Aplikasi Edit Background Video yang Mudah Anda Coba

Diposting pada

Aplikasi Edit Background Video yang Mudah Anda Coba – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Aplikasi Edit Background Video. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan beberapa aplikasi edit background video yang mudah Anda coba lakukan dirumah. Untuk lebih jelasnya simak artikel Galerinfo mengenai Aplikasi Edit Backgroun Video berikut ini.

Aplikasi Edit Background Video yang Mudah Anda Coba

Untuk saat ini sudah banyak berbagai creator video yang membaut beragam video keren. Baik dari video unboxing gadget bru, review tempat wisata, review gadged dan lain sebagainya. Beberapa dari mereka memakai beberapa cara supaya dapat membuat video menjadi terlihat lebih menarik dan kece tentunya. Salah satunya yaitu dengan menggunakan background khusus untuk video mereka.

Aplikasi Edit Background Video

Terdapat berbagai teknik yang dapat Anda lakukan untuk mengedit background video. Anda dapat menggunakan green screen, yang manasyuting video dilakukan didepan tampilan berwarna hijau. Hal tersebut bukan tanpa sebab, karena dengan warna hijau jarang dipakai pada berbagai benda buatan manusia. Selain itu juga, warna hijau dapat menyerap cahaya yang cukup untuk proses pengambilan video.

Setelah dilakukan teknik green screen, tekni mengedit background video berikutnya yaitu dengan menambahkan gambar atau animasi buatan sendiri. Dalam tahapan ini Anda akan mulai dapat mencurahkan berbagai  kreatifitas Anda untuk menambahkan background menjadi lebih menarik.

Adobe Photoshop

Aplikasi Edit Background Video yang Mudah Anda Coba

Prhotoshop dapat digunakan dalam mengedit background video. Namun hal ini hanya berlakuk bila Anda ingin mengubah background video Anda dengan foto koleksi Anda. Anda hanya sekedar mengedit fotao Anda seperti biaasanya pada apalkasi photoshop, yang selanjutnya Anda masukan hasil foto editan itu menjadi background video Anda.

Corel Draw

Seperti halnya dengan Adobe Photoshop, Anda juga dapat membuat background video dengan berbagai kreasi menggunakan aplikasi Corel Draw. Dengan menggunakan Corel Draw, Anda dapat mengeplorasikan berbagai bentuk background yang lebih dinamis, melihat dari fungsi Corel Draw sebgai salh stu aplikasi pengolah gambar vector.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Bluetooth Peripheral Device Dengan Mudah

Movie Maker

Aplikasi video editor buatan Microsoft ini juaga dapat Anda pakai dalam mengedit background video. Cara menggunkan edit video dengan movie maker untuk mengedit background, seperti berikut ini:

  • Masukan video yang akan dihilangkan atau diedit background videonya.
  • Kemudian Anda masukan foto atau video yang akan dijadikan background.
  • Pilihlah Transition
  • Kemudian Anda lakukan drag and drop pada ‘Rehan FX Chroma Green’ pada video yang akan dihilangkan background video.
  • Sesuaikan supaya background baru dan video dapat sinkron.

Adobe Premiere

Sebgai salah satu aplikasi video editor yang sudah banyak dikenal. Adobe Premiere juga menawarkan berbagai fitur dalam mengedit background video. Anda dapat mengikuti langkah berikut dalam mengganti background pada video:

  • Bukalah aplikasi ‘Adobe Premiere Pro’.
  • Kemudian akan tampil jendela ‘New Project’, berilah nama sesuai project yang Anda inginkan, lalu OK.
  • Pada bagian ‘Timelines’, klik pada ‘Import Video’. Kemudian pilih video green screen yakni video yang akan dihilangkan backgroundnya. Lalu Anda masukan juga video yang akan dijadiakan background video.
  • Selanjutnya drag video yang ada di timeline ke track video. Lalu masukan video background di track video 1, sedangkan video berlatar belakang hijau dimasukan di track video 2.
  • Pada menu ‘Video Effect’, Anda pilih ‘Chroma Key’. Lalu drag efek itu ke video yang memiliki background hijau.
  • Dalam tampilan jendela ‘Chroma key’, ubahlah color menjadi hijau (sama dengan warna background).
  • Sesuaikan similarity, threshold, blend, cotoff sampai background video terhapus dengan sempurna dan halus.
  • Lalu render video dengan cara klik ‘File Eksport Movie ok’.

Kinemaster

Aplikasi edit video berikutnya memiliki kisran ukuran file sebesar 39 Mb.  Dengan aplikasi rilisan dari ‘nexStreaming Corp’ ini sudah didownload lebih dari 10 juta pengguna. Populernya aplikasi Kinemaster cukup beralasan, sebab terdapat berbagai fitur yang terdapat pada aplikasi ini untuk kebutuhan editor video.

Baca Juga:  Cara Menghapus Aplikasi di Windows 10 Mudah

Semisal untuk memangkas dan menggabungkan video, menambahkan teks, memberi efek, memberikan stiker pada video dan tulisan tangan sendir kedalam video. Sein itu juga, Anda dapat mengontrol pengaturan cahaya dan kontras pada video, membuat video lebih terlihat blur, mempercepat video dan berbagai efek lainnya

Berikut ini cara mengedit background video dengan aplikasi Kinemaster, antar lain:

  • Bukalah aplikasi ‘Kinemaster’.
  • Buat proyek baru dengan memilih “Empty Project”.
  • Pilihlaj “Media Browser”, lalu Anda pilih video yang akan digunakan sebagai background pengganti.
  • Setelah selesai dipilih, Anda pilih layer lalu pilih “Video”. Selanjutnya Anda pilih video yang akan diganti backgroundnya. Perlu diperhatikan, videonya harus berlatar belakang hijau atau warna lainnya. Intinya, harus polos dan kontras dengan objeknya.
  • Bila sudah memilih video, Anda aktifkan layer video yang akan diubah backgroundnya. kemudian pada menu efek pilih “Chroma Key”, lalu Anda dapat mengaktifkan fitur tersebut.
  • Sesuaikan warna background video Anda. Usahakan agar Anda memilih warna yang paling tepat dan atur tingkat transparansinya sedetail mungkin agar warna background tidak terlihat secara sempurna.

InShot

Aplikasi ini juga tidak kalah populer dengan aplikasi lainnya dikalangan pengguna Android. Pada fitur Instagram, aplikasi ini cukup dapat berguna dalam membuat video menjadi keren. Pada aplikasi ini telah tersedia beragam pilihan efek filter yang cukup bagus dalam mempercantik tampilan video Anda. Selain itu juga Anda dapat menambahkan teks, musik, emoticon bahkan menambahkan efek blur.

VivaVideo

Aplikasi edit video Android tanpa watermark rilisan QuVideo Inc. dimana aplikasi memiliki ukuran file sekitar 39 Mb dan sudah didownload lebih dari 100 juga pengguna. Aplikasi ini juga memiliki berbagai mcam fitur untuk memotong dn memangkas video, filter, menambahkan teks, musik, stiker dan lain sebagainya. Selain itu juga, aplikasi ini menyediakan efek transisi untuk berganti video. Lalu Anda juga dapat menggnti background belakan video menjadi lebih keren lagi.

Baca Juga:  Cara Merubah Excel ke Word Paling Mudah Lengkap

VidTrim

Aplikasi edit video Android untuk Instagram rilisan dari Goseet ini memiliki ukuran sebesar 15 Mb dan sudah didownload lebih dari 10 juta pengguna. Dengan aplikasi ini memiliki berbagai fungsi yang serupa dengan aplikasi sejenisnya. Aplikasi ini juga dapat memangkas dan menggabungkan beberap video. Anda juga dapat memberikan bingkai untuk video Anda. Selain itu juga, ada beberp fitur lainnya seperti Anda dapat memberikan efek video dan mengubah audio dari Mp3 menjadi Mp4.

Sony Vegas

Sony Vegas merupakan salah satu aplikasi video editor Alternatif bagi And pengguna Laptop atau PC. Berikut ini cara mengedit background video dengan menggunakan palikasi Sony Vegas:

  • Buka Sony Vegas di komputer Anda.
  • Pilih Import Media.
  • Lalu masukkan video berlatar belakang warna polos atau green screen ke dalam “Track Video”.
  • Pilih “Video Effect”.
  • Pilihlah “Chrome Keyer”.
  • Pilih Blue Screen / red Screen / Green Screen. Sesuaikan dengan warna background pada video Anda.
  • Masukkan video atau foto yang dijadikan background video Anda.

After Effect

Dengan aplikasi pembuat animasi 3D pada komputer ini, Anda dapat menjadikan aplikasi untuk mengedit background video pada komputer atau laptop Anda, dengan cara sebagai berikut:

  • Pastikan Anda sudah punya video berlatar belakang hijau (green screen).
  • Lakukan “Import” video dan background tersebut ke dalam After Effect, dan kemudian seret ke komposisi baru.
  • Pilih effect pada bagian atas, lalu pilih Keying > Keylight. Setelah itu, pilih gambar seperti pena. Kemudian klik pada bagian hijau video.
  • Sesuaikan agar warna background bisa menghilan secara sempurna.

Demikian penjelasan mengenai Aplikasi Edit Background Video yang Mudah Anda Coba, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.