaian masalah yang digunakan dengan cara membagi beberapa kedalam berbagai sub masalah yang lebih kecil lagi atau dapat juga dengan bahasa pemrograman prosedural. Sedangkan C++ berorientasi pada objek yang mana permasalahan dibagi ke beberapa class. Bjarne Stroustrup adalah pertama kali yang mengembangkan C++.

Baca Juga:  Pengertian Brute Force Attack, Tipe dan Langkah Mencegahnya

C++ menjadi salah satu bahasa yang cukup populer sebab banyak digunakan oleh berbagai perusahaan software besar dalam membangun software. Seperti Firefox, Adobe serta Winamp yang sekarang pengembangannya dihentikan.

C#

Bahasa C# merupakan salah satu bahasa yang telah dikembangkan oleh Microsoft. Dalam bahasa C# lebih ke penggabungan pada prinsip dari C dan C++. Dengan bahasa C# ini telah banyak dipakai dalam pengemabangan software yang memakai platform Windows.

ActionScript

Bahasa ActionScript merupakan salah satu dari beberapa bahasa yang telah dibuat dengan berdasarkan ECMAScript yang telah dipakai dalam pengembangan situs web dan perangkat lunak memakai platform Adobe Flash Player. Awalnya bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh Macromedia pada tahun 2005, namun saat ini telah dilanjutkan dan dimiliki oleh Adobe.

ActionScript yang terupdate untuk sekarang ini yaitu Action Script 3.0. Action Script 3.0 yaiut bahasa terbaru dari sebelumnya yang biasa disebut dengan Action Script 2.0. Dalam Action Script 3.0 mempunyai beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan sebelumnya. Diantara keunggulan dan kelebihan yang ditawarkan yaitu file pada Action Script 3.0 bisa dibuat secara terpisan saat runtime.

JavaScript

JavaScript merupakan sebuah bahasa yang telah dikembangkan oleh Netscape. Adapun pengguna dari Javascript ini yakni kebanyakan dari para pengembang web. Dengan JavaScript Anda dapat membuat web yang lebih menarik dan interktif. Untuk di Indonesia saat ini sudah memiliki grup Facebook yang berfokus pada JavaScript dengan nama JavaScript Indonesia. Grup ini sudah memiliki anggota lebih dari 10.000 ribu pengguna yang masih aktif sampai saat ini.

Objective-C

Bahasa Objective-C merupakan salah satu sebuah bahasa yang mana berorientasi pada objek. Dengan penggunaan bahasa ini dipakai dalam pengembangan aplikasi yang dipakai pada perangkat Apple. Bahkan pada sistem operasi iOS pun telah dikembangkan memakai bahasa ini.

Demikian penjelasan mengenai Bahasa Pemrograman yang Dipakai dan Populer di Indonesia, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.