Aplikasi Remote Komputer Terbaik dan Sangat Populer

3 min read

Aplikasi Remote Komputer Terbaik dan Sangat Populer

Aplikasi Remote Komputer Terbaik dan Sangat Populer – Sobat Galerinfo, bagi Anda yang sering mengatur mengkonfigurasi komputer lain tentu menjadi hal yang merepotkan bila komputer Anda dengan komputer lainnya jauh.

Hal yang demikian akan menjadikan kurang efisiennya dalam pengaturan komputer. dengan seiringnya perkembangan teknologi kian meningkat, Anda dapat mengoprasikan komputer dengan aplikasi remote komputer dari jarak yang jauh.

Terdapat berbagai macam jenis aplikasi remote komputer terbaik dan sangat populer yang tersedia untuk Anda gunakan. Seperti aplikasi remote TeamViewer, Utilities, Ammyy Admin, UltraVNC dan AeroAdmin. Dengan menggunakan aplikasi remote ini Anda dapat mengontrol komputer lain dengan komputer Anda.

Aplikasi Remote Komputer Terbaik dan Sangat Populer

Aplikasi remote atau lebih dikenal remote control software adalah aplikasi remote yang dapat memungkinkan Anda untuk mengontrol komputer lain dari jarang yang jauh. Dengan memakai aplikasi ini, Anda dapat mengambil alih kendali komputer lain yang terhubung memakai mouse dan keyboard yang terdapat pada komputer Anda.

Pada umumnya, agar dapat mengakses komputer yang berada jauh dari tempat Anda. Anda diharuskan menginstal aplikasi yang disebut host di komputer yang akan dikendalikan. Selanjutnya komputer lain dengan hak akses yang valid atau klien bisa terhubung dengan host dan dapat mengendalikannya.

Berikut ini beberapa aplikasi remote komputer yang sangat populer dan mudah untuk digunakan, diantaranya;

Aplikasi Remote TeamViewer

Aplikasi Remote Komputer Terbaik dan Sangat Populer

TeamViewer merupakan salah satu aplikasi remote yang cukup dapat diandalkan. Terdapat berbagai fitur yang dapat dipakai pada aplikasi remote ini. Walaupun demikian Anda tidak akan kesulitan pada saat menginstal dan memakai aplikasi TeamViewer. Sebab Anda tidak perlu mengubah konfigurasi fiewall atau router yang dipakai pada jaringan internet Anda.

Baca Juga:  7 Cara Cek IMEI iPhone, iPad, iPod Touch Mudah (100% Ampuh)

Aplikasi remote ini mendukung panggilan suara, transfer file, video, chatting, waje on LAN atau WOL dan dapat juga melakukan reboot PC secara remote dan selanjutnya terkoneksi kembali secara otomatis.

Aplikasi Remote Utilities

Remote Utilities

Remote Utilities bekerja dengan menghubungkan antara 2 komputer dengan sebutan ‘Internet ID’. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengatur dan mengontrol sampai 10 komputer.

Bila melihat dari sisi host, instal bagian dari remote utilities yang disebut dengan host pada komputer ber OS Windows. Anda juga bisa memilih untuk menjalankan Agent yang menyediakan dukungan secara kilat tanpa harus menginstal apapun. Bahkan Anda bisa mengoprasikannya dari flashdisk. Komputer host yang nanti akan diberikan sebuah Internet ID yang dapat dipakai klien untuk berkomunikasi ke komputer itu.

Sedangkan dari sisi klien, instal bagian dari Remote Utilities yang disebut dengan Viewer berfungsi sebagai penghubung dengan komputer host atau Agent. Viewer bisa di download secara terpisah atau dapat dipadukan dengan host.

Kelebiha dari aplikasi tersebut yaitu Anda tidak perlu melakukan perubahan pengaturan router seperti port forwarding. Sebagai klien Anda hanya perlu memasukan nomor internet ID atau password Anda.

Terdapat beberapa fitur yang di dukung Remote Utilities, antara lain:

  • Wake On LAN (WOL);
  • Remote Task Manager;
  • Remote Terminal Atau Command Prompt;
  • Transfer File;
  • Remote File Launcher;
  • Remote Registry Access;
  • System Information Manager;
  • Text Chat;
  • Print Dari Jarak Jauh;
  • Multi Monitor;
  • Remote Webcam viewing.

Adapun kekurangan dari palikasi ini yaitu konfigurasi yang cukup membingungkan pada komputer host, yang banyak pilihan berbeda.

Aplikasi Remote Ammyy Admin

Ammyy Admin

Ammy Admin merupakan salah satu palikasi remote dekstop yang portabel dan pengaturan aplikasi remoter Ammy Admin cukup sederhana. Aplikasi remoter Ammy Admin dapat beroperasi dengan menghubungkan satu komputer dengan lainnya melali ID yang disediakan oleh aplikasi.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Bluetooth Peripheral Device Dengan Mudah

Melihat dari sisi host, Anda hanya menjalankan aplikasi Ammyy Admin pada komputer yang akan diakses. Anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi ini, hanya cukup dengan dioperasikan saja. Dari menu aplikasi remoter Ammy Admin Anda bisa memilih Service dan menginstal Service Ammyy Admin. Hal ini dilakukan agar Anda mendapatkan akses komputer lain tanpa harus menjalankan program secara manual.

Melihat dari sisi klien, Anda hanya menjalankan aplikasi portable saja dan memasukan ID dari komputer Host. Setelah terhubung, Anda dapat melakukan banyak hal semisal voice chat, mentransfer file dari dan ke komputer host dan menggunakan clipboard pada komputer host

Aplikasi Remote UltraVNC

UltraVNC

UltraVNC hampir menyerupai dengan Remote Utilities, yang mana server dan viewer di instal pada kedua PC dan Viewer dipakai untuk mengontrol server.

Bila melihat dari sisi host, Anda dapat memilih apakah Anda mau menginstal Viewer, Server atau keduanya. Anda pastinya harus menginstal Server pada komputer yang ingin Anda kendalikan. Anda bisa menginstal server Aplikasi Remote UltraVNC sebagai service pada sistem yang membuat agar komunikasi dapat berjalan lancar.

Dilihat dari sisi klien, Anda harus menginstal aplikasi UltraVNC pada saat set-up installer. Kemudian Anda mengkonfigurasi port forwarding pada router. Anda bisa mengakses server UltraVNC dari mana saja dengan menggunakan koneksi internet, baik memakai perangkat mobile yang mendukung koneksi VCN, browser atau komputer yang terinstal Viewer. Hal yang terpenting yakni Anda masukkan alamat IP server atau Host supaya dapat terkoneksi.

Kelebihan aplikasi remote UltraVNC yaitu dukungan share clipboard, dapat melakukan boot, transfer file, chat, dan terhubung ke server pada saat Safe Mode.

Aplikasi Remote AeroAdmin

Aplikasi Remote AeroAdmin

AeroAdmin adalah aplikasi yang dapat dibilang model aplikasi remote desktop termudah saat ini. Karena aplikasi remote AeroAdmin hampir tidak ada pengaturan yang diperlukan, semua dilakukan dengan cepat dan langsung pada poin yang dipakai sebagai support dadakan.

Baca Juga:  Cara Nonton TV di Laptop Paling Mudah dan Gratis

Melihat dari sisi host, aplikasi remote AeroAdmin akan terlihat seperti aplikasi Team Viewer. Anda hanya perlu menjalankan program portabel aplikasi remote AeroAdmin dan berbagi alamat IP Anda atau share ID dengan komputer lain.

Bila melihat dari sisi klien, Anda hanya menjalankan program aplikasi remote AeroAdmin yang sama dan memasukan alamat IP atau ID yang dibagikan oleh Host. Anda bisa mengatur mode ‘View Only’ atau ‘Remote Control’ sebelum Anda menghubungkan komputer Anda dengan Host atau komputer lain. Kemudian tekan ‘Connect’ untuk memulai pengaturan remote.

Demikian penjelasan mengenai Aplikasi Remote Komputer Terbaik dan Sangat Populer, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.